Taman Edukasi Sindu Kusuma - WisataHits
wisatahits

Taman Edukasi Sindu Kusuma

Taman Edukasi Sindu Kusuma

Bagi warga Jogja, menikmati liburan keluarga yang seru tidak harus jauh-jauh dari kota. Karena di jantung kota Jogja ada Taman Edukasi Sindu Kusuma yang menawarkan taman bermain yang pasti akan menyenangkan semua anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Taman bermain ini menawarkan hingga 15 wahana tambahan. Dengan konsep yang cukup menarik dan keamanan yang terjamin sepenuhnya, tempat wisata ini pasti bisa menghilangkan dahaga anda untuk berwisata keluarga.

sindu-kusuma-edupark-jogja

Sekilas tentang Sindu Kusuma Edupark Jogja

Tempat wisata yang terletak di kawasan Sleman, Jogjakarta ini dibangun pada tahun 2014.

Mengusung slogan “Kota fantasiKunjungan keluarga, Taman Edukasi Sindu Kusuma (SKE) menyediakan berbagai jenis permainan dan kendaraan edukatif.

Ya, selain wahana, taman pendidikan yang terletak di lahan seluas 7 hektar, juga menawarkan fasilitas pendidikan berupa museum Omah Batik dan Omah Musik.

Di dua wahana ini, kita belajar segala hal tentang batik dan musik dari kemunculannya hingga saat ini.

Aktivitas dan wahana di Sindu Kusuma Edupark

Banyaknya wahana yang tersedia di tempat ini menawarkan berbagai pilihan aktivitas bagi para pengunjung. Berikut beberapa wahana dan aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Sindu Kusuma Edupark Jogja :

1. Cakra Mangilingan

call-cakra-sindu-kusuma-eduparkinstagram.com/skeduparc

Cakra Manggilingan adalah wahana paling populer di Sindu Kusuma Edupark. Bahkan, wahana ini menjadi ikon Kusuma Edupark Jogja dan menjadi suguhan pertama begitu masuk ke dalamnya.

Cakra Manggilingan terletak paling depan dari kawasan wisata. Bentuknya adalah prospektus Tinggi 48 meter dengan 28 kabin penumpang.

Saat mengendarai kendaraan ini, kita bisa merasakan sensasi melayang di udara sambil menikmati pemandangan kota Jogja dan Gunung Merapi dari kejauhan.

Pada malam hari, pemandangan kota jogja dari atas kendaraan yang juga dikenal dengan sebutan tunggangan Roda besar Semakin sempurna berkat dekorasi gemerlap lampu kota.

Sebagai informasi, Cakra Manggilingan ini adalah prospektus tertinggi nomor 1 di Indonesia dan nomor 6 di Asia Tenggara.

2. Trampolin

trampolin-sindu-kusuma-edupark-jogjainstagram.com/skeduparc

Wahana trampolin di Sindu Kusuma Edupark disebut Panggon Lunjak. Seperti biasa di wahana ini kita bisa melakukan berbagai macam jungkir balik atau apapun dengan menggunakan trampolin.

Trampolin di sini juga cukup besar sehingga kita tidak perlu khawatir keluar arena karena lompatannya terlalu tinggi.

Selain itu, untuk menjamin keselamatan pengunjung, beberapa petugas pengawas juga telah disiapkan di dalam kendaraan ini.

3.Segway

segway-ske-jogjainstagram.com/skeduparc

Wahana tunggal ini masih jarang ditemui di lokasi wisata lainnya. Sama, segway Itu Sindu Kusuma Edupark pasti didatangkan langsung dari Amerika.

segway adalah alat transportasi pribadi yang hanya dapat digunakan oleh satu orang. Bentuknya unik dan membutuhkan keseimbangan untuk mengendarainya.

Namun jangan khawatir, pengunjung yang ingin mencoba wahana ini terlebih dahulu mendapatkan pelatihan dari pengelola wisata hingga benar-benar bisa mengendarainya secara mandiri.

4. Kursi terbang

Wahana ini akan diakhiri dengan lingkaran di atas ketinggian sekitar 4 meter. Sambil menikmati perasaan melayang di udara, kita juga bisa menikmati keramaian di sekitar lokasi Sindu Kusuma Edupark.

Namun pengunjung yang diperbolehkan menaiki wahana ini adalah pengunjung yang memiliki tinggi badan minimal 120 sentimeter.

Baca juga: Jogja Ice Cream World Photography Tour

5. Sepeda Terbang

Kendaraan ini juga diberi nama dengan nama Mabur Bike. Kendaraan ini hadir dalam bentuk kursi bundar dengan dua ayunan.

Sebuah kabin dapat menampung 2 pengunjung yang akan mengayuh bersama untuk memindahkan wahana di sekitar lintasan 100 meter.

Sama dengan Terbang Chuair, wahana ini hanya bisa dinaiki oleh pengunjung yang tingginya minimal 100 sentimeter.

Baca juga: Kebun Binatang Gembira Loka

6. Bioskop 8D

Selain bioskop 4D, ada juga bioskop 8D. Nah kelebihan wahana hiburan ini dibandingkan dengan bioskop 4D, adalah properti dan perlengkapan untuk penonton yang lebih lengkap sehingga membuat perasaan menonton pertunjukan menjadi lebih nyata.

