Penciptaan multiplier effect bagi pelaku ekonomi kreatif, pembukaan resmi Sanur Village Festival 2022 - WisataHits
wisatahits

Penciptaan multiplier effect bagi pelaku ekonomi kreatif, pembukaan resmi Sanur Village Festival 2022

Sanur Village Festival merupakan acara musik tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 2006.

Dan tahun ini, Festival Desa Sanur berlangsung selama lima hari dari tanggal 17 hingga 21 Agustus 2022.

Festival Desa Sanur 2022Sanur Village Festival 2022, foto: Kemenparekraf

Sejumlah musisi ternama Tanah Air juga tampil di festival musik tahunan ini. Diantaranya, Gigi, Ardhito Pramono, Mahalini, The Overtunes dan Pongki Barata.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan event nasional yang termasuk dalam rangkaian Kharisma Event Nusantara (KEN) “Sanur Village Festival 2022” ini telah memberikan multiplier effect yang signifikan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Menparekraf Sandiaga, dalam sambutannya pada pembukaan “Sanur Village Festival 2022” di Pantai Matahari Terbit, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Bali, Kamis (18/8/2022) malam, menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Pembangunan Sanur dan kepada para pemangku kepentingan yang berhasil menghidupkan kembali Sanur The Village Festival yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

Serta melibatkan sekitar 150 pelaku UMKM yang menyajikan aneka makanan dan minuman, fashion dan kerajinan.

“Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) kontribusi PDB ekonomi kreatif sebesar Rp 4,8 triliun pada tahun 2022 dan jika dilihat festival musik ini memiliki peran yang sangat besar, selain mendatangkan wisman juga ada. seni kuliner, acara kerajinan yang memberikan kontribusi signifikan. luar biasa,”

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tercatat, sebelum pandemi COVID-19, omzet ekonomi Festival Desa Sanur mencapai Rp 40 miliar.

Sedangkan untuk tahun 2022, targetnya adalah 50% dari capaian prapandemi atau sekitar Rp 20 miliar.

“Saya memprediksi kegiatan ini akan menambah setidaknya setengah hingga satu persen pertumbuhan ekonomi Bali, sehingga target kuartal ketiga dan keempat akan mencapai empat hingga lima persen, sejalan dengan peningkatan kunjungan wisatawan. 1,1% juta pekerjaan nasional, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah kegiatan seperti ini,”

kata Sandiaga.

“Selain itu, kita akan memasuki KTT G20 dimana multiplier effect dari acara Sanur Village Festival 2022 menjadi salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata Bali dan ekonomi kreatif,”

dia berkata.

Menparekraf Sandiaga berharap acara Kharisma Nusantara seperti Sanur Village Festival, Ubud Jazz Festival, Bali Arts Festival, Denpasar Festival dan Penglipuran Village Festival dapat membawa semangat baru dan menjadi pengungkit bagi kesejahteraan masyarakat Bali dengan semangat G20 untuk pulih bersama, pulih lebih kuat.

“Dan untuk memastikan Pulau Dewata menjadi prioritas wisatawan, kita harus terus menjaga pariwisata kita,” tambahnya.

kata Sandiaga.

Ketua Sanur Village Festival Ida Bagus Gede Agung Sidharta Putra mengucapkan terima kasih atas kembalinya Sanur Village Festival setelah dua tahun vakum.

“Kami dapat merasakan bahwa setiap tahun Festival Desa Sanur semakin populer, bermanfaat bagi semua orang.

Jadi memberi ruang kepada seniman, memberi ruang bagi kreativitas, yang kami harapkan bisa menginspirasi akselerasi pertumbuhan ekonomi karena banyak pemain yang terlibat di dalamnya,” ujarnya.

ujar Ida Bagus.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button