Komisi XI DPR RI dan BI gencarkan sosialisasi QRIS di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Komisi XI DPR RI dan BI gencarkan sosialisasi QRIS di Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Komisi XI DPR RI bersama Bank Indonesia (BI) semakin mensosialisasikan transaksi pembayaran melalui QRIS, sistem pembayaran nontunai atau nontunai, di wilayah DI Yogyakarta.

QRIS dianggap sebagai metode pembayaran yang nyaman dan aman saat ini.

Salah satunya adalah kegiatan bertajuk “Implementasi QRIS: Sosialisasi Cinta Tanah Air Memahami Rupiah dan Pembayaran Digital Qris Menuju Cashless Society” di Pendopo Art Space, Yogyakarta, Sabtu (9/10/2022).

Pada kesempatan ini, puluhan UKM di sektor DIY diundang untuk berpartisipasi.

“Pembayaran tanpa uang tunai, juga dikenal sebagai pembayaran tanpa uang tunai, semakin diminati oleh penduduk tanpa uang tunai Dalam hal ini masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar,” kata RM Moch Wahyu Wibisono, Wakil Ketua Komite XI DPR RI.

Pelatih Mudadaya mengatakan dengan perkembangan teknologi, semua transaksi baik perdagangan, pertokoan, warung, tiket wisata atau tagihan, dapat dibayar melalui aplikasi penyedia layanan sistem pembayaran, baik bank maupun non-bank.

“Nah, dengan QRIS Bank Indonesia, semua QR dari aplikasi pembayaran yang berbeda dapat dibayar dengan satu kode QR meskipun berasal dari PJSP (Penyedia Layanan Sistem Pembayaran) yang berbeda,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan BI Dwiarti Larasputri mengatakan banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan QRIS.

Bagi pemerintah, QRIS mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan pemetaan UMKM dan transaksinya untuk perumusan kebijakan.

“Dengan menggunakan QRIS akan membuat aktivitas transaksi masyarakat menjadi lebih higienis, tanpa kontak fisik, mengikuti tren, mendukung penjualan, menjaring dan menyetorkan dana langsung ke rekening,” ujarnya.

Salah satu peserta UMKM, Elsye Isni Liyanti, juga mengaku puas dengan sosialisasi QRIS. Meski mengaku belum terlalu paham, ia sangat bersemangat mencoba menggunakan QRIS.

“Hebatnya, acara ini bisa membantu kita untuk berkembang lebih jauh. Tentu saya sangat antusias, karena QRIS menjanjikan kepraktisan,” pungkas pemilik usaha kecil yang bekerja di industri katering ini.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button