Taiwan Selatan diguncang gempa - WisataHits
Yogyakarta

Taiwan Selatan diguncang gempa

TEMPO.CO, jakarta – Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter melanda bagian tenggara Taiwan pada Minggu, 18 September 2022. Badan prakiraan cuaca Taiwan mengatakan gempa itu menggelincirkan sejumlah gerbong kereta dan mengeluarkan peringatan tsunami.

Menurut Badan Prakiraan Cuaca Taiwan, pusat gempa berada di Kabupaten Taitung. Wilayah tersebut sebelumnya mengalami gempa berkekuatan 6,4 skala richter pada Sabtu sore, 17 September 2022 di wilayah yang sama. Untungnya, gempa pada hari Sabtu itu tidak menimbulkan kerusakan apapun.

Menurut Survei Geologi AS, gempa di Taiwan tenggara berkekuatan 7,2 skala Richter pada kedalaman 10 kilometer. Media di Taiwan melaporkan bahwa sebuah bangunan bertingkat rendah telah runtuh dan upaya penyelamatan telah dilakukan untuk membebaskan mereka yang terperangkap.

Administrasi Kereta Api Taiwan mengatakan tiga mobil tergelincir di Stasiun Kereta Dongli di Taiwan timur setelah bagian dari atap rel runtuh. Sekitar 20 penumpang dievakuasi.

Pusat Peringatan Tsunami AS mengeluarkan peringatan untuk Taiwan setelah gempa. Dikatakan gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi dalam jarak 300 kilometer dari pusat gempa di sepanjang pantai Taiwan.

Badan prakiraan cuaca Jepang mengeluarkan peringatan tsunami dengan ketinggian hingga 1 meter setelah gempa di Taiwan tenggara di beberapa bagian Prefektur Okinawa.

Gempa 18 September 2022 terasa di seluruh Taiwan. Gedung-gedung di ibu kota Taiwan juga ikut bergoyang.

Untungnya, beberapa situs sains di kota-kota Taiwan selatan, seperti Tainan dan Kaohsiung, yang memproduksi semikonduktor, tidak terpengaruh oleh gempa. Operasi di sana masih berlangsung.

Secara geografis, Taiwan terletak di dekat dua lempeng tektonik dan rawan gempa. Pada awal 2016, lebih dari 100 orang tewas dalam gempa bumi yang melanda Taiwan tenggara. Pada tahun 1999, gempa bumi berkekuatan 7,3 skala richter menewaskan 2.000 orang.

Sumber: Reuters

Baca Juga: Dari Gunung hingga Laut, Ini 6 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam di Taiwan

Ikuti berita terbaru dari Tempo.co Di Google Berita, klik di sini.

Source: dunia.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button