SUDUT BENTENG WETAN Wisata Sejarah di Yogyakarta - WisataHits
wisatahits

SUDUT BENTENG WETAN Wisata Sejarah di Yogyakarta

SUDUT BENTENG WETAN Wisata Sejarah di Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Pojok Benteng Wetan : Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl.Sisingamangaraja, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55131.

Sudut Benteng Wetan bisa menjadi pilihan bagi yang suka berwisata ke tempat-tempat bersejarah. Karena destinasi wisata ini merupakan warisan budaya yang menyimpan sejarah. Benteng ini menjadi saksi bisu kelamnya zaman penjajahan di Yogyakarta. Semangat membara masyarakat Yogyakarta telah tersimpan di benteng ini selama ratusan tahun.

Benteng ini merupakan tempat wisata yang tersembunyi, meskipun berada di pinggir jalan namun tidak begitu kentara. Benteng ini terletak di sisi tenggara keraton dan alun-alun selatan. Posisi benteng berada di persimpangan jalan. Menghubungkan Brigjen Katamso, Kolonel Sugiyono dan Mayjen Sutoyo serta Parangtritis.

Biaya masuk

Kunjungan benteng ini gratis alias gratis. Biaya parkir pun gratis karena tidak ada yang memungutnya. Pengunjung bisa parkir di pinggir jalan. Anda juga bisa menitipkan kendaraan pada pemilik toko yang berada di pinggir jalan.

Harga tiket
Tiket masuk Bebas

Baca: Tiket dan Koleksi Museum Benteng VREDEBURG

Jam buka

Benteng ini tidak memberlakukan jam buka dan tutup. Pengunjung bisa datang ke sini kapan saja. Apapun harinya, benteng ini selalu bebas untuk dikunjungi, baik pagi, siang, maupun malam hari.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Pesona Pojok Benteng Wetan

Gedung Pojok Benteng WetanBangunan sudut Benteng Wetan dapat dilihat dari luar. Foto: google maps/Zakk-zakk Guitars Entertainment

Dibuat oleh Pangeran Adipati Anom, putra Sri Sultan Hamengkubuwono I dan selesai sekitar tahun 1792. Bangunan kuno ini masih sangat kokoh hingga saat ini. Padahal benteng ini sudah beberapa kali dipugar. Namun secara visual, bangunan benteng tersebut masih terlihat sarat makna.

Di pinggir benteng ini terdapat parit yang mengelilinginya. Ini adalah bentuk pertahanan benteng melawan musuh yang menyerang. Sedemikian rupa sehingga benteng ini dulunya cukup efektif melindungi istana dari serangan musuh.

Baca: Tiket Taman Sari dan Berbagai Kawasan Unik

Keunikan struktur bangunan sudut Benteng Wetan

Sudut dalam Benteng WetanSudut dalam Benteng Wetan. Foto: google maps/Galih Fajar Antasari

Tembok benteng ini tingginya sekitar 3,5 meter dan lebarnya sekitar 4 meter. Benteng ini lebih mirip paviliun. Dindingnya cukup tebal karena berfungsi sebagai tempat pertahanan. Ketebalan dinding bahkan memungkinkan orang untuk berjalan di atasnya.

Sudut benteng agak menjorok ke belakang, konon sudut benteng dulunya adalah tempat senjata. Lubang kecil di sudut benteng mirip bastion juga berfungsi sebagai titik pengintaian musuh. Lalu ada 3 tower untuk mengawasi musuh. Ada juga 1 gudang mesiu di benteng ini.

Baca: Tiket dan Wahana TAMAN PINTAR Yogyakarta

Saksi bisu sejarah peristiwa Geger Spei

Dahulu terdapat 4 sudut benteng yang melindungi kompleks keraton dari serangan yang disebut Tembok Baluwarti. Namun, sudut timur laut dihancurkan oleh aksi musuh yang meledakkan depot mesiu.

Peristiwa ini dikenal dengan peristiwa “Geger Spei”. Dimana saat ini Sri Sultan ditangkap oleh penjajah Inggris.

