Danau Tanah Mas, sebuah danau yang indah dengan berbagai atraksi menarik di Palembang - WisataHits
wisatahits

Danau Tanah Mas, sebuah danau yang indah dengan berbagai atraksi menarik di Palembang

Danau Tanah Mas, sebuah danau yang indah dengan berbagai atraksi menarik di Palembang
Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 09.00 – 18.00 WIB, Alamat: Jl.Palembang Betung, Sukamoro, Kec. Talang Kelapa, Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan, terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat. Salah satu wisata alam yang paling menarik perhatian wisatawan adalah Danau Tanah Mas. Telaga ini cukup indah, apalagi letaknya di tengah kota. Tidak hanya keindahan yang ditawarkan, tetapi juga permainan dan taman air.

Tempat wisata yang menawarkan keindahan alam selalu memberikan kesan mendalam saat liburan. Apalagi jika dipadukan dengan permainan, tentunya akan semakin banyak pengunjung yang datang. Banyak hal yang bisa dicapai dari konsep wisata seperti ini, antara lain ketenangan pikiran dan kegembiraan.

Sebagian besar tempat wisata yang menggabungkan pemandangan alam dan permainan menjadi favorit keluarga. Hal ini karena anak-anak bisa merasa senang berlibur. Sementara di sisi lain, pengunjung dari komunitas pemuda juga turut memeriahkan suasana dengan tujuan menikmati keindahan alam.

Daya Tarik Danau Tanah Mas

Atraksi di Danau Tanah MasFoto oleh Joe TV di Google Maps

Danau Tanah Mas merupakan destinasi wisata yang menggabungkan konsep alam dengan permainan. Tempat ini sebenarnya didesain khusus untuk penghuni kompleks Perumahan Tanah Mas. Namun karena daya tariknya, banyak warga lokal maupun turis mancanegara yang mengunjunginya.

✦ Keindahan dan Suasana Indah

Wisata yang indah ini memiliki sebuah danau yang menjadi ikon penting, karena merupakan salah satu dari jenisnya. Cukup luas, airnya tenang, membuat suasana hati orang yang melihatnya juga tenang. Permukaan airnya datar, hanya sedikit bergelombang saat angin datang. Di sekitar danau tidak terlalu banyak pepohonan yang memberikan keteduhan.

Namun dengan jumlah yang sedikit, suasana di Danau Tanah Mas ini cukup asri. Warna hijaunya sesuai dengan air danau yang juga berwarna hijau. Ada jembatan yang menghubungkan sisi darat satu sama lain. Biasanya jembatan ini digunakan pengunjung untuk berkeliling sambil mencari spot foto.

✦ Babak permainan penuh

Iming-iming keindahan alam memang sudah biasa bagi sebagian pengunjung. Pasalnya, wisata memesona ini juga termasuk wisata alam yang memamerkan pesona indahnya. Namun tentunya tidak hanya itu saja, masih banyak tempat wisata lainnya yang perlu anda ketahui. Tempat yang masih dalam komplek perumahan ini menawarkan berbagai wahana yang cukup lengkap.

Salah satu wahana yang ada di Danau Tanah Mas adalah wahana ATV, dimana Anda bisa berkeliling resort dengan kendaraan khusus. Wahana ini menjadi favorit banyak wisatawan, terutama anak-anak dan remaja. Tanpa wahana permainan, namun keberadaan kolam pemancingan tetap melengkapi daya tarik sirkuit sukses ini.

✦ Taman Air Danau Tanah Mas

Seperti yang sedikit dibahas di atas, kompleks perumahan yang berfungsi sebagai tempat wisata hits ini juga memiliki waterpark sebagai daya tariknya. Tidak terlalu besar, namun tetap menjadi nilai plus untuk menarik wisatawan datang. Hanya ada beberapa kolam, namun dilengkapi dengan beberapa wahana air yang cukup mendebarkan.

Taman air Danau Tanah Mas menyediakan seluncuran air yang tidak terlalu besar. Seluncuran ini cukup aman dengan ketinggian tidak melebihi 5 meter. Anak-anak menyukainya ketika mereka meluncur di atasnya dan kemudian masuk ke kolam. Wahana lain yang tersedia adalah goa buatan yang letaknya persis di samping kolam.

