Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang - Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas, Lokasi, dan Harga Tiket – Air Terjun Tumpak Sewu atau dikenal dengan nama Coban Sewu merupakan salah satu air terjun eksotis di Lumajang yang patut dijelajahi karena pesonanya. Air terjun dengan ketinggian sekitar 120 meter ini menawarkan panorama alam yang mempesona dan disebut mirip Niagara.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Jl.Raya Sidomulyo, Besukcukit, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Air terjun ini terletak di antara dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang. Warga sekitar menyebut air terjun ini dengan nama grojogan sewu. Oleh karena itu, untuk menuju pintu masuk air terjun ini, Anda bisa melalui Malang atau Lumajang.

Walaupun tempatnya jauh dari kota, namun banyak orang yang mengunjungi tempat ini. Keindahan air terjun ini akan membuat wisatawan terpesona saat melihatnya. Karena air terjun yang indah dan indah ini tidak ada bandingannya di Indonesia.

Bahkan kebanyakan orang menyebut atau memberi julukan Air Terjun Tumpak Sewu sebagai Air Terjun Niagara di USA karena air yang jatuh terlihat seperti bentuk tirai.

Daya tarik air terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak SewuKredit gambar: Google Maps Esnawan Aloysius

Air terjun ini bisa dibilang air terjun terindah di Indonesia. Selain itu, letaknya yang jauh dari kota-kota besar mendorong semakin banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

1. Tetesan Goa

Goa Tetes bisa Anda nikmati jika memulai dari Lumajang dan memasuki wisata air terjun ini. Alasan gua ini disebut Goa Tetes karena di balik air terjun ini terdapat gua yang sering dijadikan sebagai tempat pertapaan atau pertapaan bagi orang-orang yang meyakini ajaran tertentu.

Gua ini selalu dijadikan tujuan wisata bagi pengunjung, bahkan sudah terkenal sejak air terjun ini terkenal seperti sekarang ini. Air terjun yang ada di Goa Tetes ini selalu menjadi destinasi wisata andalan jika ingin berkunjung untuk liburan ke Kabupaten Lumajang.

2. Bukit Panorama

Dari tempat ini Anda bisa melihat betapa indahnya Air Terjun Tumpak Sewu jika tidak mau dan malas untuk turun dan menikmatinya dari bawah. Berikut adalah pos pengamatan permanen yang bisa Anda panjat. Gardu ini memiliki panjang sekitar 30 meter persegi, gardu ini dapat menampung sekitar 50 wisatawan sekaligus.

Jarak dari lokasi air terjun untuk sampai ke pos pengamatan cukup jauh, jaraknya diperkirakan sekitar 100 meter. Meski cukup jauh, Anda bisa menikmati keindahan air terjun ini dari atas gardu induk. Pemandangan alam yang asri dan asri akan membuat Anda betah berlama-lama berada di tempat ini.

3. Tebing Perawan

Tempat Wisata di Air Terjun Tumpak SewuKredit Gambar: Kisah Kemenangan Google Maps

Pada awalnya, tebing ini merupakan pintu masuk sebelum memasuki tempat wisata Tumpak Sewu. Letaknya persis di bawah tebing, dan tempat ini berbatasan dengan jalan utama di sisi kiri dan kanan pintu masuk air terjun. Sebelum sampai ke tebing ini, Anda harus berjalan kaki dari panorama air terjun sekitar 800 meter setelah melewati tangga.

Selain itu, ketika Anda berada di tengah perjalanan, trek yang Anda lalui bisa dibilang cukup ekstrim, yaitu Anda harus menuruni bebatuan yang licin karena bebatuan tersebut dialiri air menggunakan seutas tali. Tak ayal jika Anda tidak berhati-hati saat menuruni batu karang, Anda bisa terjatuh atau bahkan terluka setelah terjatuh.

4. Danau Biru

Tempat ini terletak tidak jauh dari Goa Bidadari yang hanya berjarak sekitar 50 meter saja. Namun rute yang harus Anda tempuh untuk sampai ke sana bisa sangat ekstrim karena Anda harus berjalan di bebatuan yang licin dan berair hanya dengan menggunakan tali.

Air di danau ini berasal dari air yang mengalir melalui tebing-tebing yang masih bisa dikatakan satu kesatuan atau satu barisan dengan goa Bidadari. Kedalaman danau ini cukup dangkal, karena kedalaman danau ini hanya bervariasi dari perut hingga dada orang dewasa. Pasti aman buat kamu yang tidak bisa berenang.

5. Gua Malaikat

Sebelum kembali ke kota Anda, jangan biarkan gua Bidadari ini menghentikan Anda. Gua ini terletak sekitar 300 meter dari air terjun. Akses untuk menuju ke tempat ini sangat mulus dan cukup mudah. Konon goa ini dianggap sebagai tempat berkumpulnya bidadari cantik. Tempat ini indah karena airnya mengalir di antara dinding-dinding gua.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Coban Sewu

Harga Tiket Masuk Coban SewuKredit Gambar: Google Maps bayu wijaya

Tempat wisata air terjun ini terletak di dusun Jagalan kabupaten Pronojiwo Jawa Timur. Tumpak Sewu terletak di lembah yang cukup curam dan memanjang dengan ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Sumber mata air terjun berasal dari gunung tertinggi di pulau Jawa yaitu Gunung Semeru yang melintasi Sungai Glidih.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini untuk melihat dan menikmati keindahan air terjun ini, anda bisa memilih beberapa rute yang bisa anda tempuh untuk menuju air terjun ini. Karena letaknya yang strategis, Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan banyak rute yang dapat Anda pilih tergantung pada keberangkatan Anda dari segala arah dan kota.

