Pulau Sikuai Padang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Sikuai Padang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan BiayaPulau Sikuai salah satu pulau terindah yang menarik untuk dijelajahi pesonanya di bidang, Sumatera Barat. Pulau ini seindah dulu, pantai pasir putih dan pemandangan alam yang mempesona.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp600.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Pulau Sikuai adalah sebuah pulau di Sumatera Barat yang terletak di pesisir pantai dan termasuk dalam perairan kota Padang, dan terletak di Kecamatan Teluk Bungus Kabung. Pulau ini merupakan salah satu dari 19 pulau yang ada di wilayah administrasi Kota Padang. Luas pulau ini sekitar 38,6 km2 atau sekitar 44,4 hektar.

Pulau indah ini mulai dikembangkan oleh pemerintah sebagai objek wisata bahari sejak tahun 1994. Di sini wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung dapat menikmati keindahan laut dengan berenang, snorkeling, trekking, menyelam, memancing atau bahkan hanya berjalan-jalan di tepi pantai. pantai untuk melihat pemandangan.

Pengunjung Pulau Sikuai disini juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia disini. Fasilitas yang tentunya dapat membantu memenuhi kebutuhan Anda selama berada di pulau ini. Semua kebutuhan mulai dari akomodasi, warung makan, fasilitas untuk menikmati air dan masih banyak lagi di pulau ini.

Atraksi Pulau Sikuai

Tempat Wisata Pulau Sikuai, PadangKredit gambar: Twitter padek

Pulau Sikuai merupakan salah satu tempat wisata di kota Padang yang wajib anda kunjungi jika berwisata ke Sumatera Barat. Di pulau ini, Anda bisa bersantai sambil menunggu matahari terbenam sambil berjalan untuk mengisi waktu. Berikut adalah objek wisata yang dimiliki pulau ini.

1. Perbukitan Hutan Tropis yang Dapat Dijelajahi

Selain hanya bisa melihat pemandangan laut yang sangat indah, dari atas bukit pengunjung juga bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil di bawah bukit. Jika cuaca mendukung dan menjelang senja, pengunjung juga bisa melihat sunset dengan warna yang sangat indah.

Untuk sampai ke bukit ini, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir menemukan pijakan untuk mendaki bukit ini. Karena disediakan sekitar 369 anak tangga.

2. Panorama indah saat matahari terbenam

Saat matahari terbenam, di sini Anda bisa menikmati perpaduan warna dan suasana yang begitu asri. Oleh karena itu, warna matahari terbenam yang berwarna merah berpadu dengan warna biru laut yang indah yang masih terjaga dengan baik. Dan juga anda ditemani oleh suara deburan ombak yang akan membuat suasana menjadi tentram dan damai.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Pantai Sikuai

Pulau Sikuai Padang AlamatKredit gambar: Google Maps Rudi Wijaya

Pantai Sikuai Padang merupakan pantai yang terletak di kecamatan Bungus Teluk Kabung yang sering menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Barat. Jarak untuk menuju pantai dan ke pulau Sikuai memang jauh dari pusat kota Padang. Namun, wisatawan tetap bisa menikmati keindahan pantai dan pulau ini.

Perjalanan dari lokasi pulau ini sekitar 50-60 menit dari pusat kota Padang. Rute rata-rata adalah melalui pelabuhan Muara. Setelah itu, transportasi yang dibawa ke tempat ini adalah perahu nelayan. Namun untuk saat ini transportasi yang disediakan hanya kapal nelayan atau speedboat.

Biaya sewa kapal nelayan untuk menuju ke Pulau Sikuai tidak cukup mahal. Wisatawan yang berkunjung hanya perlu mengeluarkan uang untuk menyewa perahu dengan harga sekitar 600.000 rupiah.

Bagi wisatawan yang menggunakan jasa wisata, Anda bisa menuju pulau cantik ini dengan menggunakan speedboat. Tentu saja naik speedboat tidak ribet dan lebih cepat sampai. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi jauh lebih tinggi daripada biaya naik perahu nelayan.

Saat memasuki tempat wisata alam khususnya pantai di Padang, pengunjung biasanya harus membayar tiket masuk. Namun, di Pulau Sikuai, pengunjung tidak membayar tiket masuk atau bisa dibilang gratis. Para tamu dapat menikmati keindahan pantai dan pulau Sikaui secara gratis.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pulau Sikuai

Aktivitas Menarik di Pulau SikuaiKredit gambar: Google Maps Pascal Jacomet

1. Fotografi Alam

Bagi yang menyukai kegiatan fotografi, Anda dapat mencoba hobi Anda untuk mengabadikan objek-objek indah di Pulau Sikuai. Anda bisa membuat setiap sudut pulau ini cukup menarik karena memiliki daya tarik untuk difoto.

Di sana, wisatawan akan menemukan banyak hal menarik. Dimungkinkan bagi wisatawan untuk menjumpai berbagai jenis hewan tropis untuk difoto seperti biawak, monyet, dan burung. Tidak perlu takut dengan hewan ini karena hewan ini tidak akan mengganggu Anda.

