Solopos Hari Ini: Rasakan Efek Domino - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Solopos Hari Ini: Rasakan Efek Domino – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Solopos edisi harian Senin (9/5/2022).

Solopos.com, SOLO — Efek domino kenaikan harga BBM bersubsidi mulai terasa di Soloraya. Selain perubahan tarif angkutan kota, sektor pariwisata, misalnya di Tawangmangu, Karanganyar, semakin terpengaruh oleh kebijakan harga BBM.

Penurunan jumlah wisatawan dirasakan oleh pengelola wisata petik stroberi di Sekipan, Tawangmangu, Karanganyar, Segini, 60 tahun. Dia mengatakan penurunan jumlah wisatawan terlihat, meski tidak signifikan. Segini membandingkan tingkat kunjungan wisatawan saat itu dan minggu sebelumnya.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Biasanya sekitar 200 wisatawan datang pada hari Minggu, dan sehari setelah pengumuman kenaikan harga gas, jumlah wisatawan di sana kurang dari 200 orang. “Ya, mungkin karena kenaikan harga BBM. Kenaikannya tidak buruk, jadi jika Anda ingin pergi mungkin Anda bisa memikirkannya,” katanya kepada Solopos, Minggu.

Asosiasi Transportasi Kota (Angkuta) Wonogiri akan menaikkan tarif mulai Senin (9/5/2022). Hal itu merupakan imbas dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sejak Sabtu (9/3/2022).

Ketua Umum Asosiasi Angkuta Wonogiri Suprapto, 58, mengatakan kenaikan tarif penumpang bertepatan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak, yaitu sekitar 37 persen dari harga sebelumnya. Tarif pelajar naik menjadi Rp 3.000/orang dan tarif semula Rp 2.000/orang. Sementara tarif angkutan umum yang semula Rp3.000/orang, kini menjadi Rp4.000/orang.

Baca Juga: Bayangan Suram Akibat Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

“Tadi malam kami para sopir angkutan Wonogiri sudah musyawarah dan mufakat untuk menaikkan harga angkutan. Kami melakukan ini karena harga BBM naik 37%. Apalagi sudah lebih dari 10 tahun tarif tidak pernah naik,” kata Suprapto kepada Solopos, Minggu. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos Senin (9/5/2022).

Buka Tutup Mill Road

SOLO — Proyek revitalisasi Gilingan Viaduk, Banjarsari, Solo dimulai. Proyek dalam rangkaian pekerjaan jalur ganda Solo-Semarang ini juga bertujuan untuk memperluas akses transportasi. Viaduk Gilingan yang terletak di Jl. A. Yani dikenal sebagai salah satu pintu gerbang Miniatur Masjid Agung Sheikh Zayed.

Dengan pelebaran, termasuk ketinggian terowongan, diharapkan viaduct tidak menjadi penghalang bagi kendaraan besar untuk mencapai masjid yang diberikan oleh Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan, kepada Presiden Joko Widodo.

Ada dua fase pengerjaan di Viaduk Gilingan. Tahap pertama tidak memblokir semua lalu lintas. Otoritas terkait memberlakukan kebijakan penutupan jalan saat proyek berjalan pada tahap pertama.

Baca Juga: Viaduct Gilingan Solo Masih Buka Tutup, Tutup Penuh Feb-April 2023

Pemerintah Kota Solo (Pemkot) mengunggah melalui Twitter dan Instagram timeline pengerjaan Viaduk Gilingan yang terbagi dalam dua fase akhir pekan ini. Tahap pertama adalah pekerjaan jembatan yang akan berlangsung dari Agustus 2022 hingga Februari 2023.

Kendaraan dengan tinggi lebih dari 2,3 meter tidak diperbolehkan melintasi Gilingan Viaduk sampai pekerjaan penurunan ketinggian selesai. Tahap selanjutnya adalah pengurangan ketinggian jalan yang akan berlangsung mulai Februari 2023 hingga April 2023. Pada pengerjaan tahap kedua, JI. A. Yani benar-benar tertutup. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos Senin (9/5/2022).

Rekomendasikan SD Mojo

SOLO – Komisi IV DPRD Kota Solo akan menghadapi Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk mempresentasikan hasil pertemuan dengan Gubernur Jawa Tengah (Jawa Tengah) Ganjar Pranowo pada Rabu malam (31/8/2022).

Sementara itu, Komisi IV DPRD Solo merekomendasikan SD Mojo sebagai lokasi SMAN baru. Dalam pertemuan dengan Gibran, dibahas sejumlah opsi pembangunan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Opsi pertama adalah membangun Kampus II SMAN 2 Solo di atas Tanah Hak Pakai (HP) nomor 0001 Mojo, Pasar Kliwon.

Dalam pertemuan itu juga ada rencana pemindahan SMAN 2 Solo ke SDN Mojo, Pasar Kliwon. Lahan tersebut dianggap layak karena luasnya lebih dari satu hektar. Properti ini juga dapat digunakan untuk lokasi pembangunan SMAN 9 Solo.

Baca Juga: DPR Akan Temui Gibran untuk Majukan Pembangunan SMAN 9 Solo di Pasar Kliwon

“SDN Mojo bisa digunakan untuk lokasi SMAN 9 Solo atau SMAN 2 Solo yang pindah dari Jl. Monginsidi Solo. Tidak terlalu banyak siswa di SDN Mojo, jadi sekolah ini mungkin akan direlokasi nanti,” kata Ketua Komite IV DPRD Kota Solo Janjang Sumaryono Aji, pekan lalu.

Pilihan lain untuk SD Mojo, katanya, adalah menggabungkan atau regroup dengan SDN terdekat. Janjang mengatakan pembangunan SMA di pasar Kliwon dan Laweyan sangat penting mengingat banyaknya aspirasi warga. Selengkapnya di laman Harian Soloraya Solopos edisi Senin (9/5/2022).

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button