Temukan keindahan Brown Canyon di Boyolali - WisataHits
wisatahits

Temukan keindahan Brown Canyon di Boyolali

ngarai coklat salah satu tujuan wisata Boyolali dari ekstraksi bahan. Bukit eksotis yang hits dengan spot foto keren instagramable.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Kragilan, Kecamatan. Mojosongo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Pernahkah Anda bermimpi pergi ke Taman Nasional Grand Canyon di Amerika Serikat? Impian Anda kini bisa terwujud tanpa harus jauh-jauh ke Amerika. Hanya dengan jalan-jalan ke Jawa Tengah, Indonesia bisa menemukan pemandangan yang tak kalah memukau dari American Grand Canyon.

Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia menyimpan keindahan alam perbukitan bernama Brown Canyon. Dulunya bukit-bukit ini merupakan bukit bekas penambangan, namun saat ini sudah tidak digunakan lagi dan meninggalkan bangun-bangun tebing yang menjadi tempat wisata alam. Terlihat indah dengan pemandangan persawahan di sekitar tebing.

Brown Canyon belum terlalu terkenal, sehingga masih sepi dari wisatawan. Sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi untuk melepas penat dengan pemandangan alam dan jauh dari keramaian. Jika Anda berencana untuk datang ke sini, Anda harus mendengarkan informasi tentang objek wisata, tempat, rute dan fasilitas bukit eksotis ini.

Atraksi Brown Canyon

Atraksi Brown CanyonKredit gambar: Google Maps eva sulistyaningsih

1. Pemandangan yang indah dan alami

Pemandangan memanjakan mata dari tebing tinggi berwarna merah kecoklatan dengan rerumputan hijau dan pepohonan di atasnya. Apalagi pemandangan persawahan di sekitar lokasi Brown Canyon melengkapi keindahan wisata alam di Boyolali ini.

Saat musim kemarau, tempat ini semakin indah dihiasi dengan rerumputan kering berwarna coklat. Warna alami tebing juga dibedakan dengan lapisan coklat, coklat kemerahan dan hijau rerumputan. Siap diabadikan dalam galeri foto.

Saat musim hujan, bukit ini ditumbuhi tanaman hijau subur dan rerumputan. Terlihat lebih cantik dan natural. Namun hal itu membuat lantai Brown Canyon berlumpur, licin, dan sulit untuk dilalui.

Mengunjungi bukit ini sangat disarankan pada pagi atau sore hari. Pada saat ini, matahari sedikit lebih teduh sehingga pemandangan di sekitarnya lebih luar biasa. Pada siang hari, di kawasan ini Anda akan merasa lebih hangat karena minimnya pepohonan tinggi yang menciptakan suasana rindang.

Ditambah lagi, mengunjungi Brown Canyon di sore hari juga memberi Anda kesempatan untuk menyaksikan matahari terbenam. Pengalaman ini tentu menyenangkan karena lantai Grand Canyon lebih tinggi dan berbukit.

2. Jalan tanah yang cocok untuk bersepeda dan sepeda trail

Penggemar sepeda dan motor trail wajib mencoba medan tanah di bukit ini. Tanah yang menanjak dan berdebu menjadi medan yang bisa memicu adrenalin Anda. Untuk kegiatan olahraga bersepeda gunung, akan lebih baik untuk mencoba tanah selama musim hujan ketika tanah basah dan licin.

3. Dekat Wisata Candi Kragilan

Bukit tambang tua ini terletak dekat dengan Candi Kragilan dengan jarak hanya 350m. Berjalan 5 menit ke utara Anda telah tiba di tempat wisata candi Kragilan. Jadi Anda bisa menikmati dua destinasi wisata sekaligus.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Brown Canyon

Alamat Brown CanyonKredit gambar: Google Maps Poeloeng

Wisata bukit ini beralamat di kawasan persawahan/kebun, Kragilan, Kec. Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi Brown Canyon, Anda bisa menggunakan sepeda motor, mobil, atau kendaraan darat lainnya. Kawasan ini cukup mudah diakses oleh berbagai kendaraan karena kondisi jalan yang sudah baik.

Berikut rute menuju Brown Canyon dari ground zero Boyolali, terminal terdekat, bandara dan tol.

• Dari titik nol kilometer Boyolali atau Tugu Adipura, ke utara menuju jl. Solo-Semarang, lanjutkan perjalanan hingga 5,8 km lalu belok kanan di jl. Pangeran Diponegoro, belok kanan di pertigaan lalu belok kiri di Jl. Arah yang sama sejauh 1 km, lalu belok kanan di area persawahan Kragilan, jalan kaki 110m lalu belok kanan. Anda telah tiba di Brown Canyon. Perjalanan ini memakan waktu 22 menit.
  • Dari tol Boyolali, lanjutkan ke timur sejauh 1,5 km, lalu belok kanan ke area persawahan Kragilan, jalan kaki 110 m lalu belok kanan. Anda telah tiba di bukit eksotis ini. Perjalanan ini memakan waktu 3 menit.
  • Dari tol Colomadu keluar menuju Jl.Solo-Semarang, lanjutkan perjalanan sejauh 5,8 km lalu belok kanan di jl. Pangeran Diponegoro, belok kanan di pertigaan lalu belok kiri di Jl. Arah yang sama sejauh 1 km, lalu belok kanan di area persawahan Kragilan, jalan kaki 110m lalu belok kanan. Anda telah sampai di Brown Canyon Boyolali. Perjalanan ini memakan waktu 38 menit.
  • Dari terminal bus Boyolali, menuju ke jl. Padanaran, jalan kaki 1,7 km lalu belok kiri di jl. Merak, terus belok kanan ke Jl. Prof. Soeharso, di bundaran ambil exit kedua, jalan 450m lalu belok kiri ke area persawahan Kragilan, jalan 110m lalu belok kanan. Anda telah mencapai bukit ini. Perjalanan ini memakan waktu 48 menit
  • Dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali, masuk tol Salatiga-Kertosono sejauh 17,2 km, lalu keluar di tol Boyolali, terus ke timur sejauh 1,5 km, lalu belok kanan ke area persawahan dari Kragilan, jalan sejauh 110 m lalu belok kanan. Anda telah sampai di Brown Canyon Boyolali. Perjalanan ini memakan waktu 16 menit.

