Taman Nasional Bunaken, surga bawah laut Sulawesi Utara - WisataHits
wisatahits

Taman Nasional Bunaken, surga bawah laut Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken adalah tujuan wisata bahari yang terkenal di sulawesi utara. Surga bawah laut yang menarik berkunjung untuk mengisi waktu liburan.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pantai Liang Bunaken, Kec. Wori, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara; Kasus: Cek lokasi

Provinsi Sulawesi Utara terkenal dengan bentang alamnya yang menjadi rumah bagi berbagai keindahan dan pemandangan alam. Provinsi ini terdiri dari berbagai kota dan kabupaten yang memiliki keindahan alam tersendiri yang tak kalah mempesona, salah satunya adalah kota Manado.

Kota Manado merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan, perbukitan hijau yang indah dan beberapa kawasan wisata pantai. Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal adalah wisata bahari Taman Nasional Bunaken.

Taman Laut Bunaken telah menjadi ikon destinasi wisata bahari di Sulawesi Utara yang terkenal di dunia internasional. Maka tak heran jika tempat wisata ini menjadi tujuan utama para traveller yang ingin menikmati suasana alam yang berbeda.

Taman Nasional Bunaken, surga bawah laut favorit para wisatawan

Kunjungan ke Taman Nasional BunakenKredit gambar: Google Maps Emad Elghamery

Taman Nasional Bunaken terdiri dari lautan dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Siladen, Pulau Bunaken, Pulau Nien, Pulau Mantehage dan Pulau Manado Tua yang memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona dan dikelilingi oleh lautan yang jernih.

Tempat ini merupakan salah satu taman nasional dengan keanekaragaman hayati laut terbesar di dunia. Taman Nasional Bunaken mencakup beberapa ekosistem, seperti ekosistem pesisir dan pesisir, ekosistem terumbu karang, ekosistem padang lamun, dan ekosistem hutan mangrove.

Wisata bahari ini terletak di segitiga karang atau bisa disebut segitiga karang. Hal inilah yang membuat Taman Nasional Bunaken memiliki kekayaan laut yang indah dan melimpah. Terumbu karang di tempat ini terdiri dari sekitar 390 spesies karang hidup dengan 13 genus yang didominasi oleh karang penghalang dan karang tepi.

Ekosistem terumbu karang yang luas membuat tempat ini dihuni oleh berbagai jenis ikan dan mamalia laut. Di sini ada sekitar 91 jenis ikan dengan warna yang indah dan memanjakan mata. Ada juga hamparan padang lamun yang dipenuhi beragam spesies. Taman Nasional Bunaken memiliki hutan bakau dengan area luas yang terawat dengan baik.

Taman Laut Bunaken terdaftar di UNESCO untuk dimasukkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 2005. Oleh karena itu, tempat ini sangat terkenal hingga mancanegara. Banyak wisatawan berbondong-bondong ke tempat ini hanya untuk menikmati keindahan surga bawah laut.

Taman Nasional Bunaken adalah surga bawah laut yang tidak boleh dilewatkan yang layak dikunjungi bersama keluarga, pasangan, atau teman. Anda akan disuguhi pesona alam bawah laut dengan airnya yang jernih sehingga memanjakan mata.

Aktivitas wisata menarik di Taman Laut Bunaken

Aktivitas Taman Laut BunakenKredit gambar: Twitter Panduan Laut Nusantara

Taman Nasional Bunaken menawarkan berbagai aktivitas wisata yang wajib Anda coba. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut yang hanya bisa Anda temukan di Taman Nasional Bunaken. Taman ini memiliki sekitar 20 titik penyelaman dengan keindahan alam yang luar biasa.

1. Menyelam

12 dari 20 titik penyelaman berada di Pulau Bunaken sendiri yang berjajar dari tenggara pulau hingga barat pulau. Titik penyelaman Taman Nasional Bunaken berada di bawah tembok besar. Di bawah tembok tinggi ada dinding vertikal yang melengkung ke atas.

Bagi para penyelam, Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan jarak yang lumayan 20 meter, bahkan hingga 35 meter. Pasalnya, kondisi air di Bunaken masih sangat jernih.

2. Snorkeling

Bagi Anda yang tidak menyukai aktivitas diving, Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling yang tak kalah seru. Di sini Anda bisa melihat berbagai biota laut yang hidup di ekosistem terumbu karang. Anda juga bisa memberi makan sambil berenang di permukaan laut, jangan lupa membawa kamera bawah air untuk mengabadikan momen-momen berharga tersebut.

Di Taman Nasional Bunaken juga terdapat spesies langka yang hanya bisa ditemukan di pulau ini. Salah satunya adalah jenis penyu sisik. Penyu ini berjalan-jalan dan bermain di sekitar terumbu karang hampir setiap hari.

3. Perjalanan dengan perahu

Taman Nasional Bunaken adalah rumah bagi berbagai jenis ikan dan mamalia laut termasuk lumba-lumba dan paus yang merupakan pemandangan favorit. Disini anda bisa menyewa perahu yang akan membawa anda ke laut, sensasi unik akan anda rasakan ketika melihat ikan paus berenang di permukaan dan lumba-lumba melompat di udara.

4. Mengunjungi Pulau Manado Tua

Selain wisata bahari, Anda juga bisa mengunjungi pulau Manado Tua yang memiliki pesona alam yang tak kalah indahnya. Di tengah pulau adalah gunung berapi mati atau tidak aktif. Anda harus naik perahu selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke pulau ini. Anda dapat dengan mudah menemukan pemandu wisata yang bersedia membawa Anda menjelajahi pulau ini.

