Status Gunung Dieng Berubah Waspada, Kunjungan Wisata Belum Berhenti - WisataHits
Jawa Barat

Status Gunung Dieng Berubah Waspada, Kunjungan Wisata Belum Berhenti

Status Gunung Dieng Berubah Waspada, Kunjungan Wisata Belum Berhenti

PRIANGANTIMURNEWS – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Jumat, 13 Januari 2023 pukul 23.00 WIB menaikkan status Gunung Dieng menjadi Level II atau Waspada, ditandai dengan meningkatnya aktivitas vulkanik di Jawa Tengah tersebut.

Kabar ini seolah menjadi perhatian masyarakat sekitar dan wisatawan yang ingin berlibur ke kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo. Mengingat status gunung yang naik.

Kemudian Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Banjarnegara, Tursiman menegaskan, peningkatan aktivitas Gunung Dieng sebenarnya tidak berdampak pada sektor pariwisata di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng.

Baca Juga : TERBARU! Setelah Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal, Ferdy Sambo kini divonis penjara seumur hidup

Perubahan status Gunung Dieng dari normal menjadi awas yang dilakukan PVMBG bukan masalah bagi Dinparbud Kabupaten Banjarnegara.

Hal itu disampaikan Dinparhub usai berkoordinasi dengan Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng PVMBG Surip dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara.

Peningkatan aktivitas Gunungapi Dieng sebenarnya hanya terjadi secara selektif. Jadi masih aman jika wisatawan dari Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta atau lainnya ingin berkunjung ke kawasan Dieng.

“Kunjungan wisatawan masih tinggi seperti kemarin saja, hingga pukul 15.00 WIB tercatat sudah mencapai sekitar 5.600 orang. Kalau sore datangnya bisa lebih banyak lagi,” kata Dinparhub.

Baca Juga: Imlek Tak Bisa Lepas dari Gusdur. Mengapa? Itu sejarah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button