Taman Sungai Mudal, tempat wisata alam yang menawan di Kulon Progo - WisataHits
wisatahits

Taman Sungai Mudal, tempat wisata alam yang menawan di Kulon Progo

Harga tiket: Rp 4.000, Jam operasional: 08h30-15h30 WIB, Alamat: Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Taman Sungai Mudal merupakan tempat wisata yang menawarkan panorama alam indah di Kulon Progo yang bisa membuat siapa saja betah dan ingin berlama-lama disini. Oleh karena itu tidak heran jika kawasan wisata ini menjadi salah satu destinasi unggulan di kabupaten ini.

Salah satu keindahan alam yang ditawarkan di kawasan wisata ini adalah adanya kolam renang alami yang didominasi warna hijau kebiruan. Kolam renang ini terlihat begitu indah dan segar, tentunya dapat membuat pengunjung merasakan kesejukan air saat menyelam ke dalam kolam.

Kolam renang di sini berasal dari mata air alami, sehingga tidak diragukan lagi bahwa kolam ini memiliki air yang sangat lembut. Selain itu, udaranya juga sangat segar sehingga menjadikan tempat wisata ini sebagai pilihan ideal untuk tujuan wisata keluarga.

Atraksi Taman Sungai Mudal

Atraksi Taman Sungai Mudal SungaiKredit Gambar: Google Maps Muhammad Muzhar

1. Keindahan taman

Daya tarik pertama dari kawasan wisata Taman Sungai Mudal adalah adanya taman indah yang mengelilingi kolam renang. Taman yang dilengkapi dengan bunga-bunga indah ini bisa membuat orang yang melihat taman ini terpesona dengan keindahannya.

Di taman ini juga terdapat jalur pendakian yang ditata dengan sangat baik. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar taman sambil menikmati keindahannya. Saat Anda berjalan melewati taman ini, Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk menyegarkan pikiran dari segala kepenatan yang Anda rasakan. Jika Anda merasa lelah, Anda dapat beristirahat di beberapa tempat pengamatan yang tersedia di area tersebut.

2. Berbagai wahana seru

Adanya berbagai wahana yang dapat dinikmati pengunjung juga menjadi salah satu daya tarik kawasan wisata ini. Berbagai wahana seru yang bisa kamu coba disini adalah wahana flying fox, camping ground dan lain-lain.

3. Kolam pemandian alami

Kolam alami ini menjadi salah satu daya tarik utama dari Taman Sungai Mudal. Kolam renang ini memiliki keindahan yang begitu menawan dengan memiliki warna air yang hijau seperti kolam Tosca. Saat cuaca cerah, area kolam ini akan terlihat semakin indah dengan pantulan langit biru dan awan di permukaan air.

Ada dua kolam di kawasan wisata ini, yaitu kolam untuk pengunjung dewasa dan kolam untuk pengunjung anak-anak. Air di kolam alami ini sangat segar, karena sumber air kolam ini berasal dari mata air alami.

Bagi Anda yang takut berenang di kolam, Anda bisa menyewa pelampung dari pengelola dan menggunakannya di area kolam. Dengan begitu, Anda bisa selalu menikmati kesegaran air kolam tanpa khawatir dengan kemungkinan buruk yang mungkin muncul.

4. Sumber Sungai Mudal

Atraksi Taman Sungai MudalKredit gambar: Google Maps Ridhwan Al Maruf

Pergi ke tempat wisata ini, Anda bisa menemukan sumber yang dikembangkan dengan baik oleh pengelola, yaitu sumber Sungai Mudal. Mata air ini dikembangkan dengan seng dan bambu untuk memudahkan akses pengunjung.

Sumber ini terletak di kabin yang mirip dengan kamar mandi. Meski terlihat usang dan tua, kesegaran air dari mata air ini tidak diragukan lagi. Airnya terlihat begitu bersih dan jernih.

5. Air Terjun Indah

Air terjun di kawasan wisata ini selalu mengalir dan tidak pernah mengering meski tidak sedang musim hujan. Hanya saja jumlah atau aliran air yang mengalir ke bawah tidak begitu deras, karena mata air terjun ini berasal dari mata air alami yang ada di gua-gua perbukitan Menoreh.

Dari air terjun ini, air bisa mengalir ke sungai dan kolam di bawahnya. Anak tangga batu yang melintasi air terjun juga mempertegas kesan indah tempat ini. Bebatuan kuning di belakang air terjun dapat terlihat dengan sangat jelas karena air terjun ini memiliki warna yang cerah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Taman Sungai Mudal AlamatKredit gambar: Google Maps Sy Maro

Destinasi wisata dengan keindahan alam yang masih terjaga ini terletak di kecamatan Jati Mulyo yang merupakan kecamatan yang masih termasuk dalam Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Lokasi Taman Sungai Mudal cukup strategis dan cukup mudah ditemukan bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke kawasan wisata ini.

Rute menuju tempat wisata ini dimulai dari perempatan yang terletak di Tugu Jogja. Dari sini Anda bisa berbelok ke barat dan menyusuri Jalan Godean sampai Anda melewati Pasar Godean dan Jembatan Sunai Progo. Setelah itu Anda akan sampai di pertigaan, dari sana Anda bisa berbelok ke kanan menuju Gua Kiskendo.

