Tak jauh dari Candi Borobudur, destinasi wisata ini layak untuk dikunjungi - WisataHits
Jawa Tengah

Tak jauh dari Candi Borobudur, destinasi wisata ini layak untuk dikunjungi

Tak jauh dari Candi Borobudur, destinasi wisata ini layak untuk dikunjungi

tanpa judul

Krjogja.com – MAGELANG – Candi Borobudur merupakan destinasi wisata di Magelang, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini sangat populer karena merupakan salah satu keajaiban dunia sekaligus candi Budha terbesar di dunia.

Usai berkeliling Candi Borobudur, Anda juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata yang berada tak jauh dari candi. Berikut tujuh rekomendasi destinasi wisata di dekat Candi Borobudur:

1. Candi Mendut

Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berjarak sekitar 3-4 kilometer dari Candi Borobudur.

Mengutip dari candi.perpusnas.go.id, Candi Mendut berbentuk persegi panjang. Tinggi total bangunan mencapai 26,40 meter.

Tubuh candi ini berdiri di atas batur setinggi sekitar 2 meter. Terdapat lorong yang cukup lebar pada rak ruang yang dilengkapi dengan langkan.

Sedangkan dinding dasar candi dihiasi 31 panil yang memuat berbagai relief cerita, ukiran bunga, dan tanaman rambat yang indah. Tak jauh dari kompleks candi Mendut terdapat sebuah bangunan vihara Buddha dengan kolam dan bunga teratai yang indah yang dibuka untuk umum.

2. Pura Umbul

Candi Umbul terletak di Jalan Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berjarak sekitar 9,6 kilometer dari Candi Borobudur.

Pura Umbul merupakan tempat pemandian air panas peninggalan kerajaan Dinasti Syailendra. Ada dua kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran berbeda.

Selain itu, sebagian besar dinding tambak terbuat dari batu andesit. Sumber air hangat di pemandian berasal dari dasar baskom atau “mumbul” (umbul) dalam bahasa Jawa.

3. Bukit Rhema Gereja Ayam

Gereja Ayam Bukit Rhema terletak di Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Nama Gereja Ayam diberikan karena atap bangunan tua di titik ini berbentuk seperti ayam raksasa.

Selain arsitekturnya yang unik, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Bahkan, Anda bisa melihat kemegahan Candi Borobudur dari Bukit Rhema. Pura ini mulai populer setelah menjadi salah satu lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button