Singapore Tourism Board membidik pasar Balikpapan - WisataHits
Jawa Tengah

Singapore Tourism Board membidik pasar Balikpapan

Singapore Tourism Board membidik pasar Balikpapan

BALIKPAPAN-Singapura masih menjadi tujuan utama wisatawan asal Indonesia. Singapore Tourism Board (STB) Area Director Indonesia-Surabaya Lim Si Ting, didampingi Manager STB Indonesia-Surabaya Bella Carlina, mengatakan 1,1 juta orang Indonesia mengunjungi Singapura tahun lalu.

Angka itu, kata Lim Si Ting, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan kunjungan terbanyak ke Singapura pada 2022. “Tahun lalu, kami mencatat jumlah kunjungan ke Singapura mencapai 6,6 juta. Indonesia adalah pasar utama dengan total 1,1 juta kunjungan pada 2022,” kata Lim dalam jumpa pers di Balikpapan, Selasa sore (17 Januari).

Seiring dengan melambatnya kasus Covid-19, STB menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Singapura tahun ini menjadi 12-14 juta, atau dua kali lipat dari tahun lalu.

Setidaknya ada beberapa aspek yang mendukung optimisme tersebut. Selain kondisi Covid-19 yang sudah teratasi. Aturan perjalanan udara ke luar negeri kini juga telah dilonggarkan. Untuk terbang ke Singapura misalnya, Anda tidak perlu lagi bukti tes PCR. Begitu pula dengan turis di “Lionland” yang tidak harus memakai masker di area publik. “Dua vaksinasi sudah cukup, sekarang sudah bisa jalan-jalan ke Singapura,” tambah Bella.

Bella melanjutkan, Singapura juga semakin ramah bagi wisatawan Muslim. Hal itu tercermin dalam pemeringkatan Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022, yang menempatkan Singapura sebagai negara paling ramah bagi wisatawan Muslim di urutan kesembilan dan ketiga di Asia Tenggara setelah Malaysia dan Indonesia. “Makanan halal dan tempat ibadah kini lebih mudah ditemukan di Singapura,” jelas Bella.

Selain itu, sejumlah destinasi wisata dan pengalaman baru direncanakan akan menjadi magnet bagi wisatawan asal Indonesia, seperti Ice Cream Museum, Lazarus Island, Dolphin Island, SkyHelix Sentosa, dan Central Beach Bazaar. Ada juga kapal pesiar ke Suaka Margasatwa Mandai.

SCOOT AIRLINES SIAPKAN TIGA PENERBANGAN DARI BALIKPAPAN KE SINGAPURA

Di sisi lain, penerbangan dari Indonesia ke Singapura kini juga semakin mudah dengan hadirnya Scoot Airlines. Hingga saat ini, grup Singapore Airlines telah melayani sembilan kota di Tanah Air, termasuk Balikpapan. Kehadiran Scoot Airlines diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap jumlah kunjungan ke Singapura.

Selain Balikpapan, delapan kota yang telah diterbangi Scoot Airlines adalah Pekanbaru, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar (Bali), Lombok, Makassar, dan Manado.

Johanes Ong, General Manager Scoot Airlines, didampingi oleh Jemmy Lauw, General Manager GSA Indonesia, dan Jafri Arief, Penasihat Scoot Airlines Indonesia mengatakan, kehadiran Scoot Airlines sekaligus menghidupkan kembali rute-rute internasional yang sebelumnya dioperasikan oleh Silk Air (Singapore Airline Group). melayani.

Penerbangan langsung Balikpapan ke Singapura, kata dia, akan mulai beroperasi pada 27 Januari menggunakan armada Airbus A320.

Untuk tahap awal, Balikpapan akan diterbangkan ke Singapura dua kali seminggu, yakni pada Rabu dan Jumat. “Mulai 6 Februari frekuensinya akan kita tingkatkan menjadi tiga kali dalam seminggu, yakni Senin, Rabu, dan Jumat,” kata Johanes Ong.

Dengan harga yang kompetitif yakni Rp 1 juta untuk satu kali penerbangan, Johanes yakin Scoot Airlines akan menjadi pilihan utama bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya yang ingin menjelajahi Singapura. Harga Rp 1 juta rasanya sangat terjangkau, ujarnya.

Jemmy menambahkan, load factor penerbangan perdana Balikpapan ke Singapura pada 27 Januari 2018 kini sudah mencapai 60 persen. Jumlah itu, kata dia, masih berpotensi bertambah. “Kami yakin pasar Balikpapan dan Kalimantan Timur masih memiliki banyak potensi. Kami juga sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat,” ujar pria berkacamata tersebut.

Jemmy melanjutkan, ekspansi yang dilakukan Scoot Airlines tak lepas dari rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. “Kami akan menjadi maskapai pertama yang terbang ke ibu kota negara,” katanya.

Selain Balikpapan, Scoot Airlines juga akan membuka rute Semarang dan Palembang ke Singapura dalam waktu dekat. (Hah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button