Kementerian Tenaga Kerja mengurangi tingkat pengangguran dan memperluas kesempatan kerja regional - WisataHits
Jawa Barat

Kementerian Tenaga Kerja mengurangi tingkat pengangguran dan memperluas kesempatan kerja regional

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam rangka penguatan tenaga kerja mandiri (TKM) yang mampu meningkatkan penyerapan tenaga kerja, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) bekerjasama dengan pemerintah daerah dan Universitas Pertanian Bogor (IPB), telah memperluas pilot project pengembangan tawaran pekerjaan daerah.

Sekretaris Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan pengembangan kesempatan kerja daerah merupakan langkah strategis, transformatif dan inovatif oleh Departemen Tenaga Kerja untuk membantu percepatan pembangunan ketenagakerjaan yang berkelanjutan.

“Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat baik sebagai upaya untuk mengembangkan lapangan kerja dan menciptakan peluang alternatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di masing-masing daerah,” katanya pada pembukaan Konferensi Nasional Perluasan Kesempatan Kerja Daerah di Jakarta, Jumat (11 April). ). /11). /2022).

Baca Juga: Staf Departemen Tenaga Kerja: Upah Minimum Bisa Naik 5-7 Persen di 2023

Menteri Tenaga Kerja menambahkan, Indonesia saat ini menghadapi bonus demografi, dengan jumlah tenaga kerja yang terus meningkat setiap tahunnya. Tingkat pertumbuhan angkatan kerja merupakan tantangan untuk menurunkan tingkat pengangguran seiring dengan bertambahnya angkatan kerja usia produktif.

“Banyak lulusan yang masih kesulitan memasuki dunia profesional karena kemampuan profesional mereka belum memenuhi persyaratan pasar kerja,” lanjutnya.

Ia menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan untuk berkoordinasi agar tercipta hubungan kerja yang dapat memaksimalkan hasil yang diharapkan.

“Saya berharap dari hulu hingga hilir di kawasan, ekosistemnya bisa membawa manfaat bagi masyarakat di dalam dan sekitar kawasan,” pungkas Menteri Tenaga Kerja.

Baca juga: Cegah PHK, Sekda: Kurangi Gaji dan Fasilitas Pekerja Setingkat Direktur dan Manajer

Adapun 15 wilayah yang terpilih menjadi percontohan pengembangan lapangan kerja daerah 2022 antara lain Ekosistem Perkebunan Kopi Gayo di Kabupaten Bener Meriah; Ekowisata di Sungai Bahbolon di Kabupaten Serdang Bedagai; Masyarakat Adat Kasepuhan di Kabupaten Lebak; Sentra Produksi Buah di Kota Pangkal Pinang.

Kawasan Industri Pakaian Rakyat dan Pengolahan Limbah di Ambarawa Kabupaten Pringsewu, Lampung; Kawasan kuliner rumah tangga di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan; Pengembangan Pertanian Terpadu Baung Bango di Kabupaten Katingan; Pulau Sebatik di Kabupaten Nunukan; Agroforestri Waru di Kecamatan Penajam Paser Utara; Agrowisata di Kabupaten Gianyar.

kawasan wisata Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah; Area sekitar industri peleburan nikel di Kabupaten Morowali Utara; Kawasan Wisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara; Wilayah Pertambangan PT Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika; serta kawasan Merdey Orang Asli Papua dan Komunitas Lokal Menimery di Kabupaten Teluk Bintuni.

Baca juga: Menteri Tenaga Kerja: Upah Minimum 2023 Relatif Lebih Tinggi dari Tahun Ini

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button