Situ Pemkot Bogor Berbenah, Rudy Susmanto: Bisa jadi destinasi wisata dan mencegah banjir - WisataHits
Jawa Barat

Situ Pemkot Bogor Berbenah, Rudy Susmanto: Bisa jadi destinasi wisata dan mencegah banjir

Forkopimda Bogor membersihkan Situ CibinongPEMURNIAN PEMDA: Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor melakukan operasi pembersihan di Situ Pemda Cibinong, Kabupaten Bogor bertajuk Forkopimda Peduli Alam. FOTO: KHUSUS

yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, BOGOR – Dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan mencegah banjir pada musim hujan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor melakukan operasi bersih-bersih bertajuk “Forkopimda Peduli Alam” di Situ Pemda Cibinong, Kabupaten Bogor, melalui .

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya pembersihan tersebut. Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Bogor untuk merawat situs yang menjadi salah satu ikon Bumi Tegar Belian tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan. Karena sangat bermanfaat untuk menjaga ketersediaan air saat musim kemarau dan terutama untuk mencegah banjir saat musim hujan,” ujar Rudy Susmanto.

Rudy Susmanto juga menyampaikan apresiasi kepada para pekerja dari berbagai instansi yang ikut dalam aksi bersih-bersih, unsur Pemkab Bogor, kepolisian, pramuka, jajaran DPRD dan semua pihak.

Rudy Susmanto berharap Pemkab Bogor segera memanfaatkan belasan danau yang ada di Kabupaten Bogor sebagai tujuan wisata yang murah dan ramah. Menurutnya, Situ Pemda yang terletak persis di belakang kantor DPRD Kabupaten Bogor ini dibuka untuk umum dari kantornya setiap akhir pekan untuk rekreasi.

“Kantor DPRD Kabupaten Bogor berbatasan langsung dengan Taman Situ Plaza Cibinong dan Situ Pemda di belakang. Saya ingin selalu terlihat bersih. Jika memungkinkan untuk memiliki anggaran rutin untuk pemeliharaan, kita bisa membicarakannya bersama. Saya juga berharap kantor DPRD ini terbuka untuk umum, terutama di akhir pekan, sehingga masyarakat bisa ke taman dan ke DPRD yang juga ada tamannya,” ujarnya.

Ke depan, kata Rudy Susmanto, fasilitas di DPRD Kabupaten Bogor akan terus diperlengkapi menjadi kantor dan ruang terbuka bagi masyarakat untuk bertemu dengan keluarganya.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin yang juga hadir dalam aksi bersih-bersih itu menggunakan jet ski untuk memperluas fasilitas Pemda Situ. Ia berharap Pemda Situ dapat dimanfaatkan oleh masyarakat olahraga air seperti jet ski, meat boat, kano dan lain-lain.

Situ Pemda yang berada di pinggir Jalan Tegar Beriman sudah cukup lama kondisinya jorok. Sampah dan gulma meningkat dari hari ke hari. Dengan itu, pemandangan dari Taman Situ Plaza Cibinong tidak cantik.

Diketahui, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan DPRD, BPBD, TNI/Polri dan relawan menginisiasi pembersihan danau yang dilakukan pekan lalu.

Burhanudin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, mengatakan, Pemkab Bogor masih mencari cara untuk memanfaatkan danau tersebut ke depan. Forkopimda Peduli Alam juga merupakan langkah awal pemanfaatan danau di masa mendatang.

“Situs pemda ini berada di pusat pemerintahan Kabupaten Bogor. Situ Plaza Cibinong Park sudah ada tetapi masih terlihat kumuh sebelum dibersihkan. “Kalau sudah bersih, mudah-mudahan masyarakat bisa melihat dan ikut menjaga kebersihannya,” ujarnya.

Menurutnya, Pemda Situ dan danau lainnya di Kabupaten Bogor perlu dimanfaatkan dengan baik sebagai ekowisata yang dapat dinikmati masyarakat dan perlu direvitalisasi perekonomiannya pascapandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.

“Pasti akan digunakan. Tapi kita lihat dulu apa yang akan kita lakukan, kita masih mempelajarinya, baik dari resikonya maupun keuntungannya, termasuk infrastruktur pendukungnya seperti parkir dan lain-lain, karena akan banyak orang yang akan mengunjunginya. Apalagi ini di pusat kota jadi perlu perencanaan yang matang,” pungkasnya. (dewasa/**)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button