Peta Korlantas Polri 27.000 lokasi fokus pengamanan Nataru – Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Peta Korlantas Polri 27.000 lokasi fokus pengamanan Nataru – Halo Semarang

Halo Semarang – Korlantas Polri telah memetakan 27.000 lokasi yang menjadi fokus pengamanan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Hal itu disampaikan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI membahas kesiapan infrastruktur dan transportasi selama libur Nataru, Selasa (13/12/22).

Menurut Firman, pemetaan diperlukan sebagai langkah antisipasi dan peningkatan peringkat, termasuk di kawasan wisata yang berpotensi rawan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas).

Firman Shantyabuli juga menyebutkan ada beberapa potensi yang perlu diinventarisir untuk perbaikan ke depan, termasuk rest area, baik ke arah Jawa maupun Sumatera.

Selain itu, ia juga mengharapkan peningkatan penumpang, karena animo masyarakat terhadap perpisahan cukup besar.

“Kami mengantisipasi dan mengingatkan jejeran kawasan wisata yang digunakan untuk Tahun Baru dan kegiatan ibadah,” kata Kakorlantas.

Korlantas Polri juga fokus pada empat sasaran keselamatan selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Ini termasuk keselamatan di jalan tol, arteri lalu lintas dan tempat-tempat wisata. Sehingga pihaknya berharap tidak menambah jumlah anggota atau komunitas yang terdampak Covid-19.

“Selain itu, kami juga akan memastikan kelancaran distribusi saat jalur sudah penuh dengan pemudik, dan pihaknya juga akan menekan angka kecelakaan di jalan saat libur Natal dan Tahun Baru,” pungkas Kakorlantas Polri.

Firman juga mengatakan, Operasi Lilin akan dilakukan pada musim liburan Nataru mulai 22 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 atau selama 11 hari.

“Operasi Lilin akan dilakukan mulai 22 Desember (Desember) dengan peluncuran, penetapan pasukan dan pengerahan pasukan,” kata Firman dalam keterangannya.

Firman menjelaskan, operasi lilin merupakan salah satu kegiatan rutin Polri selama periode Natal dan Tahun Baru.

Namun, operasional akan terus ditingkatkan mengingat mobilitas masyarakat diprakirakan meningkat pada liburan kali ini. Korlantas juga memiliki empat destinasi saat Natal dan Tahun Baru.

Pertama, terus memastikan keselamatan, keamanan, dan ketertiban lalu lintas di jalan tol, jalan raya, dan tempat wisata.

“Kemudian kami juga berharap tidak menambah jumlah anggota atau masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, Firman juga akan melakukan antisipasi terhadap korban kecelakaan lalu lintas dengan menerjunkan personel kepolisian di lokasi. (HS-08)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button