Telekom dan Injourney bekerja sama untuk mengembangkan platform kerjasama pariwisata - WisataHits
Yogyakarta

Telekom dan Injourney bekerja sama untuk mengembangkan platform kerjasama pariwisata

TRIBUNJOGJA.COM – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dan PT Aviasi Wisata Indonesia (Persero) atau Injourney bekerja sama untuk merevitalisasi sektor pariwisata Indonesia.

Salah satunya adalah percepatan digitalisasi ekosistem pariwisata, yang sejalan dengan program pemerintah untuk mempercepat transformasi digital nasional.

Upaya tersebut ditunjukkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Injourney dan Telkom untuk mengembangkan platform kolaborasi pariwisata.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur SDM dan Digital Injourney Telkom FM Venusiana Herdy Harman dan Pj Direktur Enterprise & Business Service di Injourney Office di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

MOU antara Injourney dan Telkom ini mencakup kerjasama terkait pengembangan Tourism Collaborative Platform untuk menjawab kebutuhan akan layanan teknologi dan telekomunikasi dengan fitur-fitur yang dapat memudahkan perjalanan wisata secara real time.

Pj Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana R mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk memberikan dukungan end-to-end terhadap aktivitas pelaku industri pariwisata dan pelancong, sehingga pengusaha pariwisata dan wisatawan dapat merasakan kenyamanan bepergian melalui integrasi platform.

“Pengembangan platform ini juga diarahkan untuk mendukung keberhasilan acara kepresidenan KTT G20 pada November mendatang,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Herdy Harman, Direktur Sumber Daya Manusia dan Digital Injourney, mengatakan sinergi ini merupakan perpaduan antara kapabilitas bisnis Injourney dan Telkom.

“Injourney sebagai Holding BUMN Pariwisata dan Penunjang adalah ekosistem pariwisata lintas industri yang terdiri dari layanan bandara dan kargo, destinasi pariwisata, hotel, manajemen ritel, dan industri kreatif, berkomitmen kuat untuk mengembangkan super platform perjalanan dan pariwisata. Untuk itu, kerjasama dengan Telekom yang memiliki kompetensi di bidang layanan teknologi komunikasi dan jaringan telekomunikasi terluas di Indonesia, diharapkan menjadi langkah besar bagi revitalisasi sektor penerbangan dan pariwisata,” kata Herdy.

Platform yang lahir dari sinergi Injourney dan Telkom ini akan menghadirkan platform kerjasama pariwisata yang memungkinkan 4 pengalaman pariwisata; Pra-Perjalanan, Pemesanan, Dalam Perjalanan, dan Pasca-Perjalanan. Di Pre-Trip, wisatawan sebagai pengguna dapat membuat rencana perjalanan melalui Tourism Hub, sebuah iklan digital yang didukung oleh data besar di mana pengguna dapat menemukan informasi tentang tur yang mereka inginkan berdasarkan tujuan, membuat rencana perjalanan sendiri, dan membuat tur virtual.

Kemudian pada tahap booking, wisatawan dapat melakukan pemesanan objek wisata, akomodasi, transportasi, dan lain-lain yang diinginkan. Setelah itu, ketika wisatawan sedang dalam fase on-trip, wisatawan bisa mencari rekomendasi spot foto instagramable atau wisata hidden gem lainnya di sekitar kawasan wisata.

Terakhir, di Post-Trip, pengguna dapat menilai dan menilai pengalaman perjalanan mereka. (*/rls)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button