Wisata Kuliner Lezat Rempah Malon Serundeng di Semarang Bakal Bikin Lidah Gemetar! : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

Wisata Kuliner Lezat Rempah Malon Serundeng di Semarang Bakal Bikin Lidah Gemetar! : Okezone Travel

KEPADANYA Penikmat kuliner wajib mencoba kelezatan daging manuk londo atau biasa dikenal dengan malon.

Dagingnya memiliki tekstur yang lebih lembut dan menawarkan rasa yang berbeda. Sepintas, daging ungkep malon yang disiapkan warga Gedawang, Kota Semarang ini seperti ayam atau bebek.

Namun, karena burung, ukurannya lebih kecil, dengan berat sekitar 230 gram. Meski kecil, rasanya tak perlu diragukan lagi, yaitu enak dan asli.

infografis

Burung Malon merupakan hasil persilangan antara puyuh asli Indonesia dengan puyuh Perancis.

Burung ini tinggi protein dan rendah kolesterol, sehingga aman untuk orang tua.

Untuk menyiapkan Malon Ungkep dengan Bumbu Serundeng, pertama siapkan bahan-bahannya antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, kunyit, jahe dan jeruk nipis.

Lalu saya curi burung malon dengan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Oleskan secara merata dan biarkan. Kemudian parut kelapa bersama lengkuas, kunyit dan jahe untuk membuat srundeng. Rebus bumbu halus dengan air sampai mendidih.

Tambahkan garam dan gula agar rasanya lebih enak. Sambil menunggu matang, siapkan daging malon dengan bumbu-bumbu yaitu daun salam, daun jeruk dan serai, disusun berlapis-lapis.

Setelah masak, tambahkan air rebusan bersama bumbu untuk menutupi daging malon. Proses unkep memakan waktu sekitar satu jam dengan api sedang agar bumbu meresap sempurna dan daging malonnya empuk banget,

Untuk penyajian daging malonnya digoreng dengan serundeng dengan bumbu rempah, ditemani saus tomat.

“Daging ungkep malon dijamin bikin ketagihan saat dinikmati bersama keluarga,” ujar Erika Santi, pencipta ungkep malon bumbu serundeng.

Bumbu malon ungkep serundeng dipasarkan dalam keadaan beku, sehingga banyak pesanan ke luar negeri. Harga yang dipatok juga ramah di kantong, artinya untuk isi 2 ekor harganya Rp 30.000 dan isi empat ekor Rp 60.000

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button