Kemudian lurus terus dan belok kiri setelah bertemu pertigaan hutan pinus. Kemudian Anda tinggal belok kiri menuju Kokap dan ikuti rambu yang tersedia hingga sampai di tempat tujuan.

Disarankan menggunakan sepeda motor untuk menuju tempat wisata di Mudal River Park ini. Karena mengingat rute yang akan Anda ambil, cukup terjal dengan medan yang sempit dan naik turun. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan mobil untuk menuju kawasan lokasi ini, Anda hanya perlu lebih berhati-hati saat mengendarai kendaraan roda empat.

Jarak yang akan Anda tempuh dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 38 km. Itu sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan darat tergantung kecepatan kendaraan yang Anda kendarai. Sepanjang perjalanan Anda tidak akan bosan, karena keindahan alam pedesaan yang selalu asri akan disuguhkan kepada Anda.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Taman Sungai MudalKredit gambar: Google Maps Donny Chahaya Dharma

Taman Sungai Mudal yang terkenal dengan keindahan alamnya memiliki tiket masuk atau tiket masuk yang bisa dibilang sangat user-friendly. Hal ini tentunya dapat menjadi keuntungan bagi pengunjung yang mencari tempat wisata dengan budget minim.

Hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4000 per orang. Dengan hanya membayar biaya murah ini, Anda sudah bisa masuk dan menikmati keindahan yang disajikan di kawasan wisata ini.

Pajak lain yang juga berlaku di kawasan wisata ini adalah pajak parkir kendaraan. Tarif parkir yang berlaku adalah Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 4000,- untuk kendaraan roda empat. Apalagi jika ingin sekali jalan, Anda juga akan dikenakan biaya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000 tergantung trip yang Anda tempuh.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Mudal River Park

Kegiatan Taman Sungai MudalKredit gambar: Twitter Hai JOGJA / YOGYAKARTA

1. Berjalan dan Jelajahi Air Terjun Mudal

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Mudal River Park adalah berjalan-jalan di sekitar air terjun. Air terjun di kawasan wisata ini memiliki keindahan yang luar biasa. Dilihat dari bawah, air terjun ini akan terlihat seperti tangga yang indah.

Anda dapat turun ke bawah melalui jembatan penghubung yang unik dan tangga yang terbuat dari batang bambu. Saat turun dari area ini, Anda harus selalu memperhatikan keselamatan, karena fasilitas ini berdekatan dengan area air terjun, yang membuat tangga dan dek terciprat air dan membuatnya licin.

2. Berenang dan berenang di kolam renang

Jika anda berwisata ke kawasan wisata ini, jangan tinggalkan aktivitas mandi dan berenang anda di kawasan pemandian kolam alami ini. Karena Anda bisa merasakan air yang begitu segar saat mandi atau berenang di ruang air alami ini.

Bagi yang membawa anak-anak tidak perlu khawatir. Karena ada pelampung yang bisa Anda sewa dari pengelola. Selain itu, Anda juga bisa merasakan air terjun yang turun dari atas dengan berdiri di bawah air terjun. Tak perlu khawatir karena air terjun di kawasan ini tidak terlalu deras sehingga aman bagi pengunjung.

3. Berkemah atau berkemah

Anda juga bisa berkemah di kawasan wisata ini, disini sudah ada area khusus bagi pengunjung yang sengaja datang untuk berkemah. Saat berkemah di kawasan wisata yang indah ini, Anda bisa menikmati ketenangan malam serta suara gemericik air dari air terjun yang bisa menenangkan pikiran.

Anda bisa berkemah bersama keluarga atau teman. Kegiatan camping di kawasan wisata Taman Sungai Mudal tentunya bisa menjadi pengalaman menarik yang tidak akan terlupakan bagi Anda.

4. Bersantai di taman

Taman kawasan wisata ini dilengkapi dengan beberapa gazebo yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai sambil mengagumi pemandangan alam yang indah. Untuk menambah keseruan, jangan lupa membawa minuman dan snack untuk melengkapi waktu santai Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Menyenangkan Taman Sungai MudalKredit gambar: Google Maps Abu Zaid

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Taman Sungai Mudal ini cukup lengkap. Fasilitas yang lengkap di suatu kawasan wisata tentunya dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengunjung. Semakin lengkap fasilitas suatu kawasan wisata maka semakin besar kenyamanan bagi pengunjung.

Salah satu fasilitas disini adalah tersedianya layanan wifi gratis atau akses internet gratis, fasilitas ini sendiri tentunya sangat bermanfaat bagi para pengunjung karena para pengunjung dapat menikmati akses internet gratis dengan kecepatan maksimal.

Fasilitas lain juga tersedia di kawasan ini, seperti tempat ibadah umat Islam atau mushola, warung makan, gazebo untuk bersantai, tangga turun, berbagai atraksi seru, spesial area camping, tempat parkir mobil yang luas dan masih banyak fasilitas lainnya.

Nah, itulah sedikit informasi tentang objek wisata taman sungai Kulon Progo Mudal. Anda bisa berwisata ke sini bersama keluarga atau teman. Tempat wisata ini tentunya bisa menambah referensi liburan yang menarik untuk dikunjungi khususnya di wilayah Yogyakarta.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button