Tangkahan Langkat, Pesona Wisata Alam yang Indah dan Eksotis di Sumatera Utara - WisataHits
wisatahits

Tangkahan Langkat, Pesona Wisata Alam yang Indah dan Eksotis di Sumatera Utara

Harga tiket: Mulai dari Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-16.30 WIB, Alamat: Namu Sialang, Kec. Batang Serangan, Kab. Langkat, Sumatera Utara.; Kasus: Cek lokasi

Tangkahan Langkat termasuk dalam dua kawasan resor, yaitu kawasan resor Tangkahan dan resor Cinta Raja. Tempat wisata alam ini memiliki luas 3.837,77 hektar dengan ribuan pohon berdiri kokoh dan sungai panjang yang bersih menjadikannya salah satu hutan tropis di Indonesia.

Tak hanya hutan dan sungai yang menjadi daya tarik Tangkahan, namun ada hewan yang menjadi habitat asli taman nasional ini. Hewan itu adalah gajah. Ada begitu banyak gajah di tempat ini dan semuanya dilindungi oleh pemerintah dan pengelola taman nasional. Wisatawan juga diperbolehkan melakukan aktivitas dengan gajah-gajah tersebut.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan dengan gajah di taman nasional ini, namun selalu didampingi oleh petugas, jadi tidak perlu khawatir. Kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari memandikan gajah, memberi makan gajah, menunggangi gajah. Meski kegiatan ini dilakukan sambil ditemani oleh agen, Anda tetap harus berhati-hati.

Atraksi Tangkahan Langkat

Objek Wisata Tangkahan LangkatKredit gambar: Google Maps Hilman Triandi Sukma

Ada beberapa atraksi taman nasional ini mulai dari alamnya hingga aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Berikut adalah beberapa daya tarik Tangkahan.

1. Alam yang Indah

Hal pertama yang membuat tempat wisata ini begitu terkenal dan populer adalah alamnya yang sangat indah. Bagi pecinta alam, Anda tidak akan menyesal berkunjung ke tempat ini. Dari sekian banyak pepohonan rindang yang membentuk hutan hujan dengan sungai-sungai yang bersih dan panjang bisa ditemukan di sini.

2. Sungai yang Menyegarkan

Berikutnya adalah sungai yang panjang dan bersih yang akan menjadi daya tarik taman nasional yang terletak di Sumatera Utara ini. Tidak hanya bagi pecinta alam saja yang bisa menikmati jernihnya air sungai ini. Namun, penggemar arung jeram juga bisa mencoba menaklukkan sungai di Hutan Tangkahan.

3. Gajah

Gajah merupakan hewan yang dilindungi dan sekaligus menjadi ikon di taman nasional ini. Banyak sekali gajah, dari yang kecil hingga dewasa, dapat ditemukan di sini. Aktivitas seperti mandi atau menunggangi gajah bisa dinikmati wisatawan saat menginjakkan kaki di sini.

4. Jembatan gantung

Jembatan gantung yang berada tidak jauh dari tempat parkir ini menjadi sangat populer di kalangan wisatawan yang datang ke tempat ini. Hanya dengan Rp 3.000 wisatawan sudah bisa mendaki dan menikmati pemandangan hutan yang sangat indah.

Alamat dan Arah Lokasi Tangkahan Langkat

Tangkahan Langkat AlamatKredit gambar: Google Maps Surya Purnama

Tangkahan terletak di provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Langkat yang merupakan kabupaten paling utara yang berbatasan langsung dengan provinsi Nanggroe Aceh Darusalam. Secara spesifik, taman nasional ini terletak di Desa Sei Serdang dan Desa Namo Sialang. Yang berjarak sekitar 120 km dari kota Medan yang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara.

Perjalanan dari Kota Medan menuju taman nasional ini diperkirakan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Dengan menggunakan angkutan umum atau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Berikut adalah beberapa cara untuk sampai ke taman nasional.

