Tempat penangkaran ikan yang menawan di desa kerapu Situbondo - WisataHits
wisatahits

Tempat penangkaran ikan yang menawan di desa kerapu Situbondo

Tempat melihat budaya kerapu dengan pemandangan tepi laut dan fasilitas jembatan ponton hanya terdapat di desa kerapu Situbondo.

Jam buka: 08.00-22.00 WIB
Tiket masuk: Rp 35.000,00
Nomor telepon:
Aktivitas: Memancing, melihat keramba, melihat pemandangan, berfoto
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, payung, air minum, peralatan memancing
Larangan: Menyetrum ikan, membuang sampah ke dalam kandang atau ke laut
Alamat: Gundit, Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
Fasilitas umum: Parkir, toilet, rest area, jalan setapak bagi yang hanya ingin jalan-jalan
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Bosan dengan tempat wisata seperti ini? Ingin suasana baru dengan objek wisata yang tidak biasa? Situbondo, mungkin banyak yang belum tahu atau baru mendengar kota ini.

Kota ini terletak di Jawa Timur, di kawasan pesisir utara pulau Jawa. Lokasinya yang berada di kawasan tapal kuda dan dikelilingi hutan lindung baluran, perkebunan tebu, tembakau, pemancingan memiliki potensi wisata yang masih sedikit diketahui masyarakat umum.

Seperti apa keseruannya, simak artikel tim dolanyok di bawah ini untuk menambah wawasan kamu.

Sekilas tentang Desa Kerapu Situbondo

Desa Kerapu terletak di kabupaten Situbondo. Tempat wisata yang menawarkan pemandangan laut yang sangat keren dan instagramable. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan banyak keramba budidaya kerapu di sini. Apalagi wisatawan yang berkunjung ke sini juga bisa mengambil atau memasaknya secara langsung.

Selain itu, terdapat juga banyak spot foto yang sangat keren, seperti hamparan dermaga kayu yang memiliki dekorasi seperti kursi dan lampu yang dipasang di setiap sudut dermaga.

Bagi Anda yang memiliki drone, Anda dapat mengambil video atau foto dari atas. Karena akan menghasilkan foto yang lebih bagus jika diambil dari ketinggian.

Anda juga tidak perlu khawatir jika sedang berada di dermaga, meskipun pengunjungnya banyak. Karena material dermaga adalah kayu berkualitas yang tentunya memiliki daya dukung beban yang baik.

Asal

Siapa sangka karena komunitas kreatif bisa menghasilkan pembangunan desa yang pesat. Salah satunya menjadikan Situbondo terkenal di kalangan pemburu wisata sebagai tempat wisata yang unik dan pasti layak untuk dikunjungi.

Sebelumnya, Situbondo hanya dikenal sebagai penghasil kerapu terbesar di Asia Tenggara, bahkan dunia. Keberhasilan pengembangan komersial budidaya kerapu ini memunculkan ide sebuah objek wisata bernama Kampung Kerapu.

Wisata ini memiliki banyak kandang kerapu dan dermaga kayu yang membentang, dengan pemandangan laut lepas dan indahnya matahari terbenam di sore hari, sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata Anda.

Alamat

Tempat wisata ini bisa Anda kunjungi di Gundit, Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jika anda datang dari luar kota tentunya anda kurang puas jika datang jauh-jauh ke Situbondo, mengunjungi satu tempat wisata saja, mungkin anda bisa mengunjungi tempat wisata lainnya.

Objek wisata tersebut antara lain Wisata Kampung Blekok 3,3 km, Wisata Bahari Pasir Putih 8,1 km atau Air Terjun Telompong 39,3 km.

Jam buka

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dari pagi hingga sore hari setiap hari. Dari pukul 08:00 hingga 22:00 WIB.

Biaya masuk

Harga tiket di sini sangat unik dan berbeda dengan tempat wisata lainnya, di sini pengunjung dibatasi hanya 3 jam untuk mengunjungi wisata ini per tiket. Berikut penjelasannya:

Untuk satu orang harus membayar Rp 35.000,00 selama 3 jam. Namun, di sini juga tersedia paket mancing yang Anda perlu membayar tiket seharga Rp50.000,00.

