Mengenal Candi Potehi dan Museum Boneka di Gudo Jombang - WisataHits
Jawa Timur

Mengenal Candi Potehi dan Museum Boneka di Gudo Jombang

Mengenal Candi Potehi dan Museum Boneka di Gudo Jombang

SINERGI KERTAS – Kabupaten Jombang merupakan daerah yang memiliki candi paling unik karena dilengkapi dengan museum. Salah satunya adalah Museum Potehi Gudo.

Berbagai benda purbakala disimpan di Museum Gudo Potehi ini, mulai dari peninggalan Dinasti Cina hingga zaman Majapahit. Salah satunya adalah Boneka Wayang Potehi yang dikenal luas oleh masyarakat.

Kuil Hong San Kiong, museum ini bernama Museum Potehi. Museum dan candi ini terletak di Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Baca juga: Makin Hits! Berikut 6 wisata alam di Jombang dekat stasiun Take Bestie Here

Museum Potehi Gudo didirikan sekitar 6 tahun yang lalu. Ada juga sejumlah boneka Wayang Potehi di Museum Potehi Gudo.

Pemilik Museum Potehi Gudo, Toni Harsono mengatakan, keberadaan boneka Potehi memang telah terjaga kelestariannya sejak tahun 1920-an. Wayang Potehi sendiri merupakan kesenian tradisional Tionghoa.

‚ÄúPada tahun 2001, saya memiliki keinginan untuk membuat boneka Potehi yang menyerupai Potehi dari Tiongkok. Karena ada beberapa boneka yang menurut saya kurang cocok dengan karakternya, maka saya berinisiatif membuat boneka Potehi ini sendiri dengan menyesuaikan karakter masing-masing,” jelas Toni Harsono.

Menurut Toni Harsono, berawal dari kecintaan dan kegemarannya pada seni atau keterampilan wayang Potehi, sehingga tidak lepas dari karakter kakek dan ayah Tok Su Kwie Hok Hong Kie yang merupakan dalang wayang Potehi. Wayang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button