Benteng Kuto Besak, benteng peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam - WisataHits
wisatahits

Benteng Kuto Besak, benteng peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam

Benteng Kuto Besak adalah salah satu dari obyek bulat cerita yang dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I. Gedung peninggalan sejarah Kesultanan Palembang memiliki fungsi transisi sebagai fungsi waktu.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-21.00 WIB, Alamat: Jl Sultan Mahmud Badarudin, 19 tahun Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Kasus: Cek lokasi

Benteng Kuto Besak adalah sebuah bangunan yang dibangun oleh para pejuang Indonesia. Bangunan ini dibangun pada masa Kesultanan Palembang Darussalam. Bangunan ini memiliki fungsi sebagai simbol kekuatan Palembang Darussalam pada masa itu. Pembangunannya dilakukan pada tahun 1780 dengan nama awal Keraton Kuto Besak.

Lokasinya juga strategis karena berbentuk seperti pulau. Bangunan ini juga dibatasi oleh berbagai sungai di berbagai sisi. Seperti Sungai Tengkuruk di sisi timur, Sungai Kapuran di sisi utara, Sungai Sekanank di sisi barat, dan Sungai Musi di sisi selatan.

Kuto Besak sangat menarik karena nilai sejarahnya yang besar. Hal ini membuat banyak dikunjungi wisatawan. Selain itu, fungsi bangunan juga berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Selain sebagai tempat wisata, benteng sejarah Kuto Besak merupakan kantor kesehatan wilayah militer Sriwijaya II di Palembang.

Objek wisata benteng kuto besak

Objek wisata benteng kuto besakKredit gambar: Google Maps Adhika Atyanta

1. Kaya akan nilai sejarah

Nilai sejarah menjadi daya tarik tersendiri. Seperti diketahui, Kuto Besak sudah lama dibangun sejak tahun 1780. Apalagi dibangun oleh para pejuang Indonesia, bukan penjajah seperti bangunan Banteng lainnya. Ini tentu saja menarik para sarjana dan wisatawan yang tertarik dengan isu-isu terkait sejarah.

2. Warisan sejarah yang berharga

Bangunan benteng yang unik ini memiliki berbagai peninggalan sejarah yang sangat berharga. Peninggalan ini datang dalam bentuk meriam besi dan kuningan. Ada juga gerbang utama di tenggara dan tiga gerbang lainnya di barat laut dan timur laut. Berbagai hal tersebut menjadi peninggalan sejarah yang bernilai sekaligus menarik untuk disimak dan digali.

3. Pemandangan yang indah

Selain nilai sejarah dan peninggalannya yang sangat tinggi, bentang alam Benteng Kuto Besak juga sangat tinggi. Tempat ini berada di sebelah Sungai Musi. Datang ke sini, wisatawan akan langsung menikmati keindahan Sungai Musi. Berbagai perahu tradisional yang beredar di sana akan menambah keunikan dan eksotisme Sungai Musi dilihat dari Kuto Besak.

Benteng ini akan semakin indah jika dikunjungi pada malam hari. Hal ini dikarenakan banyaknya kerlap-kerlip lampu yang menghiasi area sekitar bangunan. Karena lokasi benteng ini dekat dengan ikon kota Palembang yaitu Jembatan Ampera, keindahan jembatan juga bisa terlihat dari sini. Maka dari itu, berbagai keindahan pemandangan juga menjadi salah satu daya tarik utama benteng bersejarah ini.

4. Fasilitas lengkap di area sekitar benteng

Fasilitas di sekitar kawasan benteng juga cukup banyak. Ada Alun-Alun Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, berbagai bangku untuk diduduki, serta persewaan perahu untuk menikmati panorama wisata ini dari Sungai Musi. Fasilitas seperti inilah yang membuat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Selain fasilitas yang disebutkan sebelumnya, ada juga fasilitas lain di sekitar Kuto Besak. Ada panggung utama dan Monumen Perjuangan Rakyat yang menambah daya tariknya.

Berbagai hal tersebut dilakukan oleh pengelola benteng Kuto Besak yang dalam hal ini adalah Pemerintah Kota Balembang. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan selama berkunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Benteng Kuto Besak

Alamat Benteng Kuto BesakKredit Gambar: Google Maps Danang Tri Hartanto

Benteng unik ini terletak di Jalan Sultan Mahmud Badadaruddin di kawasan 19 Ilir Bukit Kecil. Kawasan ini terletak di kota Palembang, Sumatera Selatan. Lokasinya sangat strategis karena sisi-sisinya diapit oleh berbagai sungai. Salah satunya adalah Sungai Musi yang terletak di selatan. Hal ini memberikan kesan bahwa Benteng Kuto Besak berada di tengah pulau.

Untuk mengunjungi Kuto Besak, wisatawan dapat menggunakan transportasi bus dan kereta api. Jika menggunakan bus, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit dari jalur Ampera, Karya Jaya dan Plaju.

Selain kereta api, perjalanan menuju objek wisata ini memakan waktu antara 50 hingga 80 menit jika dilakukan dari berbagai stasiun di kota Palembang. Itu tergantung pada jarak antara stasiun dan gedung.

Harga Tiket Masuk Benteng Kuto Besak

Tiket Benteng Kuto BesakKredit gambar: Google Maps oleh faradilla

Harga tiket masuk ke Kuto Besak sangat terjangkau. Cukup dengan 5.000 rupee per orang, pengunjung sudah bisa menjelajahi benteng bersejarah ini. Harga tiket yang terjangkau ini menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Sebagian besar wisatawan tersebut adalah warga Palembang dan sekitarnya.