✦ Pemandian air panas

Mengunjungi sirkuit alternatif ini seperti paket wisata. Bagaimana tidak menikmati keindahan danau yang indah, wahana lengkap dan taman air. Selain itu, masih ada pemandian air panas bagi yang ingin bersantai. Mandi air panas dipercaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Hal ini juga berlaku di Danau Tanah Mas, peredaran darah menjadi lebih lancar. Sambil bersantai, Anda bisa mengagumi pemandangan sekitar yang menakjubkan. Pemandian ini berada di luar ruangan, sehingga suasananya semakin berkesan. Untuk fasilitas tidak perlu khawatir, ruang ganti antara laki-laki dan perempuan dipisahkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau Tanah Mas PalembangFoto oleh Eka Mahessa di Google Maps

Karena kawasannya masih dalam lingkungan perumahan, wisata menawan ini tak jauh dari pusat kota. Jarak dari Alun-alun Palembang hanya sekitar 17 kilometer, cukup strategis tentunya. Anda bisa sampai di sana dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Namun tentunya lebih disarankan untuk memiliki kendaraan pribadi karena lebih hemat.

Selain itu, saat memasuki kawasan kompleks belum tersedia jalur angkutan umum. Secara administratif, Danau Tanah Mas terletak di Jalan Palembang Betung, Sukamoro, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Rutenya mudah, fokus saja ke alun-alun kota sebagai landmark utama.

Dari Alun-alun arahkan ke Jalan Jenderal Sudirman lalu lurus terus hingga tiba di Jalan Lintas Sumatera. Tujuan selanjutnya adalah pergi ke Jalan Tanah Mas. Dari pertigaan pertama Anda akan menemukan pertigaan lain sekitar 1 mil jauhnya. Jarak menuju tempat wisata tersebut sekitar 400 kilometer setelah pertigaan kedua ini.

Harga tiket masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Danau Tanah Mas terbilang cukup standar untuk destinasi wisata yang memiliki banyak daya tarik. Namun ada perbedaan besar jika Anda berkunjung pada hari kerja dan hari libur. Biaya masuk dari Senin hingga Sabtu adalah 20.000 rupee. Jika Anda datang pada hari Minggu, harga tiket naik 40.000 rupee.

Berbeda jika Anda berkunjung pada hari libur nasional, tiket masuknya adalah 50.000 rupiah. Perlu diketahui bahwa daftar harga di atas hanya untuk tiket masuk tempat wisata saja. Jika ingin mencoba wahana yang ditawarkan, Anda harus membayar biaya tambahan. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin memasuki area taman air.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Danau Tanah Mas PalembangFoto oleh Eka Mahessa di Google Maps

Danau Tanah Mas menawarkan banyak atraksi yang disebutkan di atas. Anda tidak akan pernah bosan selama berada di sini. Bukan hanya karena daya tariknya, banyak juga aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Berikut beberapa di antaranya yang bisa kami sampaikan!

1. Bersantai sambil menikmati pemandangan alam

Relaksasi merupakan kegiatan penting untuk banyak hal, termasuk liburan. Apalagi saat ini Anda sedang berada di tempat yang menawarkan keindahan alam. Sambil bersantai, Anda bebas menikmati pesona danau dengan air yang tenang. Ada tempat khusus untuk melakukan aktivitas ini, yaitu lookout point di tepi Danau Tanah Mas.

2. Mencoba wahana di Danau Tanah Mas

Danau Tanah Mas menawarkan wahana lengkap bagi pengunjung yang berminat. Kami sebutkan satu di atas yaitu bersepeda gunung. Selain itu, ada hal lain yang tidak kalah menariknya yaitu memanah. Tiap wahana memiliki harga yang berbeda-beda, yang paling murah sekitar Rp20.000 dan yang paling mahal Rp50.000.

3. Berenang di taman air

Jika Anda tidak tertarik untuk memilih waterpark, tidak ada salahnya untuk masuk ke area waterpark. Meski tidak banyak kolam, masih ada beberapa wahana air. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satunya adalah seluncuran atau seluncuran air. Selain itu juga terdapat air mancur dan ember terbalik yang membuat suasana semakin semarak.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Danau Tanah Mas PalembangFoto oleh Eka Mahessa di Google Maps

Fasilitas Danau Tanah Mas cukup lengkap, jadi Anda tidak perlu khawatir. Pertama dari tempat parkir yang luas, karena tempat ini masih dalam komplek perumahan. Tersedia pula toilet yang rapi dan bersih, serta musala untuk beribadah. Jika di tengah liburan Anda lapar, pergilah ke toko. Banyak menu makanan dan minuman yang tersedia.

Keindahan alam tidak bisa tergantikan oleh apapun jika dijadikan sebagai tempat wisata. Apalagi jika dipadukan dengan konsep wahana dan taman air. Adapun Danau Tanah Mas kali ini memiliki banyak sekali objek wisata. Setelah menyimak pendapat-pendapat di atas, bukan tidak mungkin Anda akan tertarik dan langsung ingin berkunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button