Tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah, wisata candi juga tersedia di Karawang - WisataHits
Jawa Tengah

Tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah, wisata candi juga tersedia di Karawang

Jakarta, CNN Indonesia

Jawa Tengah merupakan daerah yang identik dengan wisata budaya sejarah seperti candi. Ada wisata di Jawa Tengah Candi candi-candi terkenal seperti Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon sedangkan Candi Prambanan terletak di Yogyakarta.

Namun, bagi Anda yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, berkunjung ke pura tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah. Di Kabupaten Karawang, Jawa Barat juga ada yang dikenal dengan wisata candi Candi Batujaya.

Kompleks Candi Batujaya juga cukup besar, seluas sekitar 5 kilometer persegi. Candi Batujaya diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Tarumanegara, meskipun penelitian belum dapat membuktikan hal tersebut.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Terdapat 46 titik candi di kompleks Candi Batujaya, namun tidak semuanya dapat dipugar menjadi tempat wisata. Candi-candi yang masih bagus karena telah berhasil dipugar antara lain Candi Jiwa, Candi Blandongan, Candi Serut dan Candi Sumur.

Kuil jiwa berdiri kokoh, dengan koridor selebar 1,5 meter mengelilingi seluruh bangunan. Taman di Candi Jiwa dipercaya sebagai tempat pemujaan.





Batu Bata di Museum Candi BatujayaBata di Museum Candi Batujaya (Foto: CNN Indonesia/Agung Rahmadsyah)

Lalu ada Candi Blandongan yang memiliki bentuk menarik dengan ukuran persegi 25×25 meter persegi. Ada sebuah stupa besar di Candi Blandongan yang dilapisi semen beton yang berusia ratusan tahun.

Pemandangan unik dari Candi Batujaya adalah semua bangunan candi menghadap ke arah yang sama yaitu 50 derajat ke utara. Namun, ada candi menarik lainnya di Kompleks Candi Batujaya yang bisa Anda jelajahi sendiri di tempat.

Selain itu, proses penggalian masih terus dilakukan oleh Tim Peneliti Situs Batujaya Universitas Indonesia untuk menemukan candi lainnya. Pencarian di seluruh Candi Batujaya agak sulit karena ada area di persawahan yang perlu digali.

(www/ww)

[Gambas:Video CNN]

Source: www.cnnindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button