Tanam seribu pohon magrove dan lestarikan alam di kota surabaya - WisataHits
Jawa Timur

Tanam seribu pohon magrove dan lestarikan alam di kota surabaya

Tanam seribu pohon magrove dan lestarikan alam di kota surabaya

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Pertamina Patra Niaga menanam seribu mangrove di kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land melalui Dermaga Terpadu Surabaya pada Selasa (17/1/2022). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelestarian hutan mangrove di kota Surabaya.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Terminal Pertamina Terpadu Surabaya dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya. Kurang lebih 20 hektare kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land diperuntukkan untuk penanaman mangrove.

iklan

Terlibat dalam penanaman tersebut adalah Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Dinas Keamanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Camat Benowo, Lurah Romokalisari dan masyarakat sekitar.

Seribu bibit mangrove tersebut didatangkan langsung dari petani mangrove lainnya di Surabaya. Lima KUB Romokalisari yang terdiri dari nelayan dan masyarakat sekitar Romokalisari hingga mencapai 30 orang terlibat dalam pelaksanaan penanaman mangrove ini.

Gema Ramadhan, Manager Terminal Terpadu Pertamina Surabaya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan CSR Pertamina untuk memenuhi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

pohon-magrove-2.jpg

“Penanaman mangrove hari ini bukan hanya sebagai bentuk kegiatan CSR perusahaan, namun juga sebagai peringatan Bulan K3 Nasional yang jatuh pada 12 Januari 2023. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kami dalam menjaga lingkungan di Kota Surabaya,” kata Gema.

Gempa berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam perlindungan bibit mangrove ini serta tumbuh dan berkembang sesuai harapan serta mendukung kelestarian lingkungan di kota Surabaya.

Senada dengan Pengelola Terminal Terpadu Pertamina Terminal Terpadu Surabaya, Ayu Mustika Dewi, Kepala Dinas Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kegiatan penanaman mangrove seperti ini sangat positif dan bermanfaat. Dampak nyatanya dapat diperluas untuk kelestarian lingkungan dan akan sangat bermanfaat bagi anak cucu kita di masa mendatang,” ujarnya.

Kepala Kom., Bahn. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menyatakan pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan implementasi Environmental, Social and Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). Pertamina selalu berusaha mengelola bisnis perusahaan secara berimbang. Demi menjaga kelangsungan usaha perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL, khususnya di wilayah operasional perusahaan.

“Kami berharap penanaman mangrove ini dapat membantu mencegah abrasi laut dan mengurangi emisi karbon. Selain itu, penambahan mangrove juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan mangrove Romokalisari Adventure Land, sehingga masyarakat sekitar juga dapat terbantu melalui program ini,” pungkas Deden.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button