Kini, di kawasan keraton, hanya tersisa tiga sudut benteng. Antara lain Benteng Wetan Pojok, Benteng Kulon dan Benteng Lor. Pengunjung hanya bisa menemukan sudut-sudut unik ini di kota Yogyakarta.

Pemandangan kota Yogyakarta dari sudut pandang benteng

Pojok Benteng Wetan sering menjadi tempat pertemuan segala usia. Karena pemandangan kota Yogya terlihat jelas dari benteng yang tinggi ini. Pengunjung dapat naik ke puncak benteng dan menyaksikan kendaraan yang lewat di jalan raya. Anda bisa menyaksikan aktivitas padat penduduk Kota Yogya.

Tempat ini juga sangat cocok bagi wisatawan yang gemar berburu matahari terbenam dan foto matahari terbenam. Apalagi di malam hari, tempat ini juga bisa memberikan pemandangan yang lebih indah lagi. Kelap-kelip lampu di jalanan akan semakin mencerahkan suasana. Dari atas benteng, semuanya akan terlihat jelas dan ekslusif.

Baca: MALIOBORO Jalur Wisata Yogyakarta yang Legendaris

Menjadi persinggahan

Spot foto di sudut Benteng WetanArea lanskap sering menjadi persinggahan dan tempat foto. Foto: google maps/Siti Hendratiningsih

Pojok Benteng Wetan terletak di pinggir jalan utama sehingga sering dilintasi oleh orang yang lewat. Tempat ini sering menjadi persinggahan bagi penduduk setempat. Misalnya warga setelah lari pagi. Atau bahkan sebagai tempat peristirahatan setelah lelah bersepeda.

Benteng ini tergolong tempat wisata yang belum ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini cukup sepi pengunjung yang kebanyakan penduduk lokal. Jadi berkunjung ke sini saat sepi terasa seperti bangunan pribadi. Anda dapat bersantai di sana atau melakukan aktivitas dengan bebas.

Dekat dengan sejumlah tempat wisata lainnya

Letak Benteng Wetan Corner cukup strategis. Karena dekat dengan beberapa destinasi wisata budaya lainnya. Contohnya yaitu Alun-alun Kidul yang jaraknya hanya 800 meter. Pojok Beteng Kulon yang berjarak 4 km dari tempat ini. Kemudian ada Plengkung Gading yang jaraknya 600 meter, tempat ini juga memiliki sejarah.

Museum Perjuangan Yogyakarta juga hanya berjarak 450 meter dari Benteng Wetan Corner. Bosan mengunjungi bangunan dan tempat bersejarah, pengunjung bisa mampir ke XT Square untuk membeli oleh-oleh. Lokasinya adalah pasar seni dan kerajinan Yogyakarta. Jaraknya hanya 2 kilometer dari Benteng Wetan Corner.

Angkringan Murah

Pengunjung yang menyukai kuliner wajib mencoba angkringan di sekitar Pojok Benteng Wetan. Cocok sebagai tempat pertemuan untuk teman, keluarga atau pacar. Sambil kulineran, Anda sekaligus bisa melihat bus dan kendaraan yang lalu lalang.

Harga sangat terjangkau, harga standar angkringan Yogyakarta murah. Selain itu, para pedagang juga melayani dengan ramah, sesuai dengan karakter ramah masyarakat Yogyakarta pada umumnya.

Akses ke sudut dalam Benteng Wetan

Sudut benteng wetanBentuk benteng yang terlihat unik. Foto: google maps/omars

Untuk naik ke Pojok Benteng Wetan, Anda harus masuk melalui Plengkung Gading. Lanjutkan di sepanjang jalan Siliran dan lanjutkan ke timur. Jika tidak menemukan petunjuk, pengunjung bisa bertanya kepada penduduk setempat.

Lokasi Pojok Wetan

Benteng ini terletak di Jalan Sisingamangaraja, Keparakan. Area Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55131. Letaknya di tengah kota sehingga mudah ditemukan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button