Jalan yang paling sering ditempuh adalah jalan dari kota Malang dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam untuk sampai kesana. Jika memilih jalur ini, Anda akan melewati 3 kecamatan yaitu Tirtomoyo, Dampit, Bululawan dan Anda hanya bisa menuju tempat ini. Sesampainya di desa Sidomulyo, Anda harus berjalan kaki sejauh 200 meter untuk sampai ke air terjun Tumpak Sewu.

Sedangkan jika Anda berangkat dari Probolinggo, akan memakan waktu sekitar 3-4 jam untuk mencapai tempat ini. Jika Anda berangkat dari Jember, Anda akan berkendara selama 4 jam dan menempuh jarak kurang lebih 115 km. Atau mungkin jika Anda menuju tempat ini dengan jalur alternatif, Anda akan melewati kecamatan Candipuro sebelum kabupaten Pronojiwo.

Air terjun ini merupakan air terjun terindah di Indonesia. Untuk bisa menikmati air terjun yang sangat indah ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk yang murah dan tentunya sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar pajak sebesar 10.000 rupee per orang. Jika membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir yang juga terjangkau.

Destinasi wisata ini tidak memiliki jam buka dan tutup sehingga Anda bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahan air terjun ini. Namun mengingat trek yang akan anda tempuh cukup sulit, anda harus datang pada pagi hari karena suasana masih tenang dan cerah. Sehingga Anda dapat melihat dengan jelas medan yang Anda lalui.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Tumpak Sewu

Aktivitas Seru Air Terjun Tumpak SewuKredit gambar: Google Maps Umm Raykhan

1. Agrowisata Buah Salak

Anda bisa memetik buah salak sambil menikmati keindahan air terjun di sini. Anda dapat memilih sebanyak yang Anda mau, karena pohon salak di sini milik pengelola air terjun. Anda bisa membawa pulang buah salak sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu.

2. Berburu foto keren

Tempat ini cukup indah dan asri, sayang sekali jika tidak mengabadikan setiap momen saat berada di air terjun cantik ini. Ada banyak spot foto bagus di sini untuk dipamerkan di media sosial atau hanya disimpan di gadget pribadi Anda. Kamu rugi kalau datang ke tempat ini tapi tidak mengambil gambar sama sekali

Tidak hanya itu, tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk foto-foto formal seperti prewedding, album perpisahan, kemudian bisa anda gunakan sebagai background foto untuk jasa perjalanan wisata dan bisa juga anda gunakan sebagai backdrop foto. tempat untuk menyegarkan pikiran.

3. Permainan air

Aktivitas Seru di Air Terjun Tumpak SewuKredit gambar: Google Maps Ery Gusman

Selain bisa menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa merasakan kesejukan air terjun sambil berenang atau membasahi kaki. Tapi jangan heran jika air di sini sangat dingin, karena terletak di dataran tinggi, yang membuat udara dan airnya sangat dingin.

4. Wisata kuliner

Setelah seharian bermain air, Anda pasti akan lelah dan lapar. Oleh karena itu, di kawasan Air Terjun Tumpak Sewu tersedia banyak warung yang akan mengisi kekosongan perut Anda dengan sajian yang mereka tawarkan.

Harga makanan di sini juga relatif murah dan terjangkau. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk membawa bekal dari rumah karena di sini ada warung yang siap memuaskan hasrat dan selera makan Anda.

5. Malam di dekat air terjun

Jika Anda tidak ingin pulang dan masih ingin menikmati keindahan air terjun keesokan harinya, Anda bisa menginap di hostel di sekitar tempat wisata ini. Walaupun akomodasi di sini terkesan sederhana dan sederhana karena harganya yang murah, Anda pasti akan merasa nyaman beristirahat di sini selama beberapa malam.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Air Terjun Tumpak Sewu

Fasilitas Air Terjun Tumpak SewuKredit gambar: Google Maps David Dvorak

Untuk masalah pengelolaan tempat wisata ini, tempat ini hanya dikelola oleh pemerintah setempat dan warga setempat. Untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang datang, tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas umum seperti tempat wisata pada umumnya. Disini terdapat fasilitas seperti mushola, kamar mandi, rest area, warung makan dan juga ada pemandu wisata.

Bagi Anda yang ingin menggunakan bantuan pemandu wisata agar liburan Anda lebih hemat, Anda bisa membayar jasa pemandu dengan harga 200.000 hingga 300.000 rupiah untuk sekali masuk. Pilihan ini bisa Anda pertimbangkan untuk menjadikan liburan Anda lebih berkesan dan bermakna.

Selain hanya membantu Anda menjelajahi destinasi-destinasi wisata tersebut, pemandu wisata kemudian dapat menjadi fotografer dadakan Anda jika Anda menemukan tempat foto terbaik yang dapat Anda temukan sendiri atau jika Anda diberitahu nanti oleh pemandu wisata Anda. Bagi Anda yang pernah ke tempat ini, Anda pasti tidak membutuhkan pemandu untuk membantu Anda dalam perjalanan.

Itulah sedikit ulasan tentang air terjun Tumpak Sewu (Coban Sewu) di Kabupaten Lumajang. Bagi Anda yang ingin berwisata alam namun tidak terlalu besar dan tidak terlalu mahal, Anda bisa memasukkan tempat wisata ini dalam daftar liburan Anda. Dijamin Anda tidak akan menyesal setelah datang berlibur ke tempat wisata ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button