Pantai Nambung, pantai unik dengan kombinasi air terjun eksotis di Lombok tengah - WisataHits
wisatahits

Pantai Nambung, pantai unik dengan kombinasi air terjun eksotis di Lombok tengah

Harga tiket: Rp10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Montong Ajan, Kec. Praya Barat Daya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Periksa lokasi

Pulau Lombok telah lama dikenal memiliki sejuta pesona yang akan memikat mata para wisatawan. Pemandangan yang Anda dapatkan dari wisata bahari di Lombok memang tiada duanya. Salah satu pantai yang eksotis dan sangat direkomendasikan untuk Anda ketika ingin berwisata adalah Pantai Nambung di Lombok Barat.

Pantai yang saat ini sedang ramai diperbincangkan menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga wisatawan mancanegara. Berikut ini akan kita bahas lebih detail apa saja objek wisata yang ditawarkan pantai ini, baik fasilitas, rute, dll.

Daya tarik Pantai Nambung

Pantai NambungKredit gambar: Google Maps Loetfi Ono

1. Air terjun di laut

Daya tarik utama Pantai Nambung adalah adanya air terjun di tengah laut, bagi anda yang baru pertama kali mendengar hal ini tentu akan terkejut dan takjub dengan air terjun ini. Air terjun di laut tentu berbeda dengan air terjun di daratan.

Air terjun di pantai ini terbentuk karena pecahnya ombak, sehingga menghasilkan gelombang air yang sangat kuat dan menghantam bebatuan di atasnya. Ombaknya sangat tinggi bahkan bisa menembus bebatuan besar.

Oleh karena itu, air terjun ini terbentuk akibat ombak yang menerobos sisi-sisi batu besar. Pesona yang ditawarkannya sungguh luar biasa. Anda akan merasa seperti berada di air terjun pada umumnya.

2. Memiliki pasir yang sangat unik

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Lombok dan berwisata ke pantai, tentu tahu tekstur pasir pantai Lombok yang unik dibandingkan dengan pantai lainnya. Sama dengan pantai berpasir indah di Lombok ini.

Anda akan dapat melihat sejumlah besar pasir di sana seperti merica. Namun meski begitu, Anda tidak perlu khawatir, karena tidak ada salahnya Anda bermain pasir di Pantai Nambung. Jadi masih cukup aman ketika anak Anda ingin bermain di sekitar pantai yang berpasir kasar.

3. Budidaya ganggang

Tempat wisata tepi laut ini juga dikenal sebagai salah satu tempat yang digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut. Ada banyak budaya rumput laut di pantai.

Apalagi kondisinya juga cukup terawat. Jadi Anda tidak perlu khawatir pantai terlihat jelek atau kotor karena rumput laut di atasnya. Bahkan nanti, Anda bisa melihat keindahan rumput laut yang naik ke permukaan air.

4. Ada zona selancar

Daya tarik yang dimiliki Pantai NambungKredit Gambar: Google Maps sangat manis

Daya tarik lainnya adalah di sekitar pantai ini Anda bisa menemukan area untuk berselancar. Pantai Nambung merupakan salah satu pantai yang memiliki wilayah yang cukup luas.

Beberapa daerah memiliki ombak yang sangat besar, namun beberapa ombak cukup tenang. Untuk ombak besar tersebut, biasanya wisatawan akan menggunakannya untuk berselancar.

5. Pemandangan ombak yang menakjubkan

Seperti disebutkan di atas, ombak di pantai terkadang sangat besar. Beberapa bagian pantai memiliki angin yang cukup kuat untuk menggulung ombak dan menghantam karang. Melihat tontonan ini, tentunya akan membuat Anda merasa takjub dengan deburan ombak di pantai yang mengesankan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai NambungKredit Gambar: Google Maps rustam rijal

Lokasi Pantai Nambung berada di Jalan Raya Sekotong, Buwun Emas, Nusa Tenggara Barat. Jika Anda berada di kota Mataram, maka waktu untuk sampai ke desa Buwun Emas sekitar 2 jam.

Dengan menggunakan jalan ini nantinya anda juga bisa melihat panorama yang begitu menakjubkan, karena di jalan ini anda akan melewati banyak tempat wisata lainnya seperti Gili Nanggu, Gili Layar, Gili Sekotong, dll. Jika nanti Anda menemukan pertigaan, maka Anda perlu mengarahkan kendaraan menuju Gili Nanggu.

Selain itu, disini anda bisa sampai ke teluk sapi yang jaraknya sekitar 21 km dengan jalan berupa aspal. Untuk memasuki kawasan pantai terdalam, Anda harus menempuh jalan yang belum diaspal sepanjang sekitar 300-500 meter.

