Bank Jateng Tour de Borobudur, Upaya Promosikan Wisata Olahraga - Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Bank Jateng Tour de Borobudur, Upaya Promosikan Wisata Olahraga – Halo Semarang

HALO SEMARANG – Bank Jateng Tour de Borobudur merupakan program road cycling tahunan di Jawa Tengah yang kini telah menjadi sport tourism tahunan. Dimana para pengendara sepeda berlomba di jalur yang melewati destinasi wisata di Jawa Tengah.

Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 menarik 1.500 peserta yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 November 2022 dengan tema “Pulihkan Bersama Sembuh Lebih Kuat” dan menjadi Bank Jateng Tour de Borobudur terbesar pascapandemi.

Tahun ini, Bank Jateng Tour de Borobudur melibatkan anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mendesain jersey keren untuk peserta bersepeda. Sebagian dari hasil penjualan desain karya ABK disumbangkan untuk anak berkebutuhan khusus.

Dengan jarak 138 kilometer, ratusan pesepeda memeriahkan acara TDB di hari pertama. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyemangati para atlet di titik start Stadion Mahanan, Solo.

Ganjar didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyambut para peserta yang sudah melakukan perjalanan tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Ganjar mengaku senang karena semakin banyak pesepeda yang mengikuti TDB 2022. Apalagi di balapan pertama, yang khusus untuk atlet profesional.

Mereka mengambil rute Stadion Manahan melalui Boyolali, lalu Selo, Salatiga dan berakhir di Museum de Tjolomadoe. Jalur Selo dipilih untuk mendapatkan “Raja Gunung” karena sangat diminati para atlet dengan pemandangan yang indah.

“Kalau saya lihat atlet hari ini, saya bangga sekali dengan King of Mountain yang dipertandingkan oleh teman-teman saya. Atlet profesional, elit hebat, dengan skor 31 kalau tidak salah. Dagu sudah bisa di atas mistar. dibentengi,” kata Ganjar.

Hari kedua Bank Jateng Tour de Borobudur didedikasikan untuk para penghobi dengan jarak 104 kilometer di jalur Solo Klaten Sleman-Candi Borobudur.

Pada sesi ini, Ganjar berpartisipasi dalam bersepeda. Di jalur ini, pesepeda akan dimanjakan dengan bentangan lurus dan suasana pedesaan yang asri. Hal ini membuat peserta Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 puas.

Salah satu peserta Bank Jateng Tour de Borobudur 2022, Andreas Eko, mengaku sebelum start pada Minggu pagi ini merupakan kali kedua saya mengikuti Tour de Borobudur.

“Saya berempat berasal dari Pontianak. Treknya oke, pemandangannya indah, tapi kemarin treknya sangat sulit. Tapi saya puas, Tour de Borobudur itu keren,” ujarnya.

Selain mendukung bersepeda, Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 juga mendorong pemulihan pariwisata pascapandemi di kawasan Joglosemar. TDB dinilai berhasil menggerakkan roda perekonomian di sepanjang jalurnya. Pasalnya, di setiap pemberhentian, masyarakat dan desa wisata dilibatkan dalam menyambut para pesepeda.

Keberhasilan penyelenggaraan Bank Jateng Tour de Borobudur 2022 tidak lepas dari partisipasi Bank Jateng sebagai sponsor utama dan kerjasama yang baik antara panitia, pemerintah daerah, kepolisian, sponsorship dan masyarakat Jawa Tengah (HS).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button