Taman Solo Pracima Mangkunegaran Dibuka 21 Januari, Intip Deretan Fasilitasnya - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Taman Solo Pracima Mangkunegaran Dibuka 21 Januari, Intip Deretan Fasilitasnya – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan revitalisasi Taman Pracima – Tuin Lowres di Kompleks Candi Mangkunegaran dan kawasan itu dijadwalkan dibuka pada Januari 2023. (Spesial)

Solopos.com, SOLO — Taman Pracima atau Pracima Tuin di kompleks Pura Mangkunegaran Solo akan dibuka untuk umum pada 21 Januari 2023. Taman Pracima menjadi destinasi wisata baru yang menawarkan sensasi seni, budaya, dan kuliner.

Hal itu disampaikan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X saat jumpa pers di Pura Pendapa Ageng Mangkunegaran, Solo pada Senin (19/12/2022). Menurut Mangkunagoro X, Taman Pracima akan dibuka untuk umum mulai pertengahan Januari 2023.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

“Nantinya, soft opening Pracima Park akan dilakukan pada 21 Januari 2023. Dari sini perlahan-lahan dibuka untuk umum. Saya berharap para pengunjung mendapatkan pengalaman yang positif dan menyenangkan,” ujarnya.

Selain pemandangan Taman Pracima, restoran yang menawarkan berbagai menu kuliner khas Mangkunegaran Solo, beberapa fasilitas menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung bisa mencicipi kuliner khas Mangkunegaran untuk sarapan pagi.

Atau bisa juga makan malam kerajaan di kompleks candi Mangkunegaran. Jamuan Keraton Jawa merupakan salah satu paket wisata yang menarik bagi pengunjung.

Baca Juga: Unggah Foto Taman Pracima Mangkunegaran Solo, Gibran Sebut Segera Dibuka

Beragam Menu Kuliner Khas Mangkunegaran seperti Apam, Kolak dan Ketan Mangkunegaran, Cheese Stick Dapur Istana, Urap Pitik Gulung Tangan hingga Jangkep Hangat. “Ada restoran yang buka sepanjang hari setiap hari. Orang bisa berkunjung setiap hari,” katanya.

“Masyarakat dapat menikmati kegiatan seni dan budaya di Taman Pracima sambil mengenalkan ragam kuliner khas Mangkunegaran Solo. Kami ingin menyatukan ruang budaya dengan masyarakat. Salah satunya kuliner,” jelas Mangkunagoro X.

Baru saja selesai

Ada tiga bangunan dan beberapa bangunan di kawasan taman yaitu Pracimasana, Pracimaloka dan Pracimawisik. Terletak di sisi barat, Pracimaloka mengolah hasil bumi seperti teh dan kopi. Pracimawisik, di sudut timur taman, didedikasikan untuk pengembangan seni dan budaya.

Baca Juga: Eksotis Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo di Malam Hari, Dibuka Januari 2023

Sedangkan Pracimasana merupakan bangunan utama taman yang terletak di tengah taman. Fungsinya sebagai tempat kuliner atau tempat makan dan minum. “Sekarang hanya detail terakhir yang tersisa. Mungkin awal Januari selesai dan siap soft start,” kata Mangkunagoro X.

Terkait keterbukaan Mangkunegaran kepada publik, khususnya permintaan hajatan yang sebelumnya menjadi tempat pernikahan Kaesang-Erina, Mangkunagoro X menanggapinya dengan diplomatis.

Menurutnya, sebagai pusat kebudayaan Jawa, Mangkunegaran harus dipupuk dan dilestarikan oleh elemen masyarakat. Bagian dari masyarakat bertanggung jawab untuk ini.

Baca Juga: Potret Indahnya Taman Pracima Pura Mangkunegaran Jadi Wisata Baru di Solo

“Mangkunegaran adalah wadah bagi setiap seniman dan budayawan. Bagaimana memupuk dan melestarikan budaya, yang merupakan tanggung jawab bersama. Bagaimana mempertahankan eksklusivitas tetapi juga mendorong inklusivitas bagi masyarakat luas,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button