4 gua di Trenggalek, Goa Lawa, Ngerit, Bukit Biru dan Gua Landak - WisataHits
wisatahits

4 gua di Trenggalek, Goa Lawa, Ngerit, Bukit Biru dan Gua Landak

4 gua di Trenggalek, Goa Lawa, Ngerit, Bukit Biru dan Gua Landak

Gua Trenggalek – Halo Sobat yang Seru di mana pun Anda berada. Kali ini kita akan mengeksplorasi wisata alam di Jawa Timur. Banyak daerah di Jawa Timur yang memiliki segudang potensi luar biasa, baik potensi sumber daya alam maupun potensi wisata alam yang luar biasa indahnya.

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki daya tarik berupa wisata alam. Kabupaten Trenggalek memiliki segudang potensi wisata alam yang luar biasa. Ada banyak destinasi wisata alam di Trenggalek yang wajib kita singgahi.

Gua merupakan salah satu potensi wisata alam Trenggalek yang patut untuk dijelajahi. Ada banyak goa di Trenggalek yang memiliki keindahan yang menawan, sangat menarik untuk kita jadikan tempat liburan bersama keluarga tercinta atau rombongan pecinta alam.

Rekomendasi Goa ke Trenggalek

Kali ini Tempatwisataseru.com akan mengajak anda menjelajahi goa Trenggalek yang memiliki keindahan luar biasa. Meski beberapa di antaranya masih tersembunyi dan membutuhkan usaha ekstra untuk dijangkau, namun tetap menarik untuk dijelajahi, karena pesonanya yang memikat.

Apa nama gua itu dan di mana letaknya? Untuk lebih jelasnya silahkan simak rekomendasi goa di trenggalek yang paling menarik untuk kita jelajahi :

gua yang mengerikan

gua yang mengerikanGua Ngerit, sebuah gua dengan air terjun

Salah satu objek wisata menarik yang wajib banget kamu kunjungi adalah Gua Ngerit. Goa yang terletak di Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek ini memiliki pesona alam yang sungguh menjanjikan.

Bagaimana bisa? Di tempat ini banyak terdapat gua-gua kecil yang masih alami dan cukup menawan. Anda bahkan tidak perlu membayar untuk memasuki gua ini; karena tidak ada yang mengelolanya.

Air terjun di Gua Ngerit via visittrenggalekgoidAir terjun di Gua Ngerit via visittrenggalek.go.id

Selain terdapat gua-gua kecil, Anda juga bisa menjumpai aliran sungai yang cukup deras. Pepohonan yang mengelilinginya akan menambah suasana sejuk seperti di desa terpencil.

Nah pokoknya kawasan ini cocok banget buat kamu yang suka kejar-kejaran gambar gaes. Kami sarankan Anda juga membawa kamera tahan air, oke? Takut jadi terciprat. Ini berbahaya 🙂

Kunjungi juga: 17 Pantai Terbaik di Trenggalek

2. Gua Lowo (Kelelawar)

Gua LowoGua Lowo

Gua Lowo terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dari Kota Tulungagung perlu menempuh jarak sekitar 30 km. Sama halnya jika anda berasal dari kota Trenggalek.

Nah, lokasi Gua Lowo ini berjarak sekitar 600 meter dari Gua Kedung Biru yang menjadi tempat tinggal para pertapa. Jadi, dengan mengunjungi goa ini, Anda akan mendapatkan dua spot sekaligus.

Hebatnya, Gua Lowo dinyatakan sebagai gua terbesar di Asia Tenggara. Jadi jangan heran kalau Batman bersarang di sini. Hehehe. Ya, Gua Lowo panjangnya sekitar 800 meter, dengan sembilan aula besar dan beberapa aula kecil.

Pintu masuk goa ini terbilang unik, karena merupakan jembatan di atas sungai yang memisahkan tempat parkir dan area goa. Anda harus berjalan beberapa ratus meter sebelum melihat tangga menuju ke mulut gua ini.

Jalur pendakian di Gua LowoJalur pendakian di Gua Lowo

Begitu masuk ke tempat ini Anda akan disuguhi keindahan stalaktit Dan stalagmit yang menghiasi tubuh gua. Keindahan dikaitkan dengan iluminasi lampu berwarna yang cukup menawan. Anda juga bisa mendengar gemericik air dan suara kelelawar di sini.

Karena memang goa ini dihuni oleh ratusan bahkan ribuan kelelawar. Untuk masuk ke tempat ini anda harus membayar retribusi sebesar Rp 15.000,00/orang. Sedangkan biaya parkir sekitar Rp 2.000,00 – Rp 10.000,00 tergantung kendaraan yang Anda gunakan. JADIApa yang kamu tunggu?

Kunjungi juga: Pantai Pelang Trenggalek

3. Gua Biru

Gua Biru via Google Maps Joko Pak123Gua Biru via Google Maps Joko Pak123

Gua Trenggalek yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Gua Biru di Bukit Goa Biru di Desa Sengon, Kecamatan Bendungan. Dari pusat kota Trenggalek, desa ini hanya berjarak sekitar 15 km.

Blue Cave Hill sendiri terletak di hutan yang berkontur perbukitan karst berbatu. Dinamakan Blue Hill of Goa, selain goa juga menawarkan pemandangan langit biru dan hutan hijau dari ketinggian. Kawasan Gua Biru sendiri sangat teduh, karena terletak di kawasan pepohonan rindang dengan luas kurang lebih 2 hektar.

Gua Biru itu sendiri memiliki kedalaman sekitar 30 meter. Dari taman di luar goa, wisatawan biasanya menikmati pemandangan alam yang indah di sekitarnya pada pagi atau sore hari.

Bahkan kedepannya saat artikel ini ditulis, pihak desa berencana menambah wahana berupa taman air untuk menambah pendapatan desa.

Menurut cerita masyarakat setempat, goa ini pernah menjadi tempat perenungan para sufi, sehingga memiliki sejarah tersendiri hingga sekarang.

4. Gua Kali Temon Landak Duduk di Goa

Goa duduk gua landak kali temonGoa duduk gua landak kali temon

Terakhir, ada Gua Porcupine Kali Temon yang juga menarik untuk dijelajahi. Lokasi Gua Goa, Gua Temon Sungai Landak sendiri terletak di Jeruk, Srabah, Bendungan, Trenggalek.

Penutupan

Demikian rekomendasi goa-goa di Trenggalek yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta atau pecinta alam lainnya, semoga bisa menjadi referensi untuk mengisi liburan atau akhir pekan selanjutnya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lain agar tempat wisata alam Trenggalek semakin booming dan menjadi pilihan liburan para wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia.

Kunjungi juga: 7 air terjun di Trenggalek

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button