1. Gunakan transportasi umum

Untuk mencapai taman nasional ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum yaitu bus. Untuk menampung wisatawan dari luar kota Medan, rutenya bisa dimulai dari Bandara Internasional Kualanamu Medan. Dari bandara, wisatawan dapat menggunakan Damri menuju terminal bus Kurnia di kota Medan yang berjarak sekitar 54 kilometer, yang akan memakan waktu sekitar 54 menit untuk sampai ke sana.

Kemudian, dari terminal bus, wisatawan dapat menggunakan bus pembangunan universal yang akan melakukan perjalanan ke lokasi taman nasional. Sebagai saran, ada baiknya untuk menanyakan apakah bus akan melewati taman nasional atau tidak, karena beberapa bus memilih untuk tidak melewati taman nasional untuk mempersingkat waktu tempuh.

Untuk perjalanan bus pengembangan universal, dibutuhkan 4 jam untuk menempuh jarak 92 kilometer. Sebenarnya bisa lebih cepat, tapi mengingat bus selalu berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang, waktu tempuh akan bertambah.

2. Penggunaan kendaraan pribadi

Untuk menuju Tangkahan menggunakan kendaraan pribadi dapat ditempuh dalam waktu 3 jam dengan jarak tempuh dari Lapangan Merdeka Kota Medan mencapai 97 kilometer. Dari Jl. Kereta ambil jalur selatan lalu di pertigaan ambil jalan keluar ke Jl. Pulau Pinang sampai ke McDonald’s Merdeka Walk lalu ambil jalur ke Jl. Mairie.

Ikuti Jl Mairie sampai Jl Putri Hijau tetap di jalan Jl Kolonel Yos Sudarso sampai ketemu BRI KCP Bank Pulo Brayan, lalu belok kiri jalan ke Jl lamp. Tetap di Jl. Pelita untuk menemukan jl. Pertarungan. Tetap di jalur sampai Anda mencapai Anugerah Optik, lalu ambil jalan utara di Jl Veteran. Dari jl. Para veteran terus lurus hingga menemukan jalan tol Medan – Binjai.

Ikuti jalan tol Medan – Binjai sampai keluar tol dan ambil jalan utara di Jl. Megawati sampai di pertigaan Jl. Tengku Amir Hamzah dan ambil jalan utara di Jl. Tengku Amir Hamzah menuju ke Jl. Berkendara melewati Sumatera arah Banda Aceh sampai ke Polsek Hinal dan ambil jalan keluar di perempatan arah barat di jl. Salib Palm.

Dari jl. Sawit Seberang lurus terus ke Jl. Batang Serangan sampai sampai di Polsek Padang Tualang lalu ambil jalur selatan sampai ketemu Masjid Al-Ishlah lalu masuk Jl. Besar Batang Serangan sampai ketemu belokan di Jl. Kwala Sawit lalu menuju ke barat. Ikuti terus jalan sampai Anda menemukan persimpangan tiga arah,

Dari pertigaan, ambil jalan keluar kedua menuju utara. Tetap di jalan sampai Anda menemukan lesehan Nova Rakasiwi. Dari sana, ambil jalan ke barat. Tetap di jalur sekitar 8 kilometer dan lokasi taman nasional berada di sisi kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Tangkahan Langkat

Harga Tiket Tangkahan LangkatKredit gambar: Google Maps René H

Untuk harga tiket Tangkahan mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 4.900.000 mulai Juni 2021 dengan jam buka mulai pukul 08.00 hingga 16.30 dan setiap hari Minggu libur. Ada beberapa tarif untuk aktivitas tertentu mulai Juni 2021.

Seperti melintasi jembatan gantung Rp 10.000, Rp 250.000, Jungle Tracking Rp 650.000, Packet Tracking Rp 850.000, Youth track (untuk 3 orang), Rp 1.108.000, Full day track (untuk 3 orang) Rp 1.716.000, Family track (2 sd 3 orang) jam) Rp 690.000, Jungle track (2 malam camping) Rp 4.900.000, Pemotretan (kamera disediakan) Rp 20.000 dan parkir Rp 30.000.