Perjalanan menuju pantai ini memang cukup panjang dan terkadang jalannya cukup merepotkan. Namun, semua kerja keras Anda akan mulai terbayar ketika Anda sampai di Pantai Nambung yang memiliki pesona alam yang luar biasa.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Pantai NambungKredit gambar: Twitter Minul

Harga tiket masuk kawasan wisata Pantai Nambung ini memang cukup terjangkau. Nanti kamu hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk 1 orang. Dengan uang sebanyak itu, Anda bisa menjelajahi keindahan alam pantai.

Untuk jam buka, pantai ini buka pada pukul 8 pagi dan tutup pada pukul 4 sore. Untuk harga tiketnya sendiri dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola pantai.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Nambung

Aktivitas di Pantai NambungKredit gambar: Google Maps Syilvia Anggraini

1. Berenang

Banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika sampai di pantai. Salah satunya adalah berenang. Sebagaimana layaknya air terjun yang banyak dijumpai di daratan, di bawah air terjun pantai ini juga terdapat kolam. Anda bisa berenang di kolam renang atau sekedar bermain air. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati.

2. Berburu Foto

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah seru adalah hunting foto. Pantai Nambung memiliki pasir putih yang begitu indah dan unik. Ada juga ombak besar yang menghantam bebatuan. Dengan pemandangan ini, tentu saja Anda dapat mengambil gambar yang bagus.

Selain itu, pantai cantik di Lombok Barat ini juga dikelilingi bukit dan tebing yang berdiri kokoh. Menjadikan pemandangan ini sebagai backdrop foto tentunya merupakan ide yang sangat pas.

3. Bersantai di tepi pantai

Anda juga bisa datang dan bersantai. Pemandangan yang disuguhkan Pantai Nambung terbentuk dari perbukitan di sekitarnya, air laut yang jernih, pasir putih, rumput laut tepi pantai, air terjun asin dan kolam alami.

Anda bisa jalan-jalan santai saja untuk menikmati pemandangan yang begitu indah. Apalagi jika Anda datang saat matahari mulai terbenam. Tentu dekorasi yang disajikan akan jauh lebih indah.

4. Berselancar dan menyelam

Aktivitas di Pantai NambungKredit Gambar: Instagram “ED D.ED”

Saat anda ke pantai tentunya yang ingin anda rasakan adalah merasakan serunya wisata air di tempat ini. Anda bisa menyelam atau berselancar. Bagi Anda yang tidak tahu cara berselancar, kegiatan menyelam sederhana ini sangat memuaskan. Hal ini dikarenakan pantai tersebut memiliki pemandangan bawah laut yang begitu indah.

Anda dapat dengan bebas melihat berbagai spesies ikan berwarna-warni yang hidup di bawah permukaan laut.Bagi Anda yang memang jago berselancar, menjajal ombak besar di Pantai Nambung adalah suatu keharusan.

5. Nikmati memasak makanan laut

Ada banyak warung sederhana yang berjualan di sekitar pantai. Warung-warung tersebut menjual makanan laut terutama berupa ikan segar dengan bumbu tradisional. Bagi anda yang sangat suka menyantap hidangan seafood, maka di pantai ini anda bisa mencicipi berbagai macam masakan khas.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit Gambar: Instagram Amber Lombok Beach Resort

1. Masuk

Hostel ini sangat dekat dengan lokasi pantai Nambung. Jarak dari vila ke pantai hanya sekitar 1,2 km. Fasilitas yang dimiliki hostel ini juga cukup lengkap.

2. Resor Pantai Amber Lombok

Hostel berikutnya berjarak sekitar 1,9 km dari pantai. Fasilitas yang disediakan resort ini sangat memadai. Anda akan mendapatkan keuntungan dari fasilitas seperti kolam renang, wi-fi gratis, parkir yang luas dan masih banyak lagi.

3. Villa K Lombok

Untuk rekomendasi penginapan terdekat berikut ini yaitu Villa K Nambung. Jaraknya hanya 1,5 km dari lokasi wisata pantai. Ada fasilitas seperti kolam renang yang bisa Anda nikmati di hostel ini.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai NambungKredit gambar: Google Maps Hamzan Wadi

Fasilitas yang tersedia di Pantai Nambung memang tidak terlalu lengkap. Namun meski begitu, pemandangan pantainya akan membuat Anda betah saat berada di sana.

Fasilitas yang disediakan seperti area parkir. Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, tempat ini juga menawarkan warung makan. Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat berada di sana.

Selain itu, ada juga fasilitas bagi Anda yang sangat senang menyelam. Ada juga bahan yang disediakan untuk melakukan kegiatan ini. Sehingga nantinya Anda bisa langsung menyewanya.

Demikian ulasan lengkap tentang Pantai Nambung di Lombok Barat. Bagi Anda yang berkunjung ke Lombok, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi pantai ini. Karena dijamin nantinya kamu tidak akan menyesal sesampainya di sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button