Floating Market Lembang, Destinasi Wisata Unik dengan Konsep Menarik di Bandung - WisataHits
wisatahits

Floating Market Lembang, Destinasi Wisata Unik dengan Konsep Menarik di Bandung

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang destinasi wisata di Lembang sepertinya tidak ada habisnya. Selain sebagai kebun binatang, tebing atau perbukitan, kawasan yang masih berada di Bandung ini juga memiliki spot lain yaitu Floating Market Lembang. Nama tersebut diambil dari stan penjualan di sana, dimana para pedagang berjualan menggunakan angkutan perahu. Namun tidak seperti di pasar terapung Lok Baintan, di sini hanya pedagang yang menggunakan perahu. Sedangkan pembelinya masih di darat yaitu di tepi sungai.

Konsep yang diambil membawa pesona dan pesona tersendiri, tak heran sejak awal dibuka hingga sekarang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Meskipun pada saat itu objek wisata ini masih belum luas dan hanya memiliki tempat yang terbatas. Namun dihadapkan dengan antusiasme warga dan pengunjung yang selalu ramai, pengelola akhirnya melebarkan sayap dengan menambah beberapa spot yang kini bisa dinikmati wisatawan.

Walaupun berada di perkotaan, namun lokasinya berada di dataran tinggi, sehingga udara masih cukup sejuk jika tidak menggunakan jaket. Areanya cukup luas untuk memudahkan pengunjung menjelajahi semua sudut yang ada. Meski sedikit lelah, Anda tetap mendapatkan sensasi seru yang tidak pernah Anda dapatkan di tempat lain.

Atraksi Pasar Terapung Lembang

Atraksi Pasar Terapung LembangKredit gambar: Google Maps sasanka dutta

Yang mendatangkan banyak pengunjung tak lain adalah daya tarik pasar terapung Lembang itu sendiri. Apa saja objek wisata yang dimaksud? Di sini kami telah mengumpulkan lebih banyak informasi!

1. Konsep yang menarik

Tentunya konsep yang dibuat menjadi daya tarik tersendiri, dimana terdapat pasar terapung atau sesuai dengan nama objek wisata tersebut yaitu Floating Market. Pengunjung dapat merasakan sensasi bersantap di tepi danau dengan gaya pemesanan yang unik. Penjual di atas kapal dengan cepat melayani pembeli yang ada.

Tidak perlu mencari tempat sendiri, karena pengunjung bisa menyantap makanan yang dipesan di tempat yang telah ditentukan. Seperti halnya restoran, pengunjung dapat memesan terlebih dahulu dan kemudian duduk di lokasi yang telah dipilih sebelumnya.

2. Kondisi cuaca dan lingkungan

Bagi penduduk lokal mungkin tidak menjadi daya tarik. Namun, bagi pendatang dari luar daerah terutama saat cuaca panas, lokasi Pasar Terapung Lembang mungkin menjadi daya tarik tersendiri. Lokasinya yang masih dekat dengan pegunungan dan perbukitan kecil membuat suasana sejuk dan menyegarkan.

Apalagi dengan banyaknya pepohonan di sekitar lokasi, suasana sejuk pasti tercapai. Apalagi pemandangan alam di sekitarnya tidak boleh diabaikan. Pepohonan yang rindang dan hijau seakan tak bisa pudar dari pandangan.

3. Tempat romantis

Atraksi Pasar Terapung LembangKredit gambar: Google Maps Martinus Andrew..

Banyak pengunjung yang datang karena kagum dengan daya tarik sebuah tempat yang romantis, terutama bagi pasangan muda dan kawula muda. Itu tidak salah, karena tempat-tempat seperti pasar terapung bisa dijadikan tempat ngobrol sambil mengisi perut yang kosong.

Keberadaan taman pelangi juga bisa dijadikan alasan, pasangan yang berkunjung bisa menghabiskan waktu di sana untuk berfoto. Bunga warna warni yang indah juga bisa membuat suasana semakin romantis.