Bagi Anda yang ingin mengadakan acara seperti rapat atau jalan-jalan bersama keluarga besar bisa menikmatinya di sini lalu mengambil menu mulai dari Rp 70.000,00.

Baca juga: Taman Nasional Baluran

Daya tarik

Tentunya semua tempat wisata memiliki daya tarik tersendiri, karena tempat wisata ini memiliki daya tarik seperti berikut ini:

dermaga apung

Dermaga Kayau yang mengapung sekitar 300 meter dan menjorok ke laut, dengan trek melengkung, Anda bisa berjalan-jalan sambil melihat kandang-kandang yang tertata rapi dan mengagumi panorama laut yang luar biasa.

Jika Anda datang ke tempat ini pada malam hari, Anda bisa menjadikan deraga ini sebagai spot foto yang sangat bagus. Dengan latar belakang matahari terbenam yang indah, foto Anda akan semakin indah. Jika menjelang malam dermaga juga ada lampu yang menerangi dermaga ini, maka anda bisa berfoto dengan background lampu dermaga

pemandangan gunung

Selain Anda bisa menikmati pemandangan laut yang biru, Anda juga bisa melihat pemandangan pegunungan yang hijau karena rindangnya pepohonan.

Potensi sumber daya laut dan konservasi hayati

Di sini Anda juga mengetahui potensi laut dan konservasi hayati, selain berwisata, Anda juga belajar.

kapal pesiar

Jika Anda ingin melihat keramba ikan lebih dekat di tengah laut atau hanya ingin berkeliling, Anda juga bisa menyewa perahu wisata.

dermaga terapung

Anda juga bisa bermain di Floating Jetyy, tetapi Anda harus berhati-hati

air mancur

Di malam hari, Anda bisa melihat air mancur berwarna-warni seperti di Dubai.

Restoran makanan laut

Jika Anda lapar Anda tidak perlu bingung karena ada juga restoran yang menawarkan seafood dan tentu saja kerapu.

Meredakan

Fasilitas yang tersedia di sana juga cukup lengkap, seperti:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Tempat peristirahatan
  • Jalur pejalan kaki bagi mereka yang hanya ingin berjalan-jalan

Belum lengkap rasanya jika perjalanan Anda tidak mencicipi masakan lokal, berikut untuk Anda ada beberapa pilihan restoran yang bisa Anda kunjungi. Anda dapat berwisata kuliner di Restoran Ikan Bakar yang berjarak 1 km, Duo Putri Restaurant yang berjarak 10,7 km, atau Malang Restaurant & Special Regional Souvenir Center yang berjarak 13,3 km.

Bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan waktu seharian di sini, Anda bisa mencari akomodasi untuk beristirahat dan melanjutkan kunjungan keesokan harinya, seperti San Sui Hotel Inn, 1 km, Asri Hotel, 6.7 km, atau Hotel Sido. Muncul 1,8 km.

Rute jalan

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Kampung Kerapu dan belum mengetahui lokasinya bisa menggunakan Google Maps, dan juga bisa bertanya kepada masyarakat sekitar, karena lokasinya sangat mudah dijangkau. Akses jalan menuju kesana juga cukup baik.

Tips Perjalanan

  • Selalu patuhi aturan.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah pada sore hari dan pada hari biasa.
  • Pastikan baterai kamera atau handphone sudah penuh karena sayang jika sampai disini kehabisan baterai dan tidak bisa mengabadikan momen.
  • Jangan dibuang.

Jika Anda bepergian ke suatu lokasi, jangan merusak lingkungan di sekitar Anda

Pertanyaan dan jawaban

Berikut adalah gambaran singkat tentang Desa Kerapu Situbondo:

Kesimpulan

Saat ini sudah banyak tempat wisata bertema edukasi. Di Desa Kerapu Situbondo ini Anda bisa melihat budidaya ikan dengan cara yang menyenangkan.

Bonusnya adalah spot foto yang menarik. Ayo segera lakukan kunjungan edukasi ke kota Situbondo. Dijamin satu-satunya objek wisata asli.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button