Terbebaskan Covid-19, Bisnis Dyandra (DYAN) bangkit kembali - WisataHits
Yogyakarta

Terbebaskan Covid-19, Bisnis Dyandra (DYAN) bangkit kembali

ILUSTRASI. Pameran diselenggarakan oleh PT Dyandra Media International Tbk (DYAN).

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pelonggaran kasus Covid-19 dan pelonggaran PPKM mendorong perkembangan bisnis anak usaha Grup Kompas Gramedia, yakni PT Dyandra Media International Tbk (DYAN). Emiten yang menyelenggarakan acara ini melihat permintaan pasar yang tinggi untuk acara offline tetap on line.

Karena itu, DYAN yakin bisa mematok target kinerja penjualan yang lebih tinggi tahun ini. Mirna Gozal, Sekretaris Perusahaan Dyandra Media International, mengatakan DYAN telah menetapkan target pertumbuhan pendapatan sebesar 60% dari tahun 2021. Tahun lalu, Dyandra Media International membukukan penjualan sebesar Rp 563,84 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan semester I 2022, DYAN telah membukukan pendapatan sebesar Rp 384,87 miliar. Pendapatan Dyandra meningkat 167,81% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rs143,71 crore.

Baca Juga: Dyandra Media (DYAN) Optimis Capai Target Pertumbuhan Pendapatan 60% Tahun Ini

Pendapatan penyelenggara acara masih menjadi kontributor terbesar, senilai Rs.298,42 miliar. Pendapatan dari konvensi dan pameran sebesar Rp 63,60 miliar, pendapatan hotel sebesar Rp 14,94 miliar dan pendukung acara sebesar Rp 7,89 miliar.

Dengan demikian, Dyandra Media International berhasil membukukan laba bersih sebesar Rs 6,96 miliar pada semester pertama tahun ini. Bahkan, DYAN masih merugi Rp 54,41 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Mirna mengungkapkan jumlah acara acarapameran on linedan meningkatnya permintaan pasar acara setelah hampir 2 tahun vakum akibat pandemi yang membuat kinerja DYAN terus berkembang.

“Bisnis subholding Pengelola acara bisnis penutup penyelenggara pameran dagang, penyelenggara acara, sebaik rekreasi pariwisata berkontribusi signifikan terhadap penjualan perseroan yang mencapai 78%,” kata Mirna kepada Kontan.co.id, Jumat (9/9).

Baca Juga: Kembali ke Profitabilitas Dorong Kinerja Dyandra Media International (DYAN)

Mirna memprediksi kinerja seluruh bidang bisnis akan meningkat pada semester II tahun ini, mulai dari bisnis event organizer, bisnis penunjang acara, bisnis konvensi dan pameran hingga bisnis hotel. Proyeksi pertumbuhan output akan didorong oleh pertumbuhan sektor industri Rapat, insentif, kongres, dan acara (MICE) dan permintaan pasar yang tinggi acara offline tetap on line.

Adapun acara Ajang terbesar yang berhasil dilaksanakan DYAN pada semester 2-2022 adalah pameran berstandar internasional dari toko ke toko (B2B) Indonesia International Furniture Expo 2022 dan IFRA Hybrid Business Expo 2022.

Di segmen bisnis untuk konsumen (B2C), DYAN juga sukses menjadi tuan rumah KICKFEST di Malang dan Jakarta Wedding Festival. Sedangkan acara Kedepannya akan digelar Indonesia Petroleum Association Convention and Exhibition 2022 ke-46 yang akan diselenggarakan pada 21-23 September 2022 di JCC. Serta agenda Garuda Indonesia Travel Fair yang akan diselenggarakan di ICE pada 28-30 Oktober 2022.

Baca Juga: Masuk Sektor Satwa Liar: Dyandra Media International (DYAN) Dirikan Anak Perusahaan Baru

Dyandra Group juga menggelar festival musik yaitu FLAVS yang akan digelar di Istora Senayan pada 10-11 September 2022 dan Project-D pada 29-30 Oktober 2022 di De Tjolomadoe, Solo.

“Untuk kongres mendatang Juga akan ada KTT B20 2022 yang akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center pada 13-14 November 2022, serta G20: Welcome Reception, 3rd Sherpa Meeting, Culinary Journey pada 27-29 September 2022 di Yogyakarta,” tambah Mirna.

Untuk mencapai sasaran kinerja yang telah ditetapkan, DYAN juga telah menyiapkan serangkaian strategi. Pertamamelakukan penyelarasan bisnis dengan mengutamakan sinergi antara unit bisnis internal dan mitra strategis.

Kedua, DYAN akan terus mengembangkan bisnisnya dan mendiversifikasi bisnisnya di sektor industri MICE. Ketiga, DYAN akan meningkatkan kinerja pasar MICE melalui organisasi acara selalu.

Hingga semester I tahun ini, DYAN telah menyerap belanja modal sebesar Rp 6,7 miliar, yang digunakan untuk kepemilikan langsung gedung dan infrastruktur, kendaraan bermotor, peralatan kantor serta furnitur dan perlengkapannya. DYAN telah menyiapkan investasi sebesar Rp 25 miliar untuk tahun ini.

“Investasi tahun ini terutama ditujukan untuk perusahaan Kongres dan ruang pameran dan industri perhotelan,” katanya.

Baca Juga: Kinerja Dyandra (DYAN) Dorong Pemulihan Ekonomi dan Mobilitas Masyarakat

Selain peningkatan kinerja, DYAN baru-baru ini mendirikan anak perusahaan baru bernama PT Mitra Global Animalia. Mitra Global Animalia bergerak di bidang taman konservasi, penangkaran tumbuhan dan satwa liar, penyediaan makanan dan minuman, kesenian, jasa hiburan dan rekreasi, dan perdagangan.

jelas Mirna Wisata Ilmu Hewan Ini akan menjadi objek wisata alternatif dengan penelitian satwa liar sebagai objek wisata, yang dikemas secara menarik dan memiliki aspek edukasi yang tinggi.

Bisnis tersebut diharapkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2022 dan dapat menjadi aliran pendapatan baru bagi DYAN. “Kami optimis kesepakatan ini akan memberikan kontribusi positif bagi investasi jangka menengah,” kata Mirna.

Pada Jumat (9/9) saham DYAN ditutup naik 2,41% menjadi 81 per saham. Harga saham DYAN positif, naik 8% year-to-date.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

DONASI, dapatkan voucher!

Dukungan Anda akan meningkatkan semangat kami untuk memberikan artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ucapan terima kasih atas perhatiannya, ada voucher gratis senilai donasi yang bisa digunakan untuk berbelanja di toko KONTAN.

Reporter: Ika Puspitasari
Penerbit : Wahyu T Rahmawati

Source: investasi.kontan.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button