4. Banyak Lokasi Unik

Selain pasar terapung yang unik, masih banyak spot lainnya yang tak kalah unik dan menarik. Diantaranya mini town Lembang, Rabbit Park, Miniatur Kereta dan Kampung Kandang. Tak kalah unik dengan tempat sewa kostum ala Jepang dan Korea. Pengunjung dapat menggunakannya untuk foto yang dapat diunggah ke akun media sosial mereka.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pasar TerapungKredit Gambar: Instagram Light World

Bagi Anda yang tertarik dan ingin berkunjung, tidak sulit menemukan lokasi Floating Market Lembang karena masih berada di kawasan perkotaan. Pastikan untuk menuliskan alamat di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat terlebih dahulu.

Kemudian Anda bisa mengambil jalur alternatif dengan mengarahkan kendaraan ke kota Lembang. Setelah itu kembali ke Bandung yang melewati Masjid Raya Lembang dan berakhir di pasar. Kemudian lurus terus sampai ada pertigaan menuju Bandung, Anda bisa melihat tanda yang menunjukkan arah selanjutnya. Lokasinya dekat dengan pertigaan, jadi pasti tidak sulit untuk menemukannya.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Floating Market LembangKredit Gambar: Google Maps Travelling oleh Nina

Begitu sampai di tempat wisata, Anda bisa langsung menuju loket tiket untuk membeli tiket masuk. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, satu orang biayanya hanya Rp 20.000 untuk hari biasa. Sedangkan liburan bisa menghabiskan biaya hingga 25.000 rupiah.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Di dalam lokasi terdapat berbagai jenis arena permainan atau wahana yang juga dikenakan biaya tersendiri yang artinya belum termasuk harga tiket masuk.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Floating Market Lembang

Aktivitas Menarik Pasar Terapung LembangKredit gambar: Google Maps Mochammad Nurul Huda

Selain atraksi yang disebutkan di atas, masih banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Mulai dari permainan anak-anak, relaksasi di tepi danau, dan juga lokasi wisata di sekitarnya. Untuk lebih jelasnya, silakan baca pemberitahuan berikut dengan seksama!

1. Nikmati suasana dan gastronomi di pasar terapung

Saat Anda berada di lokasi pasar terapung, Anda tidak perlu membeli makanan atau minuman apapun. Anda juga bisa duduk santai menikmati suasana, atau bisa juga dijadikan sebagai spot foto. Konsep yang dibangun cocok untuk segala aktivitas. Dengan perpaduan wisata kuliner dan pemandangan danau, suasana asri yang menjadi daya tarik pasti akan tercapai.

Ada satu hal menarik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain saat berwisata kuliner, yaitu sistem pembeliannya. Pertama, Anda perlu membeli koin dengan mengisi ulang. Nantinya, Anda mendapatkan kartu sebagai pembelian, sama seperti kartu debit.

2. Gaya Jepang dan Korea

Hal-hal yang berbau Jepang dan Korea tidak pernah mati. Kecerdasan manajer menggunakan kesempatan ini untuk menjadi poin utama. Anda dapat menyewa kostum gaya Jepang atau Korea di tempat-tempat yang ditunjukkan. Banyak pengunjung yang mengincar spot ini, terutama anak muda dan wanita. Jadi harus siap antri karena jumlah kostumnya jauh lebih sedikit dari jumlah pengunjung.

Jika Anda juga tertarik dengan keunikannya, siapkan 75.000 rupiah sebagai mahar sewa. Dengan jumlah tersebut Anda mendapatkan satu set kostum termasuk sepatu dan aksesoris.

3. Mengelilingi danau dengan kendaraan air

Tidak hanya berupa perahu yang bisa digunakan sebagai kendaraan untuk bergerak di sekitar danau, tetapi juga ada sampan, sepeda air, dan sampan. Anda bisa melihat lokasi Floating Market Lembang dari sudut yang berbeda. Selain jalan-jalan, Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan perairan berupa ribuan ikan yang hidup di sana. Kadang-kadang Anda juga bisa memberinya makan, jadi pastikan untuk membawa makanan ikan atau roti.

