Lombok Sumbawa Fair menampilkan 400 UKM di acara WSBK 2022 - WisataHits
wisatahits

Lombok Sumbawa Fair menampilkan 400 UKM di acara WSBK 2022

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menikmati kehadiran 400 UMKM di Lombok Sumbawa Fair (LSF) yang menjadi tuan rumah perhelatan World Superbike (WSBK) pada 11-13 November 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menparekraf Sandiaga saat peresmian pameran Lombok Sumbawa, Sabtu (11/12/2022) menjelaskan, jumlah UMKM yang hadir jauh meningkat dibanding tahun lalu.

Lombok Sumbawa Fair Pamerkan 400 UKM di acara WSBK 2022Lombok Sumbawa Fair, hadirkan 400 UKM di ajang WSBK 2022, foto: Kemenparekraf

Di WSBK 2021 hanya ada 50 UMKM dan tahun ini ada 400 UMKM dan 140 tenant.

“Diperkirakan ada 5.000 hingga 10.000 lapangan kerja baru yang tercipta dan kualitasnya bagus”,

dia berkata.

UKM yang terlibat mayoritas berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan beberapa dari daerah di luar NTB seperti Sumatera Utara dan Bali.

LSF juga menyuguhkan pertunjukan musik, kuliner, fashion dan lainnya.

Ia mengatakan, dukungan kepada UMKM merupakan bentuk keselarasan pemerintah karena UMKM di Indonesia terbukti memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi mencapai 7,5% dan menyumbang US$2,5 miliar.

Sandiaga menambahkan, rencana LSF tidak hanya digelar di WSBK 2022, melainkan berlanjut di MotoGP tahun depan.

Tujuan LSF, kata Sandiaga, tidak lain untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran di NTB yang terdampak pandemi.

“Kami berharap dukungan dari Kemenparekraf ini dapat memberikan dampak yang nyata dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif kita dan UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri,”

dia berkata.

Menparekraf Sandiaga mengatakan akan ada berbagai event olahraga internasional di Lombok.

Selain WSBK, masih banyak kegiatan wisata olahraga lainnya yang diharapkan dapat menjadikan NTB sebagai provinsi yang cepat pulih ekonominya dari pandemi.

“Juga akan ada berbagai festival musik, makanan, dan fashion.

Karena World Superbike ini tidak hanya melihat kecocokan tetapi memberikan kontribusi bagi perekonomian lokal, membuka usaha dan lapangan pekerjaan sehingga angka pengangguran terus turun,”

dia berkata.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button