Situ Buleud, wisata danau hits dengan air mancur unik di Purwakarta - WisataHits
wisatahits

Situ Buleud, wisata danau hits dengan air mancur unik di Purwakarta

Situ Buleud, wisata danau hits dengan air mancur unik di Purwakarta
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 06.00-21.00 WIB, Alamat: Nagri Selatan, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu tempat di kota Purwakarta yang memiliki peristiwa sejarah penting dan kini menjadi kebanggaan masyarakat adalah Situ Buleud. Pada masa penjajahan Belanda, sekitar tahun 1800-an, tempat ini awalnya hanyalah sebuah sumber air biasa yang diperbesar dan berada di sebuah danau sekaligus tempat resapan air hujan.

Saat itu, telaga atau telaga tersebut berfungsi sebagai kubangan badak, kerbau, dan tempat mengairi berbagai hewan yang melewatinya. Kini tempat tersebut telah menjadi tujuan wisata eksotis yang indah dan memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah air mancur yang merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Ini adalah salah satu daya tarik warga kota Purwakarta, baik wisatawan domestik bahkan mancanegara yang penasaran dan banyak yang mengunjungi tempat tersebut. Selain pesona air mancurnya, ada berbagai atraksi menarik lainnya dan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di Situ Buleud. Berikut beberapa ulasan yang dapat disampaikan!

Daya tarik Situ Buleud

Situs web Objek Wisata BuleudFoto oleh Silvi Diani di Google Maps

Banyak tempat wisata alam di kota Purwakarta memiliki daya tarik yang beragam. Namun, tidak banyak tempat yang memiliki sejarah panjang di masa lalu dan membanggakan masa kini dan masa depan. Berikut beberapa tempat wisata di Situ Buleud yang bisa Anda jadikan referensi dan persiapan bagi yang ingin berkunjung ke sana!

✦ Memiliki air mancur yang unik

Air mancur merupakan sesuatu yang unik dan menarik, apalagi jika anak kecil melihat benda tersebut pasti akan merasa senang dan ingin bermain di dalamnya. Biasanya air mancur ada di taman atau tempat umum lainnya, sementara jumlahnya hanya sedikit. Namun, di tempat wisata ini jumlah air mancurnya tidak hanya puluhan atau ratusan, bahkan ribuan.

Di malam hari, ribuan air mancur itu memancarkan air seperti pelangi raksasa. Memang di sekitar danau buatan terdapat lampu-lampu dengan warna berbeda dan air yang bergoyang mengikuti irama musik layaknya konser musik. Saat itulah tempat ini memiliki keunikan, menarik sekaligus air mancur terbesar di Asia Tenggara.

✦ Tujuan perjalanan unggulan

Tidak berlebihan jika Situ Buleud menjadi destinasi wisata unggulan kota Purwakarta. Pasalnya, saking terkenalnya di mancanegara, terutama di Asia Tenggara. Di era globalisasi dan digitalisasi, sangat jarang tempat-tempat bersejarah bertahan dan menjadi sumber kebanggaan. Selain air mancur yang unik, berbagai artefak bersejarah juga didirikan di sini.

Misalnya patung Sri Baduga Mahara, patung badak yang menunjukkan bahwa tempat ini dulunya digunakan sebagai tempat pemandian hewan, kesatria berkuda dan masih banyak lainnya. Kolaborasi antara masa lalu, sekarang dan masa depan sangat kuat di tempat ini. Sehingga wisatawan khususnya warga lokal bisa berwisata sambil belajar sejarah.

✦ Punya cerita mistis

Manusia termasuk dalam kategori makhluk kasar, sedangkan jin, setan dan sejenisnya termasuk dalam makhluk halus. Kebanyakan orang percaya bahwa roh hidup di dunia ini. Jangan takut, karena manusia adalah makhluk sempurna dan istimewa. Seperti di Situ Buleud, ada cerita menarik dan seru, meski sedikit menakutkan.

Pada zaman Belanda tempat ini sering digunakan untuk acara-acara besar yang dihadiri oleh tamu-tamu terhormat. Dengan demikian, lokasi di sekitar alun-alun harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya, terutama saat membuat pijakan dan merawat taman di sekitarnya. Saat menjaga taman itulah cerita dimulai, Sahro bertugas menjaga taman dengan gada.

Tujuannya agar rumput tidak rusak oleh anak kecil yang bermain di atasnya. Saat ada anak kecil bermain, Sahro akan berteriak menakuti semua anak yang bermain di taman. Di akhir zaman Belanda, para sesepuh daerah, khususnya Mbah Garsubagdja, bercerita.

Setiap subuh, banyak anak kecil yang bermain di sana, namun tiba-tiba mereka kaget dan berpencar karena mendengar teriakan yang nyaring. Diduga kuat teriakan itu berasal dari penjaga Situ Buleud, kata Mbah Garsubagdja.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket Situ BuleudFoto oleh Aun Anwari di Google Maps

Tempat wisata keluarga ini berada di lokasi yang strategis dan mudah ditemukan, terletak di antara Jalan Siliwangi dan Jalan KK Singawinata, Desa Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Bagi wisatawan yang datang dari luar kota dengan kereta api, sebaiknya turun di stasiun Purwarta kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 300 meter menuju objek wisata.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan mobil pribadi, Situ Buleud dapat diakses melalui peta Google. Gunakan aplikasi untuk membuat perjalanan Anda lebih mudah. Jika masih bingung, Anda juga bisa bertanya kepada masyarakat setempat. Jalan raya menuju lokasi wisata cukup bagus, beraspal dan relatif mulus.

