Gempa hari ini: Purwakarta diguncang gempa M3.6 pada Tahun Baru Imlek - WisataHits
Jawa Timur

Gempa hari ini: Purwakarta diguncang gempa M3.6 pada Tahun Baru Imlek

Gempa hari ini: Purwakarta diguncang gempa M3.6 pada Tahun Baru Imlek

TEMPO.CO, jakarta – Gempa bermagnitudo 3,6 SR hari ini melanda wilayah Purwakarta pada Minggu, 22 Januari 2023, atau bertepatan dengan Tahun Baru Imlek. Gempa pada pukul 11:58 WIB diikuti dua kali gempa susulan hingga pukul 12:30 WIB.

Gempa tersebut dirasakan di Purwakarta dan daerah sekitarnya seperti Cianjur, menurut Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu.

Berdasarkan peta tingkat getaran BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa di wilayah Purwakarta berada pada skala intensitas III MMI. Getaran di dalam rumah terasa nyata seperti truk yang lewat.

Di wilayah Cikalongwetan, Cianjur, Karangtengah, Ciranjang, Darangdan, dan Cirata, skala intensitas gempa berkisar III-II MMI. Getarannya hanya dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda yang digantung ringan bergetar.

Menurut BMKG, sejauh ini tidak ada kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. Sedangkan gempa susulan tercatat sebanyak dua kali hingga pukul 12.30 WIB.

Dari hasil analisis BMKG diketahui bahwa pusat sumber gempa atau pusat gempa berada pada koordinat 6,73 Lintang Selatan dan 107,34 Bujur Timur. Lokasi daratannya sekitar 22 kilometer barat daya Purwakarta.

Gempa tersebut tergolong dangkal dengan kedalaman 7 kilometer. “Gempa tersebut terjadi akibat aktivitas Sesar Cirata,” kata Rahayu.

BMKG mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh fakta yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

MAHASISWA ANWAR

Baca: Gempa Hari Ini: Gorontalo Diguncang Gempa M6,3, Warga Rasanya Ingin Goyang Hingga Pusing

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button