Siap untuk Jogja Kota Festival 2022, ada apa? - WisataHits
wisatahits

Siap untuk Jogja Kota Festival 2022, ada apa?

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan kawasan cagar budaya yang cukup luas.

Memiliki luas 32,5 km2 yang hanya sekitar 1,02% dari total luas Provinsi DIY, Kota Yogyakarta memiliki 4 Kawasan Cagar Budaya (KCB) yaitu KCB Kotagede, KCB Kraton, Pakualaman dan Kotabaru.

Keempat KCB tersebut masing-masing memiliki konteks sejarah dan kehidupan sosial budaya yang berbeda, dengan karakteristik dan keunikannya masing-masing.

Kotagede merupakan awal periode Mataram, sedangkan Kraton dan Pakualaman merupakan babak baru dimana berdirinya Kraton Ngayogyakarta dan Kadipaten Pakualaman.

Terletak tak jauh dari Kraton, Malioboro merupakan bagian dari poros filosofis sekaligus cerminan pluralisme penduduk kota Yogyakarta dengan berbagai suku yang tinggal di sana.

Terakhir, KCB Kotabaru adalah sisi modern kota Yogyakarta yang sejak awal dirancang oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai tempat tinggal orang Eropa.

Jogja City Festival 2022 diselenggarakan untuk menampilkan karakteristik sosial budaya dan keunikan masing-masing KCB.

Kapan dan di mana Festival Jogja Kota 2022

Jogja City Festival gelombang kedua akan digelar di Embung Giwangan Jl. Tegalturi No.43 Giwangan, Kota Yogyakarta pada hari Jumat hingga Minggu tanggal 2 hingga 4 Desember 2022.

Yang Baru di FESTA 2022 (Festival Kota Yogyakarta)

Festival Kota Jogja 2022Festival Kota Jogja 2022

FESTA 2022 akan menampilkan seni pertunjukan serta potensi 14 Zona Kolaborasi Masyarakat Kemantren se-Kota Yogyakarta yang dikelompokkan ke dalam Zona Cagar Budaya (KCB).

Seperti yang kita ketahui, di Kota Yogyakarta terdapat 4 Kawasan Cagar Budaya (KCB), yaitu KCB Gumaton (Tugu-Malioboro-Kraton), KCB Pakualaman, KCB Kotabaru dan KCB Kotagede.

Kolaborasi masyarakat antar kementerian mandat di kawasan cagar budaya ini disebut ”Jagongan”.

FESTA 2022, akan menampilkan ”Jagongan Kraton” yang menampilkan kolaborasi Kraton, Ngampilan, Wirobrajan, Mantrijeron, Gedongtengen dan kemantren Tegalrejo.

KCB “Jagongan Pakualaman” bekerjasama dengan Kemantren Pakualaman, Gondomanan dan Mergangsan, “Jagongan Kotabaru” bekerjasama dengan Kemantren Gondokusuman, Jetis dan Danurejan dan ada “Jagongan Kotagede” bekerjasama dengan Kemantren Umbulharjo dan Kotagede.

Setiap “Jagongan” menampilkan seni pertunjukan yang unik dan mewakili potensi daerah warisan budaya masing-masing.

Banyak warung makan

Selain itu, setiap Jagongan akan menyediakan lapak yang berisi produk-produk premium, baik kuliner maupun kreatif, untuk dibeli pengunjung.

Kemudian juga akan ada live cooking makanan khas di booth tersebut, seperti live cooking apem dan serabi kocor, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman yang berbeda.

Selain live cooking, juga akan ada demo kerajinan seperti pembuatan blangkon dan latihan seni jemparingan untuk dinikmati pengunjung.

Produk kuliner, live cooking, dan kerajinan tangan dapat ditemukan pengunjung di warung masing-masing Jagongan yang didesain unik seperti Warung Kota atau WARKOT.

Jam Buka Festival Kota Jogja 2022

FESTA 2022 dimulai pukul 15.00 dan berakhir pukul 22.00 setiap hari.

Pelaku atau artis di FESKOT 2022

Feskot juga akan diramaikan dengan penampilan sejumlah artis asal Yogyakarta seperti DJ Dylan, Cabaret Show, Music Angkringan, Air Baand, Fox in the South, FLKFSTVLS, Evanloss hingga The Rain.

Setiap sore akan ada sesi diskusi interaktif di ”Afternoon Tea”.

Afternoon tea akan diisi dengan diskusi tentang film bersama sutradara serta diskusi interaktif tentang masa depan Jogja.

Di penghujung Jogja Kota Festival akan diluncurkan kalender event budaya 2023. Jogja Kota Festival 2022 terbuka untuk umum dan gratis.

Masyarakat bisa mengikuti FESTA dari awal acara pukul 15.00 WIB hingga selesai.

Penyelenggaraan FESTA di Embung Giwangan diharapkan dapat mengembangkan potensi ekonomi dan budaya wilayah Jogja selatan.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button