Air terjun Ibun Pelangi, air terjun dengan pemandangan eksotik di Majalengka - WisataHits
wisatahits

Air terjun Ibun Pelangi, air terjun dengan pemandangan eksotik di Majalengka

Air terjun Ibun Pelangi, air terjun dengan pemandangan eksotik di Majalengka
Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Salah satu tempat wisata yang cukup menarik dan tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata di Bandung lainnya yaitu Curug Ibun Pelangi. Air terjun ini berada di kawasan Majalengka. Jika Anda ingin merasakan traveling seperti di Green Canyon, maka Anda harus mengunjungi tempat ini.

Air terjun ini bernuansa seperti di Green Canyon. Tempat wisata ini memang sangat indah dan menawarkan pemandangan yang mempesona. Pesona yang ditawarkan oleh air terjun ini memang jarang ditemukan bila berada di tempat wisata lain.

Di lokasi ini, Anda bisa melihat dua tebing yang mengapit sungai. Air terjun yang dihasilkan sangat jernih dan bersih serta memiliki aliran air yang deras. Mengajak keluarga, teman atau pasangan untuk berkunjung ke tempat tersebut tentu merupakan ide yang bagus. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diulas tempat wisata tersebut lebih detail.

Daya tarik air terjun Ibun Pelangi

Daya tarik wisata Curug Ibun PelangiKredit gambar: Google Maps Febry Artanto

1. Panorama pelangi yang indah

Jika Anda berencana untuk berwisata ke alam bebas, maka Curug Ibun Pelangi memang pilihan yang tepat. Disinilah anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah. Selain itu, kesejukan air yang mengalir di atas bebatuan membuat pesona tempat ini begitu kuat.

Tempat ini memang memiliki daya tarik yang luar biasa, sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan adalah keindahan pelangi di antara dua tebing. Dua tebing lava berbatasan dengan sungai arung.

Embun yang jatuh dari sungai nantinya akan menimbulkan cahaya pelangi saat disinari matahari. Pelangi akan muncul di area sekitar tebing. Inilah kenapa tempat wisata ini dikenal dengan nama Ibu Pelangi. Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi tempat tersebut, maka perlu mempersiapkan peralatan seperti kamera.

Karena fenomena ini terlihat begitu eksotik dan indah dan sangat layak untuk anda abadikan dalam sebuah foto. Tak sedikit fotografer yang datang ke tempat ini. Anda juga bisa berfoto selfie menggunakan background lampu pelangi yang begitu indah.

Sinar matahari yang muncul di area sekitar tebing semakin indah jika Anda datang pada sore dan pagi hari. Apalagi saat kemiringan matahari mencapai 60 derajat, panorama yang hadir di kawasan sekitar Curug Ibun Pelangi ini akan membuat Anda terkagum-kagum dengan keindahannya.

Sekitar jam 8-10 pagi Anda juga akan memiliki pemandangan matahari yang lebih jelas. Momen-momen yang begitu menakjubkan di tempat ini ternyata mampu membuat para fotografer berlomba-lomba untuk mengabadikannya.

2. Jangan kalah seperti Grand Canyon

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan Grand Canyon yang merupakan salah satu tempat terindah di Amerika. Air terjun ini justru menawarkan keindahan yang tak kalah menarik dari Grand Canyon.

Di Curug Ibun Pelangi inilah nantinya Anda akan menemukan tebing bebatuan yang terlihat begitu megah, pemandangan yang sangat indah dan sungai yang mengalir deras. Tempat eksotik ini memiliki air terjun dengan aliran air yang cukup deras, serta bebatuan yang mampu membuat pemandangan di sekitar kawasan terlihat begitu indah.

Oleh karena itu, wajar jika banyak wisatawan yang betah berada di tempat ini. Tebing-tebing besar di sana mengapit sungai seperti di Grand Canyon.

Anda akan melihat batu-batu besar, dan itu sangat indah. Karena itulah air terjun ini menjadi salah satu tempat terpanas dan terpopuler saat ini, khususnya di daerah Majalengka.

3. Air Terjun yang Sejuk dan Menyegarkan

Di Curug Ibun Pelangi, Anda akan bisa melihat pemandangan air terjun yang memiliki ketinggian hingga 87 meter ini. Airnya sendiri mengalir dari Muara Jaya. Sungai mengeluarkan uap, sehingga menciptakan embun. Dan saat matahari bersinar di atas embun, Anda bisa menyaksikan penampakan pelangi yang begitu indah.

Semakin deras air terjunnya, pemandangan pelangi juga akan semakin terlihat. Saat ingin mengunjungi tempat wisata ini, pilih cuaca yang cerah dan tidak berawan. Karena ketika Anda datang ke tempat ini saat mendung, Anda tidak bisa melihat pelangi.