Tidak ada penarikan tiket masuk kawasan Brown Canyon atau gratis. Begitu juga untuk parkir, tidak ada biaya parkir untuk kendaraan roda dua dan empat. Dengan demikian, wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai alternatif saat Anda tidak memiliki budget.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Brown Canyon

Aktivitas Brown CanyonKredit gambar: Google Maps Ilyaz A

1. Ambil foto dan cari spot foto

Sebagai bekas bukit pertambangan, Brown Canyon memiliki lekukan berwarna eksotis dan perbukitan khas lukisan alam. Tentunya akan banyak spot foto yang bisa menjadi buruan para fotografer.

Tidak hanya fotografer profesional, kamu juga bisa datang ke sini dan berfoto bersama konteks yang menakjubkan. Menggunakan kamera ponsel akan selalu membuat foto Anda terlihat profesional karena didukung oleh pemandangan tebing.

2. MTB

Bersepeda akan menyenangkan dengan tujuan akhir di Brown Canyon. Apalagi medan di perbukitan memang sulit untuk bersepeda gunung. Setelah itu, Anda bisa mengendurkan otot dengan suguhan pemandangan alam yang indah.

Kegiatan bersepeda saat ini sedang digemari, terlihat pengunjung bersepeda sering datang ke bukit ini untuk mencoba Melacakitu sulit. Kemudian selesaikan dengan mengabadikannya dengan foto konteks tebing tinggi.

3. Olahraga sepeda gunung

Apakah Anda menyukai olahraga sepeda motor trail dengan medan yang ekstrim? Coba Brown Canyon. Kondisi alam yang mendukung dan minimnya pengunjung membuat bukit ini menjadi favorit para penggemar olahraga yang memacu adrenalin ini.

Medan akan lebih sulit saat musim hujan dan setelah hujan kondisi tanah lebih berlumpur dan licin. Ditambah dengan jalur pejalan kaki yang hanya bisa menampung satu sepeda motor atau satu sepeda. Tentu saja, Anda dapat menggunakannya untuk menguji keterampilan Anda menggunakan sepeda motor trail.

4. Piknik

Di mana ada pemandangan indah dan tempat yang luas, inilah tempat yang tepat untuk piknik. Menghampar tikar di bawah tebing sambil menikmati makanan dan semilir angin yang sejuk tentunya menjadi pilihan untuk melepas penat.

Ingatlah untuk membawa makanan sendiri atau makanan dari luar karena tidak ada penjual makanan di area Brown Canyon. Setelah piknik, pastikan Anda tidak meninggalkan sisa makanan dan sampah. Perbukitan bekas tambang ini belum dikelola sebagai tempat wisata alam, sehingga tidak ada petugas kebersihan untuk membersihkannya.

Fasilitas yang tersedia di Brown Canyon Boyolali

Fasilitas Brown CanyonKredit gambar: Google Maps

Karena tempat ini belum dijalankan sebagai tempat wisata, sehingga tidak ada fasilitas khusus untuk pengunjung. Oleh karena itu, jika Anda datang ke sini, sebaiknya Anda membawa keperluan sendiri, terutama makanan, minuman atau makanan ringan. Hati-hati dengan kendaraan pribadi Anda karena tidak tersedia tempat parkir di sini.

Namun jika keluar dari kawasan wisata alam Brown Canyon, Anda bisa menemukan beberapa tempat makan, angkringan dan tempat ibadah umat Islam di pemukiman terdekat. Jika ingin ke kamar mandi, Anda juga bisa menggunakan kamar mandi tempat ibadah.

Beberapa supermarket dan toko kelontong milik warga juga banyak tersedia jika Anda perlu membeli sesuatu, seperti alat pembersih seperti tisu basah, tisu, atau sabun. Begitu juga jika ingin membeli oleh-oleh khas Boyolali, Anda harus berjalan kaki 4 km lagi untuk sampai ke toko oleh-oleh terdekat.

Demikian informasi lengkap tentang Brown Canyon di Boyolali bagi anda yang berencana untuk mengunjungi tempat ini. Meski belum dirawat dan dikelola dengan baik, mengunjungi tempat ini tidak ada ruginya. Selain jauh dari keramaian, pemandangannya pun tak tertandingi. Tempat terbaik untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan bersantai.