Selain itu, semua aktivitas yang memasuki kawasan hutan akan didampingi oleh satu atau dua agen.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tangkahan Langkat

Kegiatan Tangkahan LangkatKredit gambar: Google Maps Florian Matthies

Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Taman Nasional Tangkahan bersama keluarga atau mengunjungi teman.

1. Mendaki di hutan

Hal terpenting yang harus dilakukan di taman nasional ini adalah trekking melalui hutan atau menaklukkan hutan hujan lebat ini. Begitu banyak tantangan dan rintangan yang harus dicoba saat menaklukkan hutan lebat Sumatera Utara ini. Pemula tidak perlu takut jika ingin belajar menjelajahi hutan karena taman nasional ini akan menyediakan agen yang akan menemani mereka selama kegiatan tersebut.

2. Perkemahan

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan adalah camping atau bermalam di alam terbuka. Salah satu cara untuk menenangkan pikiran dan menjauh dari hiruk pikuk kota adalah dengan melakukan kegiatan outdoor camping. Karena taman wisata ini dilindungi oleh pemerintah, banyak pengunjung yang datang ke sini untuk berkemah.

3. Patroli dengan gajah

Patroli atau berkeliling hutan di punggung gajah merupakan kegiatan penting di taman wisata alam ini. Perasaan khusus ketika seseorang menunggangi gajah dan mengelilingi hutan tropis ini.

4. Mandikan gajah

Tak hanya menunggangi gajah, wisatawan juga bisa merasakan serunya memandikan gajah. Dengan penasarannya gajah, pengunjung akan merasakan bagaimana rasanya disemprotkan air melalui belalai gajah. Terus perlakukan gajah yang sedang dimandikan dengan lembut agar tidak menjadi kesal atau terganggu.

5. Arung Jeram

Kegiatan lain Tangkahan LangkatKredit gambar: Google Maps Ady Chandra

Aktivitas seru selanjutnya di Tangkahan Langkat adalah arung jeram dengan tubing. Tubing di sekitar sungai bisa menjadi pengalaman yang sedikit berbeda. Wisatawan juga bisa melakukannya di taman nasional ini.

6. Mandi dan bermain air sungai

Tidak hanya arung jeram, wisatawan juga bisa bermain air sungai seperti berenang dan memancing. Tak hanya itu, ada air terjun yang bisa digunakan untuk berfoto dan berenang di bawahnya.

7. Ambil gambar

Tentu saja, melakukan semua aktivitas di atas tidak akan lengkap jika tidak mengabadikannya dengan kamera. Berfoto sambil bermain dengan gajah atau menaklukkan hutan sudah menjadi hal yang wajar bagi wisatawan yang datang ke Tangkahan.

Fasilitas yang tersedia di Tangkahan Langkat

Fasilitas Tangkahan LangkatKredit Gambar: Google Maps Kids Stella

Tidak hanya melakukan aktivitas menarik di taman nasional ini, namun juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh wisatawan. Berikut beberapa fasilitas penunjang di Taman Nasional Tangkahan.

1. Parkir

Yang pertama adalah tempat parkir. Di sini wisatawan dapat meninggalkan kendaraan mereka dan menikmati alam yang indah.

2. Jembatan gantung

Lalu ada jembatan gantung. Jembatan ini menjadi salah satu spot foto paling populer bagi wisatawan yang datang ke taman nasional yang terletak di Sumatera Utara ini.

3. Pusat pengunjung

Kemudian datanglah pusat layanan atau resepsi. Merupakan kantor sekaligus tempat para wisatawan mencari informasi tentang taman nasional ini.

4. Perkemahan

Terdapat lapangan atau area yang bisa digunakan pengunjung untuk bermalam. Biasanya akan ada tenda-tenda wisatawan yang ingin bermalam di taman nasional ini.

5. Toilet

Dan yang terakhir adalah toilet. Dimana wisatawan atau agen akan buang air besar atau kecil.

Berikut beberapa penjelasan tentang Tangkahan, sebuah wisata alam di Langkat, Sumatera Utara. Tempat yang menjadi pusat penangkaran gajah dan menjadi hutan bagi ribuan pohon di hutan hujan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button