Taman Lentera Klaten, taman bermain dan relaksasi favorit penduduk setempat - WisataHits
wisatahits

Taman Lentera Klaten, taman bermain dan relaksasi favorit penduduk setempat

Ingin bersantai dan menikmati suasana sore hari, Lantern Park di Klaten menjadi destinasi terbaik. Menyediakan tempat bagi anak-anak untuk bermain dan menikmati liburan keluarga.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 04.00-22.00, Alamat: Jl. Dengan Lor, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Lantern Park merupakan salah satu wisata di daerah Klaten yang menjadi berita yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bisa dibilang wisata ini merupakan kawasan baru. Konstruksi awal dilakukan pada tahun 2014.

Pemerintah setempat merencanakan pembangunan taman megah ini karena kemajuan yang dicapai di bidang ekonomi, khususnya di bidang pariwisata. Padahal, banyak orasi yang dibentuk kota Klaten dalam pembentukan destinasi wisata baru.

Jika Anda hanya ingin mencari wisata yang murah, hits dan juga sangat instagramable, maka Taman Lentera Klaten bisa menjadi pilihan. Karena pada malam hari, keindahan taman ini bisa membuat siapa saja betah.

Atraksi Taman Lampion Klaten

Atraksi Taman Lentera KlatenKredit gambar: Google Maps asep dwi Kurniawan

Banyak sekali yang menjadikan Taman Lampion Klaten ini sebagai tempat berkumpulnya anak muda. Karena itu suasana yang sangat menguntungkan untuk dapat bertemu dengan teman-teman. Tentu saja taman ini memiliki daya tarik yang membuat siapapun ingin ke sana.

1. Lentera warna-warni

Jika Anda melihatnya di siang hari, tentu lampion ini tidak akan terlihat bagus. Namun, jika Anda datang ke tempat ini dari sore hingga malam hari untuk bisa menikmati keindahan lampion warna-warni ini.

Warna lampionnya juga cukup bervariasi, mulai dari merah, biru, kuning, pink dan lain sebagainya. Oleh karena itu taman ini juga sangat cocok jika dikunjungi bersama si kecil, karena ia pasti akan senang dengan warna-warni lampionnya.

2. Tempat bersantai

Keunikan taman ini sering dijadikan sebagai tempat bersantai. Biasanya para pengunjung adalah wisatawan dari luar kota yang melewati taman untuk beristirahat sejenak.

Taman ini menyediakan kursi untuk bersantai. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan di taman sambil duduk-duduk sambil makan snack.

3. Memiliki banyak tempat menarik

Memang benar Taman Lampion Klaten memiliki banyak tempat menarik untuk berfoto. Karena itulah banyak anak muda yang sangat menikmati nongkrong di tempat ini.

4. Sering menjadi ajang kompetisi

Keunikan lain yang bisa menjadi daya tarik taman ini adalah sering dijadikan sebagai ajang perlombaan. Adapun kompetisi yang berlangsung, ada juga beberapa. Tapi biasanya kontes ini adalah kontes untuk anak-anak, seperti menggambar, mewarnai, dll.

5. Suasana Gerbang Taman

Pengunjung yang telah memasuki taman akan disambut oleh sebuah pintu yang bertuliskan kata-kata lampion taman. Dimana pada malam hari tulisan akan memancarkan cahaya.

Lalu ada juga ornamen besi. Sedangkan di bagian bawahnya terdapat sungai yang memiliki berbagai macam ikan-ikan kecil. Taman ini mengusung tema keindahan kota namun tidak merusak kondisi alamnya.

Sebab, di sekitar area taman juga ditumbuhi pepohonan dan tanaman kecil. Yang membuat taman ini tetap sejuk meski di siang hari.

6. Suasana taman

Suasana yang dihadirkan taman ini memang menyenangkan, sehingga sangat cocok jika dinikmati di akhir pekan. Saat senja menjelang, tentunya pemandangan taman ini akan semakin indah. Juga, dengan lentera yang menyala, ada cahaya senja di langit.

Waktu terbaik untuk datang ke taman ini adalah pada sore hari. Selain memiliki pemandangan yang indah, Lantern Park juga memiliki udara yang segar berkat banyaknya pepohonan yang rindang. Agar sinar matahari tidak terlalu menyengat kulit.

Dan yang paling unik dari taman ini, di tengahnya terdapat sebuah kolam yang memiliki air mancur berjenjang. Di tengah kolam terdapat patung Hanuman yang cukup besar, kemudian patung ini dikelilingi oleh sekitar 12 patung monyet kecil dengan lampu berwarna-warni.

Alamat dan arah menuju lokasi Lantern Park

Tiket Taman Lampion KlatenKredit gambar: Google Maps Rayhan Arc

Siapapun yang ingin mengunjungi taman ini harus mengetahui alamat dan rutenya agar tidak tersesat. Alamatnya sendiri berada di kecamatan Klaten Utara, Jawa Tengah, bahkan rute yang bisa ditempuh juga sangat mudah.

Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda roda dua, rute yang ditempuh adalah Jalan Raya Kota Solo Jogja. Baru setelah itu Anda harus melewati lampu lalu lintas Bareng yang berjarak sekitar 300 meter.

Bila menggunakan angkutan umum seperti bus, sebaiknya berhenti di terminal Tirtonadi di Giwangan atau Solo. Kemudian Anda bisa langsung menggunakan angkutan umum atau ojek online untuk menuju ke taman tersebut. Bagi yang menggunakan fasilitas kereta api, bisa dan harus naik dari Stasiun Solo Balapan atau Stasiun Tugu Yogyakarta.

Lantern Park merupakan salah satu destinasi wisata gratis yang hampir menyerupai alun-alun kota. Dengan demikian, pengunjung yang ingin menikmati keindahan lampion di taman ini tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

Namun bagi wisatawan yang berkunjung menggunakan kendaraan seperti mobil atau sepeda roda dua harus membayar parkir yang cukup terjangkau. Yakni, untuk foto, Anda hanya membayar Rp 2.000 untuk parkir, sedangkan untuk mobil, Anda harus membayar Rp 5.000 untuk parkir.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Taman Lentera

Aktivitas di Taman Lampion KlatenKredit gambar: Google Maps Nur Fatimatuzzahra

1. Jalan santai

Aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Lantern Garden adalah dengan berjalan-jalan santai melewati area trail. Kegiatan ini sering dilakukan oleh warga sekitar pada pagi atau sore hari.

Selain bisa melihat keindahan lampu-lampu lampion yang ada di taman tersebut. Tentu saja, aktivitas ini bisa membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

2. Kegiatan joging

Jika memang Anda sedang berlibur di sekitar taman, tidak ada salahnya untuk jogging di taman ini. Karena tempat ini sangat nyaman untuk jogging bersama pasangan.

Soalnya, meski sedang traveling, ingatlah untuk selalu berolahraga. Sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga. Joging ini bisa dilakukan pada pagi atau sore hari, yang tentunya akan membuat aktivitas olahraga menjadi lebih menyenangkan.

3. Menjadi tempat piknik

Kegiatan piknik sering diadakan di taman lampion ini. Banyak keluarga menghabiskan sore hari dengan piknik bersama anggota keluarga. Tentunya kegiatan ini sangat menyenangkan karena dapat menambah keharmonisan hubungan keluarga.

Membawa makanan sendiri dari rumah pasti akan menghemat lebih banyak uang. Sekalipun yang kita makan adalah buatan sendiri, kegiatan ini tentu sangat menyenangkan dan menjadi momen tak terlupakan bersama keluarga.

Fasilitas yang tersedia di Taman Lampion Klaten

Fasilitas Taman Lampion KlatenKredit gambar: Google Maps Kristanto Agung Nugroho

1. Angkringan di area taman

Mengisi bahan bakar setelah jalan-jalan di taman pasti akan lebih menyenangkan karena bisa dinikmati bersama keluarga atau pasangan. Anda bisa menikmati jajanan di angkringan dengan pemandangan suasana lampion yang berwarna-warni.

Apalagi jajanan yang dijual di angkringan ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Bahkan sangat ramah di kantong anak muda atau mahasiswa. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak anak muda yang sering mengunjungi tempat ini.

2. Ada area bermain untuk anak-anak

Fasilitas yang tersedia di tempat ini sangat menguntungkan bagi keluarga dengan anak-anak. Karena sobat ini memiliki taman bermain anak yang tentunya harus selalu diperhatikan oleh para orang tua.

Misalnya seperti permainan jungkat-jungkit, permainan jungkat-jungkit dan masih banyak lagi. Bahkan orang tua tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk wisata mahal, karena di taman ini sudah banyak fasilitas bermain anak.

3. Tempat sampah tersedia

Tempat sampah adalah salah satu fasilitas terpenting untuk menjaga kebersihan setiap turis. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika datang ke taman lampion, karena pengelola telah menyiapkan tempat sampah di berbagai sudut. Dimana masing-masing jenis sampah juga dapat dibedakan.

4. Toilet

Toilet juga sangat diminati oleh para wisatawan, terutama pengunjung yang datang dari luar kota. Dengan adanya toilet ini, wisatawan tidak akan kesulitan jika ingin buang air kecil. Bahkan toiletnya juga cukup bersih dan sangat nyaman saat digunakan. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 2000 untuk menggunakan toilet.

Nah, itulah informasi singkat yang dapat diberikan kepada Anda tentang mengunjungi Taman Lampion Klaten. Jika Anda berkunjung ke Klaten, cobalah datang ke wisata ini dan nikmati keindahan dan suasana tamannya. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan saat datang ke tempat ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button