2. Jelajahi pulau

Pulau Sikuai luasnya sekitar 44 hektar dan bisa dijelajahi ke setiap sudutnya. Di sini tidak ada milik pribadi selain yang disediakan dan dikelola oleh pemilik Resort. Eksplorasi Anda bisa dimulai dengan berjalan-jalan di sekitar pulau ini.

Untuk membuat penjelajahan Anda lebih bermakna dalam menjelajahi pulau ini, pihak pengelola menyediakan pemandu wisata. Pemandu akan menemani Anda dalam perjalanan keliling pulau. Pemandu juga akan memberi tahu Anda tentang sejarah dan asal usul Pulau Sikuai.

3. Menanam terumbu karang

Anda semua tahu bahwa terumbu karang merupakan biota laut yang penting bagi biota laut dan isinya. Namun sayang, begitu banyak terumbu karang yang sengaja atau tidak sengaja rusak di beberapa tempat di negeri ini.

Menyadari hal tersebut, pengelola Pulau Sikuai mengajak pengunjung untuk ikut serta dalam pemulihan terumbu karang yang rusak. Wisatawan akan langsung diajak menanam terumbu karang dengan tujuan untuk menciptakan rasa peduli terhadap keberlangsungan kehidupan ekosistem laut.

Kredit gambar: Instagram.com @siskasuri28

4. Snorkeling

Perairan di Pulau Sikuai sangat bersih dan jernih dengan ombak yang tidak besar, sehingga menjadi tempat yang sangat cocok untuk snorkeling. Di sini, pengunjung bisa bebas memilih antara berenang di kolam yang disediakan pengelola atau menyelam langsung ke laut.

Semua peralatan snorkeling seperti sepatu katak dan kacamata tersedia untuk disewa di pulau ini. Wisatawan dapat menikmati berbagai macam keindahan bawah laut, seperti ikan laut yang berlarian dan terumbu karang yang berwarna-warni.

5. Pemandangan Bukit

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sepenuhnya keindahan pulau eksotis ini, bisa mencoba mendaki ke puncaknya. Bagian atas pulau berbentuk seperti bukit yang bisa Anda coba daki selama 30-50 menit.

Dari atas bukit ini, wisatawan dapat menikmati keindahan Pulau Sikuai sepenuhnya. Wisatawan juga bisa berswafoto dan menjepret foto untuk mengabadikan atau sekedar pamer ke media sosial. Yang pasti foto-foto yang Anda abadikan di sini bisa menjadi kenangan tak terlupakan di pulau ini.

Pemandangan dari atas bukit ini semakin indah jika di pagi hari saat matahari akan muncul. Indahnya ketika langit sedikit berubah warna dari gelap menjadi terang, lalu di suatu saat matahari tampak berubah dari gelap menjadi terang.

6. Berkano

Wisatawan di sini juga bisa menikmati indahnya perairan pesisir Pulau Sikuai dengan menggunakan kano. Pengelola menyewakan banyak kano yang ditawarkan kepada wisatawan di sekitar pantai. Ombak yang tenang dan kecil, aman, nyaman dan tenang untuk dijelajahi dengan kano.

Wisatawan dapat memilih menggunakan sampan tunggal atau sampan terpasang dengan pendamping perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa menaiki sampan tunggal tetapi mengendarainya bersama-sama (berkelompok).

Akomodasi murah di sekitar Pulau Sikuai

Akomodasi di Padang di Pulau SikuaiKredit gambar: Twitter Dika Mutiaratrip

1. Resor Baru Pulau Sikuai

Menjadi salah satu akomodasi terdekat dengan fasilitas yang sangat mewah. Resort kelas dunia ini memiliki fasilitas layaknya hotel bintang lima, terdiri dari 9 hall, puluhan kamar, 59 chalet, restaurant, pool table, swimming pool, minibar.

2. Asrama Carlos

Losemen Carlos adalah sebuah hostel di dekat Pulau Sikuai. Hostel ini relatif murah tetapi menawarkan layanan yang baik. Di sini Anda memiliki fasilitas seperti parkir gratis, restoran, Wi-Fi, pantai, hotel bebas rokok yang pasti akan membuat Anda merasa nyaman.

3. Hotel Bumi Minang

Hotel ini memiliki tawaran untuk masa inap yang apik dengan menghormati tradisi Minang. Hotel bintang tiga ini dilengkapi dengan fasilitas seperti restoran, bar, pub, TV lounge, kafe dan juga Wi-Fi tersedia di hotel ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Sikuai Padang

Fasilitas Padang Pulau SikuaiKredit gambar: Google Maps Pascal Jacomet

Sejak tahun 1994, fasilitas di pulau ini sudah sangat mewah. Terdapat banyak penginapan seperti villa, cottage, hotel dan resort. Namun, karena suatu masalah, fasilitas di pulau itu saat ini tidak berfungsi. Semuanya masih lengkap tapi tidak terawat sama sekali. Fasilitas yang ada hanya fasilitas standar seperti pantai pada umumnya.

Ini dia atraksi, fasilitas dan rute menuju ke Pulau Sikuai Padang. Meski fasilitas di pantai ini tidak terlalu banyak, Anda tetap bisa menikmati keindahan hamparan laut yang luas di pulau ini untuk bersantai dari rutinitas pekerjaan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button