Karena itu, Anda perlu memilih waktu saat musim kemarau. Sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan yang maksimal. Ajak keluarga, orang tersayang atau pasangan agar aktivitas liburan nanti jadi lebih seru. Di sini pun suasananya sangat alami, sehingga Anda dan orang-orang di sekitar bisa bersantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kredit gambar: Google Maps Iwan Kristiana

Lokasi Air Terjun Ibun Pelangi berada di desa Sukasari Kaler. Tepatnya berada di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, jika dimulai dari pusat kota Majalengka akan memakan waktu sekitar 30 menit. Jarak yang harus ditempuh sendiri kurang lebih 16 km.

Destinasi wisata ini tidak sulit untuk Anda kunjungi. Karena akses jalan yang bagus, Anda juga bisa membawa kendaraan sendiri, baik roda dua maupun roda empat. Selama perjalanan, Anda juga bisa melihat pemandangan yang indah.

Jika Anda masih belum bisa menemukan lokasi air terjun tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Dengan menggunakan fitur Google, perjalanan mencari tempat wisata akan lebih mudah.

Ketika Anda datang ke tempat dengan tulisan Curug Ibun Pelangi, Anda perlu memarkir kendaraan Anda. Dari tempat ini Anda harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 200 meter.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Wisata Air Terjun Ibun PelangiKredit Gambar: Google Maps Digital AR91

Sama seperti tempat wisata lainnya, bagi Anda yang ingin menikmati pesona alam kawasan tersebut, Anda harus membayar tiket masuk. Tiket masuknya sendiri sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk setiap orang.

Sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Jam buka tempat wisata ini buka pada pukul 6 pagi dan tutup pada pukul 5 sore.

Sebaiknya pilih waktu saat Anda bisa melihat pelangi muncul di area air terjun. Dan pastikan juga untuk memilih waktu saat musim kemarau. Dengan begini, tentunya liburan Anda akan semakin berkesan.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Ibun Pelangi

Aktivitas wisata di Curug Ibun PelangiKredit gambar: Google Maps Mang ib

1. Berburu Foto

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Ibun Pelangi. Karena pemandangannya begitu indah dan megah, salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah hunting foto. Banyak spot menarik yang bisa kamu temukan dan tentunya sangat instagramable.

Pastinya kalian semua sudah tidak sabar menunggu momen munculnya pelangi di antara dua tebing besar. Hanya dengan begitu Anda bisa mendapatkan gambar yang menakjubkan. Dan tentunya hasil gambar yang didapatkan sangat layak untuk anda tampilkan di jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, dll.

Perlu kamu ketahui bahwa air terjun ini memang menjadi spot favorit sebagian orang untuk melakukan aktivitas foto prewedding. Tebing-tebing yang terlihat begitu megah dan eksotis menjadikan tempat ini banyak hal yang harus dilakukan. Apa lagi ditambah dengan adanya pelangi di pinggir tebing.

2. Mainkan air

Anda juga bisa bermain air saat berada di sungai atau air terjun. Oleh karena itu, pastikan saat ingin pergi ke tempat wisata, Anda sudah menyiapkan baju ganti. Airnya sangat menyegarkan dan udara disekitarnya juga sangat sejuk. Untuk membuat Anda merasa rileks saat berada di tempat ini.

3. Santai

Setelah puas berburu foto dan bermain air di air terjun, aktivitas selanjutnya adalah bersantai. Suasana alam di sekitarnya yang masih begitu alami dipadukan dengan pemandangan alam yang begitu indah terlihat begitu memikat mata, pasti bisa membuat Anda rileks seketika. Anda bisa sejenak melupakan beban kerja harian.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Sarana Wisata Air Terjun Ibun PelangiKredit Gambar: Guru Geografi Google Maps

Meski Curug Ibun Pelangi merupakan tempat wisata yang belakangan ini mulai populer di kalangan masyarakat, namun fasilitas yang disediakan di sana sudah cukup memadai. Instalasi utamanya adalah spot foto yang sangat instagenic. Selain itu, Anda juga akan menemukan fasilitas pendukung lainnya di lokasi ini.

Fasilitas tersebut antara lain, tempat parkir mobil yang luas dan aman, toilet umum, dan warung makan. Di warung itulah nantinya Anda bisa memilih berbagai jenis menu yang begitu nikmat dan bisa membuat lidah Anda menjulur. Menyantap kuliner lezat sambil menikmati pemandangan air terjun adalah hal yang wajib Anda lakukan.

Fasilitas yang disediakan Curug membuat wisatawan betah berlama-lama. Tentunya dengan cara ini, sebagai wisatawan Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai jenis aktivitas.

Demikian ulasan lengkap tentang Air Terjun Ibun Pelangi yang wajib Anda ketahui. Air terjun ini merupakan destinasi wisata alam paling populer dan populer di wilayah Majalengka. Maka dari itu, Curug wajib Anda masukkan sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi selama liburan di Majalengka.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button