5. Berjemur

Anda juga bisa melakukan aktivitas tanning di atas pasir yang lembut dengan terik matahari di siang hari. Sore hari, Anda bisa menyaksikan pesona alam matahari terbenam yang begitu menakjubkan. Langit berwarna jingga kemerahan dengan semilir angin yang sejuk membuat tempat ini menjadi incaran para wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di Taman Nasional Bunaken

Fasilitas Taman Nasional BunakenKredit gambar: Google Maps BOSS

Taman Nasional Bunaken menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Di sini Anda dapat menyewa berbagai peralatan menyelam dan snorkeling. Anda juga bisa menyewa kamera bawah air untuk mengabadikan setiap momen di bawah laut, bahkan menyewa perahu atau speedboat untuk menjelajahi setiap sudut taman nasional.

Tempat wisata ini juga menawarkan pelajaran menyelam untuk pemula. Anda akan diajar oleh instruktur scuba diving yang sudah memiliki sertifikat SDI atau Scuba Diving International. Instruksi menyelam dapat diajarkan dalam berbagai bahasa, seperti Inggris, Prancis, Belanda, Jerman, dan lainnya.

Pelajaran menyelam yang diajarkan meliputi penyamaan telinga, pembersihan masker, kontrol daya apung, pernapasan dan lain-lain. Anda juga akan diajak menyelam selama 45 menit hingga kedalaman 6 meter.

Disini anda juga bisa menyewa pemandu untuk menemani dan membawa anda berwisata di Taman Nasional Bunaken. Anda dapat dengan mudah melakukan aktivitas wisata melalui pulau-pulau taman nasional tersebut. Pemandu akan membawa Anda menjelajahi semua tempat menakjubkan di tempat ini.

Anda juga bisa menyewa perahu atau speedboat untuk menjelajahi seluruh kawasan Taman Nasional Bunaken. Pemandangan alam berupa pulau-pulau dan hamparan laut biru membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Di tempat ini juga terdapat pohon-pohon tinggi yang dapat menyejukkan sekaligus sebagai tempat berteduh seperti palem, sagu, kelapa, woka, dll. Pepohonan ini bisa memberikan sensasi hembusan angin sejuk yang tidak akan pernah berhenti saat matahari bersinar terik.

Tidak hanya wisata alamnya yang menakjubkan, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner di sekitar lokasi. Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas Manado yang sangat jarang ditemukan di daerah lain.

Akses ke Taman Nasional Bunaken Kawasan

Akses ke Taman Nasional BunakenKredit gambar: Google Maps Arifa Chan

Untuk menuju Taman Nasional Bunaken, seseorang dapat tiba dengan beberapa rute. Bagi Anda yang datang dari luar daerah atau dari luar negeri yang menggunakan jalur udara, Anda akan transit di bandara Sam Ratulangi Manado. Perjalanan dilanjutkan dengan taksi selama kurang lebih 30 menit untuk mencapai Teluk Manado.

Teluk Manado memiliki beberapa tempat yang mudah diakses untuk menuju Taman Laut Bunaken. Diantaranya adalah Marina Blue Banter, pelabuhan Manado, serta Nusantara Diving Center (NDC). Di sini Anda akan dibawa ke taman nasional dengan perahu atau perahu motor bersama wisatawan lain.

Untuk menuju Taman Nasional Bunaken menggunakan Jalur Marina Blue Banter, Anda akan menempuh perjalanan selama 10-15 menit. Perjalanan dari Pelabuhan Manado memakan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke Pulau Bunaken, 20 menit untuk sampai ke Pulau Siladen dan 60 menit untuk sampai ke Pulau Naen dengan speedboat.

Sedangkan untuk rute Nusantara Dive Center membutuhkan waktu 20 menit untuk menggunakan liveaboard. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang hijau dengan air laut yang sangat jernih dan cukup tenang.

Jika ingin perjalanan cepat dan singkat, Anda bisa naik speedboat yang tentunya lebih mahal sekitar Rp 800.000 hingga Rp 1.300.000. Seperti namanya, kapal ini memiliki kecepatan berlayar yang cukup tinggi dengan kapasitas 6 hingga 30 orang.

Anda juga bisa naik taksi air yang lebih murah daripada naik speedboat. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 30.000 per penumpang. Di Pulau Bunakan ada gojek yang bisa mengantarmu seharga Rp 15.000.

Biaya Perjalanan Taman Laut Bunaken

Biaya Taman Nasional BunakenKredit gambar: Google Maps art merung

Harga tiket yang ditawarkan destinasi wisata ini dipatok dengan harga yang bisa dibilang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 5000 untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk turis asing, tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp 150.000. Namun, biaya masuknya tentu berbeda dengan harga fasilitas lain yang disediakan di sana.

Namun fasilitas yang disediakan di Taman Nasional Bunaken ini disewakan dengan harga yang terjangkau. Untuk menyewa alat snorkling cukup membayar Rp 150.000, sedangkan untuk menyewa alat selam cukup membayar Rp 350.000.

Perahu dan speedboat yang disewakan dibanderol mulai dari Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000. Agar lebih terjangkau, Anda bisa menyewa secara rombongan agar biayanya bisa merata. Untuk sewa pemandunya sendiri, harganya sekitar Rp 150.000.

Sebagai informasi, harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola. Namun harga di atas bisa menjadi foto Anda sebelum berkunjung ke Bunaken.

Taman Nasional Bunaken memang menjadi ikon pariwisata di Sulawesi Utara yang sudah mendunia. Tak hanya wisatawan lokal saja yang ramai datang ke destinasi ini, namun juga banyak wisatawan mancanegara. Anda bisa mengunjunginya di sela-sela liburan atau saat waktu luang. Semoga informasi di atas dapat lebih menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button