Simak prediksi tren perjalanan liburan akhir tahun 2022 Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Simak prediksi tren perjalanan liburan akhir tahun 2022 Solopos.com

SOLOPOS.COM – ilustrasi liburan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebelum menikmati liburan akhir tahun, simak dulu tren wisata yang akan muncul di penghujung tahun 2022. Akhir tahun merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para traveler untuk menyambut momen natal dan tahun baru dengan liburan.

Masyarakat pun mulai mempersiapkan rencana perjalanan liburan akhir tahun bersama keluarga, teman, atau pasangan. Kali ini simak ulasan tips liburan.

Iklan Daihatsu Rocky Mobil Harga Rp 200 Jutaan Hanya Rp 99.000

“Kami melihat keinginan untuk berwisata relatif baik menjelang akhir tahun 2022. Oleh karena itu, wisatawan perlu merencanakan perjalanan akhir tahun lebih awal untuk mendapatkan tarif yang lebih terjangkau dan hemat biaya,” ujar Ryan Kartawidjaja, Vice President of Commercial and Marketing Pegipegi. Diantara pada Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Kandri Desa Wisata di Kota Semarang Masuk Nominasi Terbaik Jateng 2022

Tren pariwisata akhir tahun memprediksi harga akomodasi dan transportasi jelang liburan akhir tahun akan lebih mahal dibandingkan saat periode normal. Ini memungkinkan Anda untuk memesan lebih cepat, sehingga biaya dapat dikurangi.

Berdasarkan pengolahan data Pegipegi terhadap median harga hotel di 19 daerah populer di Indonesia, Pegipegi menemukan rata-rata kenaikan harga hotel pada saat peak season mencapai 15 persen yang cenderung lebih mahal dibandingkan saat musim hujan. musim sepi.

Yogyakarta merupakan daerah yang menunjukkan kenaikan harga yang cukup signifikan pada kategori hotel berbintang pada high season, yakni sebesar 36 persen. Sementara itu, Jakarta menjadi kawasan yang populer dengan kenaikan tarif terendah dari kategori hotel berbintang, naik 9 persen.

Baca juga: Solo Safari di Jurug Dibuka 23 Desember 2022, Harga Tiket Masih Dibicarakan

Sedangkan tiket transportasi seperti pesawat untuk liburan akhir tahun diperkirakan naik sekitar 10%-20%. Tren kenaikan harga akomodasi menjelang liburan akhir tahun sebelum pandemi biasanya dimulai pada bulan Desember.

Namun, kenaikan harga pascapandemi diperkirakan akan tertunda pada pertengahan atau akhir November. Sementara itu, tren kenaikan tarif angkutan udara dimulai pada akhir November dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2022.

“Pada periode Oktober hingga November, harga akomodasi dan tiket transportasi belum naik, jadi ini saat yang tepat untuk melakukan pemesanan. Traveler bisa memanfaatkan promo pesan lebih awal disajikan oleh agen perjalanan online [OTA] untuk mendapatkan harga akomodasi dan tiket transportasi yang lebih murah,” kata Ryan.

Baca Juga: Museum Karst Indonesia di Wonogiri, Tempat Rekreasi dan Edukasi Populer Bagi Wisatawan

Pelancong yang memesan lebih awal dapat menghemat 15 hingga 35 persen untuk akomodasi dan 10 hingga 20 persen untuk transportasi.

Lalu bagaimana dengan prediksi tren destinasi wisata dalam dan luar negeri untuk liburan akhir tahun? Untuk pemesanan semalam, OTA ini melihat peningkatan pemesanan semalam hingga 28x dibandingkan dengan kuartal ketiga. 10 kota dengan transaksi semalam terbesar adalah Malang, Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Bali, Semarang, Surabaya, Bogor, Solo, dan Banjarmasin.

Pemudik yang melakukan perjalanan udara diharapkan menuju destinasi populer seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Makassar, Bali, Batam, Pekanbaru, Yogyakarta, dan Palembang.

Prediksi perkembangan destinasi wisata bagi pemudik yang melakukan perjalanan dengan kereta api, bus, dan travel pada akhir tahun diharapkan melakukan perjalanan ke Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bekasi, Tangerang, Malang, Bogor, Solo, Purwokerto, dan Tegal.

Baca Juga: Wajah Baru Wisata Kota Solo, dari Masjid Agung Sheikh Zayed hingga Lokananta

Sementara itu, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Australia diramal menjadi destinasi wisata mancanegara pada liburan akhir tahun yang banyak diincar wisatawan.

Ryan mengatakan, pihaknya menargetkan peningkatan trafik pencarian akomodasi hingga 3 hingga 5 kali lipat selama dinamika liburan akhir tahun. Untuk moda transportasi seperti penerbangan, Pegipegi mengalami peningkatan 2-3 kali lipat dalam trafik pencarian jadwal dan penerbangan dibandingkan Agustus dan September.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button