Untuk rincian harga sewa transportasi air, bisa dikatakan cukup baik. Kano yang bisa digunakan untuk dua orang dikenakan biaya 50.000 rupee. Sedangkan sampan seharga 70.000 rupee dan bisa digunakan untuk empat orang. Ada juga sepeda air yang disewakan seharga 50.000 rupee dan bisa digunakan untuk dua orang. Semuanya berdurasi 30 menit, jadi pastikan Anda tidak membuang waktu.

4. Bermain dengan kelinci di taman kelinci

Tidak hanya sesuatu yang berhubungan dengan alam, tetapi ada juga yang berhubungan dengan hewan. Anda dan keluarga bisa mengunjungi Rabbit Park yang pastinya akan membuat anak-anak senang dengan mamalia menggemaskan ini.

Ada jalur yang telah ditentukan, setiap jalur yang dilalui akan menemukan beberapa kelinci di dalam kandang dan beberapa di luar kandang. Dengan demikian, anak dapat berinteraksi langsung dengan mereka.

Untuk bisa masuk ke area tersebut, siapkan uang tunai Rp 20.000 untuk satu orang. Tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan melihat keceriaan si kecil berjalan-jalan di sepanjang Tama Rabbit.

5. Mengendarai becak dan mobil mini

Aktivitas Menarik di Floating Market LembangKredit gambar: Google Maps Andy Denmark

Aktivitas keren lainnya yang bisa dilakukan anak-anak saat berada di tempat wisata Pasar Terapung Lembang adalah mengendarai becak mini. Tidak hanya becak, ada juga mobil mini yang bisa Anda kendarai. Jenis permainan outdoor ini memiliki rute tersendiri untuk digunakan sebagai sarana transportasi di sekitar tempat wisata alam ini. Cukup sediakan uang tunai 20.000 untuk melihat betapa bahagianya si kecil dengan mainan barunya.

6. Jelajahi kota mini

Kota mini dengan konsep Eropa melengkapi aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan, terutama untuk anak-anak. Dengan biaya 25.000, Anda dan keluarga dapat menjelajahi kota dalam waktu singkat. Waktu yang dibutuhkan memang singkat, karena hanya berupa kota mini yang tidak sebesar kota pada umumnya.

7. Aktivitas fotografi

Baik foto maupun video, dua aktivitas ini tak terlupakan saat liburan. Apalagi jika tempat wisata yang mengusung konsep modern yang unik ini menawarkan banyak spot yang bisa digunakan untuk kegiatan tersebut. Misalnya Taman Pelangi, di mana Anda bisa menjadikannya latar belakang yang indah penuh dengan bunga berwarna-warni.

Set kostum gaya Jepang dan Korea yang kita bicarakan di atas juga cocok sebagai sarana fotografi. Pemandangan indah di luar studio tidak kalah menarik dari Rainbow Garden. Lanskap yang dimaksud mengusung konsep Negeri Sakura, di mana banyak pohon bambu menghiasi kolam kecil di sebelahnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pasar Terapung LembangKredit gambar: Google Maps Septia Kholimatussadiah

Lokasinya cukup luas, sehingga memungkinkan untuk melakukan instalasi secara lengkap. Untuk fasilitas wajib yang bisa Anda dapatkan yaitu mushola, toilet dan tempat parkir. Selain ketiga fasilitas tersebut, keberadaan Joglo dan Saung di beberapa titik dapat dijadikan sebagai tempat peristirahatan sebelum melanjutkan perjalanan.

Kedua ukuran tersebut berbeda, sehingga kapasitasnya juga berbeda. Saung hanya dapat digunakan oleh 4-5 orang, sedangkan Joglo memiliki kapasitas lebih karena juga lebih besar.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas Factory Outlet untuk membawa oleh-oleh, berupa snack atau aksesoris. Ada juga susu Lembang yang enak. Anda bisa mengunjungi outlet ini kapan saja karena buka setiap hari selama tempat wisata tersebut tidak tutup.

Pastikan untuk menyempatkan diri mengunjungi Pasar Terapung Lembang terutama saat Anda berada di Lembang, Bandung. Dimana lagi selain di sana untuk mendapatkan banyak hal seru dengan tempat-tempat unik dan kreatif yang mengusung keindahan alam dengan konsep bangunan modern. Beberapa saran tambahan, ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan Anda agar perjalanan Anda tidak terganggu.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button