Meski harga tiket masuknya sangat terjangkau, siapkan uang lebih jika ingin ke sana. Ini berguna untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan yang membutuhkan uang. Kebutuhan tersebut antara lain membeli makanan, menyewa perahu, transportasi, dan berbagai hal lainnya. Oleh karena itu, akan sangat baik jika Anda merencanakan keuangan Anda dan kegiatan yang akan dilakukan sebelum Anda pergi ke sana.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Benteng Kuto Besak

Aktivitas di Benteng Kuto BesakKredit gambar: Google Maps Niken R Ardita

1. Jalan-jalan

Berjalan di sekitar kawasan Benteng Kuto Besak adalah hal pertama yang harus dilakukan di sana. Hal ini sangat menarik karena letaknya yang sangat strategis. Sisi berbeda dari bangunan bersejarah ini diapit oleh sungai, sehingga tampak membentuk sebuah pulau. Sambil berjalan-jalan di sini, kemegahan benteng dan keindahan Sungai Musi di sekitarnya bisa dinikmati secara bersamaan.

Jalan-jalan di tempat ini akan lebih menarik jika dilakukan pada malam hari. Hal ini dikarenakan di sekitar benteng terdapat banyak kerlap-kerlip lampu yang menambah keindahan suasana. Selain itu, lampu Jembatan Ampera yang megah dan indah juga dapat dinikmati dari sini karena kedua lokasi tersebut berdekatan dan tidak terlalu berjauhan.

2. Pelajari sejarah yang ada

Benteng Kuto Besak merupakan bangunan peninggalan sejarah. Sehingga sangat cocok bagi wisatawan untuk mempelajari cerita-cerita di dalamnya. Bangunan utama dan tembok besar bangunan ini merupakan rancangan Kerajaan Palembang Darussalam. Hal ini terlihat jelas pada pola bangunan dan ukiran pada permukaannya.

Di banteng ini juga terdapat gapura utama yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Ini pasti akan menarik perhatian karena gaya bangunan lokal dicampur dengan gaya bangunan eksterior. Apalagi kedua hal ini akan semakin menarik bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarahnya.

3. Sewa perahu

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa perahu yang melintasi Sungai Musi. Dengan menyewa perahu, wisatawan bisa menikmati kemegahan Kuto Besak sambil mengelilingi sungai. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan sensasi tersendiri sehingga menarik untuk dilakukan. Harga sewa perahunya sendiri cukup terjangkau, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk sekali jalan.

4. Mencari spot untuk foto grup dan selfie

Benteng Kuto Besak juga merupakan tempat yang bagus untuk berfoto bersama teman atau keluarga. Berburu foto di tempat ini sangat menyenangkan karena latar belakang foto adalah kawasan bersejarah. Berbagai foto menarik bisa dihasilkan pada siang atau malam hari.

Selain itu, Sungai Musi yang berdampingan dengan tempat ini membuat background foto semakin menarik. Selain berfoto bersama, bangunan bersejarah ini juga sangat cocok dijadikan sebagai spot selfie. Hal ini juga karena latar belakang kawasan bersejarah yang dijadikan sebagai spot selfie akan membuat foto menjadi lebih menarik.

Wisatawan bisa memilih spot selfie dengan bebas sehingga foto yang dihasilkan bagus dan menarik. Foto selfie yang menarik akan sangat tepat jika dibagikan langsung di jejaring sosial pribadi.

Fasilitas yang tersedia di Benteng Kuto Besak

Pemasangan Benteng Kuto BesakKredit Gambar: Tim Google Maps FarisBRZ

Bisa dikatakan fasilitas yang tersedia di Benteng Kuto Besak cukup lengkap. Ini juga karena lokasinya yang strategis. Selain itu, Pemkot Palembang juga sedang mengembangkan fasilitas di sekitar benteng ini agar wisatawan semakin nyaman saat mengunjunginya. Salah satunya adalah keberadaan toilet dan tempat parkir untuk memudahkan wisatawan.

Fasilitas kuliner di sekitar bangunan bersejarah ini juga tersedia secara keseluruhan. Di sekitar Kuto Besak, ada berbagai penjual makanan khas Palembang yang bisa dinikmati. Selain itu, wisatawan juga bisa merasakan sensasi berbeda dengan menikmati kuliner mengapung di atas kapal. Ada juga dermaga yang menjual berbagai makanan franchise.

Selain fasilitas di atas, wisatawan juga dapat dengan mudah menemukan oleh-oleh. Oleh-oleh khas tempat ini bisa ditemukan di Plaza Benteng Kuto Besak. Anda juga bisa mencarinya di Pasar Terapung Sungai Musi di sebelah selatan benteng ini. Tersedia juga berbagai akomodasi yang mudah diakses dari sini dengan harga terjangkau. Berbagai hal di atas membuat wisatawan semakin nyaman saat berkunjung ke sini.

Hal-hal inilah yang membuat Benteng Kuto Besak layak menjadi destinasi wisata jika Anda berkunjung ke kota Palembang. Selain nilai sejarahnya yang besar, keindahan tempat ini menjadi daya tarik tersendiri. Fasilitas yang lengkap pasti akan membuat wisatawan semakin betah saat mengunjungi benteng ini. Jadi, kunjungi benteng Kuto Besak jika Anda kebetulan berkunjung ke Palembang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button