7. Rumah Hantu

Wahana yang tak kalah menarik terutama bagi yang bernyali besar adalah wahana rumah hantu atau Rumah bumiDi mana.

Di wahana ini, pengunjung akan dibawa ke sebuah ruangan gelap dan menakutkan yang dihiasi dengan berbagai properti horor.

Bagi yang tidak jago dengan hal-hal seram, sebaiknya tidak mencoba wahana Rumah Hantu ini.

8. Oma Batik

Omah-batik-ske-jogjainstagram.com/samafnan

Ini adalah salah satu wahana edukasi yang ditawarkan oleh Sindu Kusuma Edupark Jogja (SKE). Bagi yang menyukai batik, mereka bisa belajar lebih banyak tentang batik di wahana ini.

Segala sesuatu tentang batik bisa dipelajari di fasilitas Batik Omah, dari para pria di awal keberadaannya.

9. Musik Omah

Selain Omah Batik, Kusuma Edupark juga menawarkan wahana Omah Musik bagi para penggemar musik yang ingin mempelajari musik lebih dalam.

Di wahana mirip museum ini, pengunjung bisa melihat berbagai hal yang berhubungan dengan musik, seperti buku lirik lagu, kaset, pemutar musik klasik, mendengarkan lagu lama atau musik Indonesia.

Selain wahana dan aktivitas diatas, di Sindu Kusuma Edupark masih banyak wahana dan aktivitas lain yang bisa kita nikmati.

Ada juga beberapa wahana yang tidak kalah menarik, seperti Mobil Kuno, Fat Cleret, Dino-Pbahtera, Lintasan Kecil, Korsel, Lintasan Kluthuk, dan Bumper Car.

Baca juga: Ulasan tentang Jogja Bay Waterpark

Taman Malam Edupark Sindu Kusuma

lamp-park-sindu-kusuma-eduparkinstagram.com/skeduparc

Tidak hanya menarik jika dikunjungi pada siang hari, namun tempat wisata ini juga sangat menawan jika dikunjungi pada malam hari.

Khusus bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan lampu warna-warni, mengunjungi Sindu Kusuma Edupark pada malam hari adalah pemberhentian yang tepat.

Pada malam hari, semua kawasan wisata ini sangat indah dengan lampu-lampu wahana.

Wahana yang tampak biasa saja di siang hari, di malam hari ternyata sangat menakjubkan. SKE Park di malam hari benar-benar satu tempat wisata romantis di jogja.

Lokasi Sindu Kusuma Edupark

Alamat lengkap objek wisata Sindu Kusuma Edupark (SKE) ada di Jalan Magelang KM. 2 Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

alamat-sindu-kusuma-eduparkinstagram.com/skeduparc

Lokasi berada di pusat kota sehingga akses akan sangat mudah.

Salah satu jalur yang dapat ditempuh pengunjung untuk mencapai tempat wisata ini adalah melalui arah utara atau melalui Jalan Kaliurang.

Melalui rute ini, silakan arahkan ke Jalan Magelang melalui Jalan Lingkar Utara. Nah setelah sampai di perempatan Jambor, belok kiri dan ikuti saja rambu SKE.

Oh ya, selain tempat wisata ini, pengunjung yang berasal dari luar kota juga bisa mengunjungi tempat wisata di Jogja lainnya.

Tempat wisata yang cukup terkenal dan dekat dengan lokasi SKE antara lain Tugu Kembali Jogja, Taman Lentera, Taman Pelangi Jogja dan Taman Pintar Jogja.

Baca juga: Istana Air Taman Sari Jogja

Jam Buka Sindu Kusuma Edupark Jogja

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini setiap hari kecuali hari Selasa. Jam bukanya mulai pukul 08:00 hingga 23:00 WIB.

Waktu kunjungan Jam operasional
Setiap hari (kecuali Selasa) 08.00 – 23.00 WIB

Harga Tiket Masuk Edupark Sindu Kusuma

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp 20.000.

Waktu kunjungan Harga tiket
Setiap hari Rp20.000

Harga Tiket Masuk Edupark Sindu Kusuma relatif murah karena sudah termasuk akses ke dua wahana pendidikan, yaitu Omah Batik dan Omah Musik.

Selain itu, dengan harga tiket masuk juga bisa menikmati kesegaran air di wahana Taman air miliknya.

Namun, jika Anda ingin mencoba wahana lain, Anda harus membayar biaya tambahan untuk membeli tiket wahana tersebut.

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini adalah tabel harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark Jogja Rides dan Tiket yang kami kenakan dari rekening kami. Instagram Pejabat mereka (IG):

Baca juga: Berburu Foto Kalibiru Jogja

tiket masuk-sindu-kusuma-eduparkinstagram.com/skeduparc

Fasilitas Umum Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas umum tempat wisata ini juga cukup memadai. Sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas, toilet, mushola, kopidan minuman selamat datang.

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Yogyakarta

Masyarakat Jogja memang sangat beruntung dengan dibangunnya banyak objek wisata menarik di kota ini.

Dengan begitu, waktu liburan yang cukup singkat pun bisa dimanfaatkan secara maksimal hanya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata kota seperti Sindu Kusuma Edupark Jogja ini.

Informasi di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan validitas data. Oleh karena itu, jika ada kesalahan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan memberi tahu kami.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button