Hari Pahlawan Jenderal Sudirman dan deretan tokoh ini dimakamkan di TMPN Kusumanegara Yogya - WisataHits
Yogyakarta

Hari Pahlawan Jenderal Sudirman dan deretan tokoh ini dimakamkan di TMPN Kusumanegara Yogya

TEMPO.CO, Yogyakarta – Setiap Hari Pahlawan 10 November, kompleks Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kusumanegara Yogyakarta dipadati masyarakat. Pada tahun ini juga kompleks pemakaman di Jalan Kusumanegara Yogyakarta dikunjungi peziarah mulai dari warga biasa hingga pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DI Yogyakarta.

Jajaran Forkopimda DIY digelar usai upacara peringatan Hari Pahlawan DIY 2022 pada Kamis 10. “Para pahlawan dulu berjuang dengan senjata, ide dan karya nyata. Mereka mengajarkan bahwa Indonesia bukanlah negara pecundang, sehingga patut kita ingat dan teladani,” kata Kapolda Yogyakarta Irjen Suwondo Nainggolan selaku inspektur upacara.

Lantas siapa saja pahlawan yang dimakamkan di TMPN Kusumanegara Yogyakarta?

Sosok yang biasanya paling dikenal masyarakat pada pemakaman TMPN Kusumanegara adalah Panglima Besar Jenderal Sudirman. Namun selain Jenderal Soedirman, ada pahlawan-pahlawan revolusioner lainnya seperti Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiyono.

Di sudut lain TMPN Kusumanegara terdapat makam Letnan Jenderal Oerip Soemohardjo, Kepala Staf TNI pertama pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Makam Menteri Supeno yaitu Menteri Pembangunan dan Pemuda pada Kabinet Hatta I dan tokoh pemuda pada masa Pergerakan Nasional dimakamkan di Kusumanegara.

Selain itu, ada nama pahlawan lain seperti R. Adisoemarmo, R. Husein Sastranegara dan RM Isdiman yang juga dimakamkan di kompleks makam yang bersebelahan dengan desa wisata tahunan Batik Jumputan.
Nama ketiga pahlawan tersebut sering diabadikan untuk tempat-tempat penting di Indonesia.

Sedikitnya ribuan pejuang kemerdekaan Indonesia juga tergeletak di Kusumanegara. Dari TNI Angkatan Darat ada 1.065 kuburan, 156 untuk Angkatan Udara dan 56 untuk Angkatan Laut.

Selain itu, ada 79 makam dari Polri. Para kombatan yang identitasnya tercatat sebanyak 404 kuburan dan ada sembilan warga sipil. Ada 131 kuburan para pejuang, yang identitasnya tidak dicatat.

Tak hanya seluruh peserta upacara yang memberikan penghormatan kepada arwah pahlawan, jajaran Forkopimda DIY juga melakukan prosesi dalam ziarah ini, peletakan karangan bunga dan tabur bunga di Hari Pahlawan.

Baca juga: Pertempuran 10 November dan Kisah Bung Tomo Menerima Ijazah Wirid dari KH Hasyim Asy’ari

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button