Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah tanam bibit pohon di Wisata Alam Puncak Serut - WisataHits
Jawa Tengah

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah tanam bibit pohon di Wisata Alam Puncak Serut

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi wisata alam Puncak Serut di Desa Singonegoro Kecamatan Jiken Kabupaten Blora untuk menanam pohon.

Sekitar 300 peserta ambil bagian dalam penanaman pohon. Terdiri dari kelompok masyarakat, kelompok tani, dan mahasiswa serta mahasiswa.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Blora dan Forkompimda Blora, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dan Perhutani.

Lahan kritis yang dipilih untuk ditanami pohon adalah milik Perhutani yang dikelola bersama masyarakat setempat.

“Ada mahasiswa dari Perhutani, Pemkab Blora, jadi teman-teman dari dinas LHK provinsi mengajak saya menanam,” kata Ganjar Pranowo, Rabu (26/10/2022).

Salah satu peluangnya, lanjut Ganjar, adalah musim, musim hujan. Di satu sisi banyak bencana. Sisi lain dari jangkauan seperti ini harus dimanfaatkan dengan baik.

“Bagus kalau Perhutani bisa dikelola oleh masyarakat dan dimanfaatkan untuk pariwisata. Tapi saat itu masih terasa kering,” kata Ganjar.

Menurutnya, kita harus menanam sebanyak mungkin saat hujan masih banyak.

“Kemudian nantinya bisa menjadi tempat wisata yang bagus,” ujarnya.

Dikatakannya, tiket ke puncak bercukur ini sangat murah.

“Tiketnya cuma 2.000 rupee, parkir 3.000 rupee. Jadi kalau itu dikelola dengan baik, saya menyarankan untuk membuat lanskap menjadi indah, ”jelas Ganjar.

Kalau perlu, kata gubernur, mengundang perguruan tinggi, misalnya. Kalau mau maju, orang-orang datang ke sini benar-benar bagus.

Ganjar juga meminta agar sampah dibuang dengan benar dan tidak kotor.

“Di daerah yang relatif kering ini, momentum musim hujan dimanfaatkan untuk menanam pohon dan buah-buahan yang tidak mau ditebang orang. Bisa dilakukan sekaligus. PKK dan lain-lain bisa, kelor, karet, menyimpan air, sumber air,” jelas Ganjar.

Ganjar pun mengaku datang ke Cepu dan memuji masakan Blora.

“Hanya bermain. Ini Lontong Opor, masakan lokal. Terbaik. Jangan salah paham, bekerja, tapi itu masakan lokal terbaik di dunia. Itu bagus,” kata Ganjar.

Ganjar menegaskan juga melihat pembangunan jalan provinsi.

“Ini adalah kerjasama yang baik dengan dana bantuan keuangan pemerintah provinsi yang ditetapkan untuk berlanjut di kabupaten sehingga masyarakat nantinya memiliki akses yang berkualitas. Jangan bercanda,” jelasnya.

Jika kondisinya bagus, kata Ganjar, Bupati Blora sudah melakukan negosiasi dengan pihak maskapai agar harga tiket tidak terlalu mahal. Kemudian akan ada pertumbuhan ekonomi baru.

“Kami masih terganggu dengan kondisi ekonomi dan pandemi kemarin. Kami mencoba untuk bangkit. Bupati juga cukup kreatif. Insya Allah ada tambahan dari DBH yang bisa mempercepat pembangunan di Blora,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman mengaku senang dengan kedatangan orang nomor satu Jawa Tengah itu di Blora.

“Alhamdulillah hari ini Pak Ganjar berkunjung ke Cepu dan Blora. Saya dulu jalan-jalan provinsi, lalu kuliner, belajar normalisasi sungai di Cepu, dilanjutkan ke Yeni Inka dan dilanjutkan di sini,” kata Arief Rohman.

Ia berharap sinergi antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten terus berlanjut.

“Kami melaporkan beberapa program yang telah kami sinergikan, termasuk jalan provinsi yang menjadi tanggung jawab provinsi. Mudah-mudahan bisa dibangun dan selesai tepat waktu,” jelasnya. (Tim Dinkominfo Blora/Foto: dok).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button