Panggilan untuk Ciletuh Geopark, Nngko dan wisata pemandu lokal di Sukabumi - WisataHits
Jawa Timur

Panggilan untuk Ciletuh Geopark, Nngko dan wisata pemandu lokal di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – Ini adalah kisah seorang pemandu wisata profesional yang akhirnya memutuskan untuk pulang ke Sukabumi. Dikenal sebagai Nngko, nama aslinya Rijal, 34 tahun, yang kini menjadi pemandu wisata di Geopark Ciletuh, telah menekuni profesi pemandu wisata di berbagai daerah di Indonesia.

Keindahan Geopark Ciletuh telah memanggil Ngko untuk kembali ke tanah airnya di Desa Sinargalih, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. “Dulu saya suka backpacker, lalu saya bekerja sebagai pemandu wisata. Mulai dari Pulau Pramuka, Kota Tua Jakarta, Bali, Batam, Surabaya, Madura, Lampung dan masih banyak kota lainnya,” kata alumni SDN Ciloa dan SMPN 2 Ciemas ini kepada Sukabumiupdate. com.

iklan

Sejak 2018, ia memutuskan untuk ikut membangun industri pariwisata di Sukabumi, khususnya di Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang diakui UNESCO sebagai salah satu Geopark Dunia. Berbekal pengalaman bertahun-tahun sebagai pemandu wisata, kami fokus menjadi pemandu wisata lokal yang melayani wisatawan yang ingin mengunjungi pesona Geopark Ciletuh.

“Rasakan modal, jaringan, dan kreativitas. Alhamdulillah sekarang makin banyak yang menghubungi Ngko untuk diajak berkunjung ke kawasan kawasan Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi,” lanjut Ngko.

iklan

Baru-baru ini, dua artis dangdut papan atas Indonesia mempercayakan tur mereka ke pantai selatan Sukabumi Nngko. Tak hanya iseng, Erie Suzan dan Beniqno bahkan memilih Geopark Ciletuh sebagai lokasi konten promo lagu terbaru mereka.

“Industri pariwisata memberikan pelayanan terbaik. Dia memastikan wisatawan mendapatkan citra positif dari kunjungan mereka. Termasuk juga Geopark Ciletuh ini,” lanjut Ngko.

Ia bersyukur, kesadaran pariwisata warga Geopark Palabuhanratu Ciletuh perlahan tumbuh. Pariwisata sendiri dimaknai oleh banyak warga daerah ini sebagai salah satu mata pencaharian baru.

“Sekarang jaringan kami berkembang. Sudah tahu alhamdulillah bisa membantu perekonomian warga sekitar, baik warung, pertokoan maupun homestay,” kata Nngko.

Dalam menjalankan perusahaan ini, ia bekerja sama dengan pengusaha pariwisata lokal. Ia selalu menawarkan paket menginap, makan dan berwisata ke sejumlah tempat wisata di kawasan Geopark Ciletuh.

Ia menawarkan paket wisata ke Ciletuh seharga Rp 300.000 per orang per hari. Sudah termasuk makan, akomodasi, tiket masuk ke sejumlah tempat wisata yaitu Pulau Kunti (snorkeling), Air Terjun Cimarinjung, Air Terjun Sodong, Air Terjun Ci Kanteh, Pantai Palangpang dan Puncak Darma.

“Ini adalah paket wisata yang lokasinya tidak jauh dari Teluk Ciletuh. Ada juga paket wisata ke Ujunggenteng atau kawasan lain di Geopark Ciletuh. Ada yang hanya dipandu dengan sepeda motor karena wisatawan menggunakan mobil sendiri, atau diantar dengan mobil wisata kami. Tentu saja harganya berbeda, tapi tidak mahal,” kata Ngko yang juga memberikan layanan dokumenter cantik bagi wisatawan melalui jepretan kameranya.

Pemuda ini menjadi salah satu saksi perkembangan dunia pariwisata di pesisir selatan Kabupaten Sukabumi, khususnya di kawasan Geopark Ciletuh. “Sungguh menakjubkan apa yang tidak ada di Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Ini bukan hanya tempat wisata yang indah. Ada pendidikan, budaya dan geologi. Pokoknya target selesai,” pungkas Ngko yang berharap pemerintah lebih mengembangkan pariwisata. Fasilitas di kawasan ini karena masih banyak dianggap kurang.

Tertarik mengunjungi Geopark Ciletuh dengan jasa pemandu wisata profesional. Kunjungi akun Instagramnya @ngko_geopark_ciletuh.

Source: sukabumiupdate.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button