Status Gunung Dieng Naik Waspada Waspada Gas Beracun dan Letusan Freatik Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Status Gunung Dieng Naik Waspada Waspada Gas Beracun dan Letusan Freatik Solopos.com

Status Gunung Dieng Naik Waspada Waspada Gas Beracun dan Letusan Freatik Solopos.com

SOLOPOS.COM – Tangkapan layar peringatan PVMBG terkait status Gunung Dieng dalam keadaan siaga. (Twitter @PVMBG_)

Solopos.com, SEMARANG — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan status Gunung Dieng di Jawa Tengah (Jateng) yang naik dari Level I (normal) menjadi Level II atau Waspada sejak 13 Januari 2023. Dengan meningkatnya aktivitas vulkanik di Dieng, masyarakat diimbau untuk memperhatikan letusan freatik serta konsentrasi gas vulkanik, terutama CO2 atau gas beracun.

Dikutip dari situs resmi PVMBG di vsi.esdm.go.idPada Sabtu (14/1/2023), Gunung Dieng diberikan status peninggian menyusul peningkatan aktivitas vulkanik internal dan gempa tektonik lokal sejak 9 Januari 2023.

Jangan lewatkan promo menariknya, Mercedes-Benz punya promo akhir tahun yang menarik

“Hal ini mengindikasikan terjadinya rekahan bawah permukaan akibat aktivitas vulkanik di Gunungapi Dieng,” tulis PVMBG.

Beriklan dengan kami

Selain itu, berdasarkan analisis yang dilakukan, terjadi peningkatan konsentrasi gas CO2 di Kawah Timbang rata-rata antara 0,09% hingga 0,11% selama periode 1-13 Januari 2023. Sementara itu, hasil pengukuran suhu air di dalam depan kawah Sileri pada periode yang sama antara 68,5-68,6 derajat Celcius dan suhu tanah menunjukkan 21,6-21,7 derajat Celcius, atau relatif stabil.

“Potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh peningkatan aktivitas vulkanik di Dieng saat ini adalah peningkatan konsentrasi gas vulkanik, khususnya CO2 di Kawah Timbang, yang dapat diikuti oleh aliran gas CO2 dan letusan freatik berbentuk Kawah Sileri dari aliran puing-puing atau lontaran material,” tambah PVMBG.

Berdasarkan kondisi tersebut, PVMBG pun mengimbau masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke kawasan Gunung Dieng untuk meningkatkan kewaspadaan. Masyarakat dan wisatawan diimbau untuk tidak mendekati Kawah Sileri yang berjarak 1 km dari bibir kawah.

“Masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di Kawah Timbang dan harus waspada saat menggali tanah karena berpotensi terpapar gas CO2,” imbau PVMBG.

Beriklan dengan kami

Selain itu, PVMBG juga mengimbau warga sekitar dan wisatawan untuk tidak memasuki kawah di kompleks Gunung Dieng yang berpotensi terjadi letusan freatik atau gas vulkanik.

“Pemerintah daerah, BPBD provinsi dan kabupaten harus selalu berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Dieng,” tambah PVMBG.

Beriklan dengan kami

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button