Menparekraf meminta masyarakat untuk tidak saling menyalahkan atas tragedi Kanjuruhan - WisataHits
Jawa Timur

Menparekraf meminta masyarakat untuk tidak saling menyalahkan atas tragedi Kanjuruhan

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengimbau masyarakat untuk tidak saling menyalahkan siapa yang bertanggung jawab atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

“Kekhawatiran ini harus mendorong kita untuk melakukan koreksi. Jangan saling menyalahkan, tapi kita lakukan investigasi menyeluruh, kita perbaiki, dan kita koreksi. Tentu kalau ada kesalahan harus ada yang bertanggung jawab,” ujarnya dalam The Weekly Brief bersama Sandi Uno yang dipantau secara virtual di Jakarta, Senin.

Atas nama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, ia menyampaikan keprihatinan dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada para korban dan keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Ia juga berharap para korban yang masih dirawat segera pulih.

“Kami berharap kejadian ini bisa diusut tuntas agar tidak terulang di event-event olahraga di tanah air,” kata Sandiaga.

Seperti diketahui, kata Menparekraf, salah satu jenis wisata yang dikembangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah wisata olahraga. Perkembangan sport tourism dikatakan meningkat dari segi pelayanan dan peluang untuk menghadirkan event olahraga yang dikemas sebagai atraksi, hiburan dan potensi wisata.

Pada tahun 2023, Indonesia akan dinyatakan sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-23 FIFA. Menyikapi hal tersebut, semua pihak yang terlibat harus memastikan Indonesia menjadi tuan rumah yang baik.

“Kami berharap ini (tragedi Kanjuruhan) tidak menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak menyelenggarakan event dengan baik, karena ini hanya satu dari ribuan event olahraga yang kami selenggarakan. Ini juga harus menjadi pelajaran bagi kita untuk mengelola event-event yang akan datang,” kata Sandiaga.

Dalam struktur Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif terdapat deputi khusus yang menangani event-event di tingkat nasional, internasional dan regional. Melalui wakilnya, pihaknya telah memberikan arahan dalam penyelenggaraan kegiatan berbasis CHSE (kebersihan, kesehatan, keselamatan, kelestarian lingkungan).

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menekankan prinsip keselamatan sebagai hal terpenting dalam menyelenggarakan sebuah acara.

“Bagi saya kita berharap dampaknya tidak akan berkelanjutan selama kita bisa menunjukkan kepada dunia bahwa keselamatan kita dijaga dengan baik, tetapi perintah Presiden (Joko Widodo) untuk menunda Liga 1 selama penilaian ini harus kita buat dengan baik,” kata Menparekraf.

Sandiaga memastikan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif akan berkontribusi dalam evaluasi tragedi Kanjuruhan dengan mengomunikasikan standar organisasi acara agar tidak mempengaruhi penundaan berbagai acara kelas dunia. Salah satu isu yang dipertaruhkan adalah peran pemerintah dalam mempersiapkan Piala Dunia U-23 FIFA.

Berita ini juga disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Tragedi Kanjuruhan, Password : Jangan Saling Menyalahkan

Source: makassar.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button