Harga tiket masuk dan jam buka

Pada umumnya setiap objek wisata mewajibkan pengunjung untuk membayar tiket masuk. Namun tidak demikian dengan Situ Buleud karena wisatawan bisa masuk kapan saja tanpa harus membayar biaya apapun. Namun kebersihan, ketertiban, keindahan dan keawetan harus tetap dijaga agar tetap aman, nyaman dan terkendali.

Namun, bukan berarti tidak ada biaya yang harus dibayar, salah satunya biaya parkir kendaraan. Seperti biasa dan umum di tempat wisata lainnya, parkir sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 2.000, sedangkan mobil dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Tempat ini buka setiap hari, artinya tidak pernah tutup. Anda bisa datang mulai pukul 06:00 WIB hingga 21:00 WIB. Bagi wisatawan yang ingin melihat air mancur sebaiknya sudah berada di sana pada pukul 19.30 karena objek wisata air mancur dibuka mulai pukul 19.00 WIB hingga 20.30 WIB.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan di Situ BuleudFoto Baim Cikampek Motor di Google Maps

Meskipun tempat wisatanya indah, indah dan menarik, namun jika tidak ada aktivitas menarik yang dilakukan maka liburan akan terasa hampa. Hal ini juga berlaku di Situ Buleud, di mana beberapa aktivitas seru bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dimaksud!

1. Olah raga di sekitar Danau Situ Buleud

Menjaga bentuk tubuh adalah anugerah terbesar, salah satu cara menjaganya adalah dengan berolahraga. Agar olahraga tidak jenuh dan monoton, berolahraga di sekitar tempat wisata cantik ini adalah cara yang tepat. Selain sehat jasmani, melihat keindahan tempat itu dengan saksama merupakan berkah.

Hal inilah yang banyak dilakukan oleh para wisatawan, terutama warga lokal. Mereka sangat bersemangat dan antusias berlari sambil mengelilingi danau yang indah ini. Apalagi udaranya yang segar dan bersih di pagi hari, serta angin sepoi-sepoi dari danau cantik ini membuat wisatawan yang berolahraga tidak banyak mengeluarkan keringat.

2. Liburan sambil belajar sejarah

Saat Anda berlibur bersama keluarga, usahakan agar liburan tersebut menyampaikan pesan, kesan dan edukasi kepada keluarga terutama anak-anak Anda. Tujuannya agar kelak mereka tumbuh dewasa dan memiliki banyak ilmu. Dalam hal ini, pengetahuan yang dimaksud berkaitan dengan sejarah Situ Buleud.

Karena selain Anda dan keluarga bisa berlibur melihat keindahan dan keunikan air mancur, juga ada cerita sejarah di tempat ini. Membahas asal usul tempat memang cukup menarik dan anak-anak pasti senang mendengarnya. Apalagi, kali ini bukan dongeng, melainkan kisah nyata yang cocok dijadikan topik utama.

3. Melihat atraksi air mancur

Melihat sirkus adalah hal biasa dan orang sering melakukannya, tetapi melihat ribuan air mancur menari diiringi musik yang tenang adalah sesuatu yang jarang dilakukan orang. Apalagi tempat ini masuk dalam kategori terbesar se-Asia Tenggara, tentu menjadi kebanggaan yang tiada tara. Situ Buleud merupakan tempat yang asyik dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, sehingga keharmonisan dan keromantisan keluarga selalu terjaga.

4. Beri makan ikan

Banyak ikan beraneka warna berenang di Danau Situ Buleud, namun wisatawan hanya diperbolehkan memberi makan ikan tersebut. Artinya, Anda tidak bisa memancing dan menangkap ikan dengan alasan apapun. Ini salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan, termasuk mendidik anak memberi makan ikan untuk menjaga kelestariannya.

5. Berburu Foto

Di antara berbagai atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan, yang satu ini tidak akan lengkap jika tidak didokumentasikan dengan baik. Itu sebabnya, di era digitalisasi saat ini, tempat wisata keluarga yang menarik dan bersejarah ini wajib dilacak dan difoto untuk diabadikan di media sosial. Plus, tujuannya adalah untuk membuat kenangan keluarga yang tidak akan terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Situ BuleudFoto oleh Foto Aerial @Bieeproject di Instagram

Untuk meningkatkan kepercayaan dan kemantapan wisatawan untuk berkunjung, pengelola wisata Situ Buleud menyediakan fasilitas pendukung yang memadai. Fasilitas yang dimaksud antara lain toilet sebagai tempat mandi atau buang air besar. Tersedia juga tempat parkir dengan area yang cukup luas yang menjamin keamanan.

Bagi pengunjung Muslim yang ingin menunaikan kewajibannya, tersedia aula salat berjamaah yang besar. Selain itu, tempat duduk di depan pagar yang mengelilingi danau juga tersedia bagi yang ingin bersantai. Warung yang menawarkan berbagai menu makanan juga tersedia jika Anda haus atau lapar.

Fasilitas utama dan fasilitas pendukung lengkap tersedia di Situ Buleud, Purwakarta. Atraksi yang telah disebutkan juga dirasa cukup menggugah rasa penasaran siapapun. Kini saatnya Anda dan keluarga berlibur ke tempat yang tidak hanya indah, eksotik dan megah, tetapi juga memiliki nilai sejarah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button