Setelah Malaysia, Bandara YIA akan membuka penerbangan internasional ke Singapura pada Agustus - WisataHits
Yogyakarta

Setelah Malaysia, Bandara YIA akan membuka penerbangan internasional ke Singapura pada Agustus

Calon penumpang memasuki peron Stasiun KA Bandara YIA, Kulon Progo pada Sabtu siang (12/3/2022) – (SuaraJogja.id/Eleonora PEW)

Bandara YIA sendiri telah melayani rute penerbangan internasional ke Malaysia sejak akhir April 2022.

SuaraJogja.id – Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan membuka kembali rute penerbangan internasional dalam waktu dekat. Yang terbaru adalah rute Singapura, yang rencananya akan dibuka pada Agustus mendatang.

“Jadi kami akan membuka penerbangan ke Singapura pada Agustus,” kata Pjs General Manager YIA Agus Pandu Purnama saat dikonfirmasi awak media, Selasa (27/7/2022).

Bandara YIA sendiri diketahui telah melayani rute penerbangan internasional ke Malaysia sejak akhir April 2022. Penerbangan internasional ke dan dari Malaysia menggunakan maskapai Air Asia Malaysia.

“Sementara hanya dua kali, Jumat dan Minggu untuk Kuala Lumpur, Air Asia. Nanti Agustus ini insya Allah kita buka rute Air Asia ke Singapura juga. Lalu ada Tiger Scoot ini ke Singapura,” jelasnya.

Baca Juga: Grand Dafam Hotel Signature YIA Gelar Media Famtrip, Pamerkan Pesona Pesona Wisata Kulonprogo

Saat ini, kata Pandu, pihaknya sedang mengajukan permohonan agar penerbangan internasional tersebut bisa dioperasikan setiap hari. Hal ini sesuai dengan banyaknya wisman yang datang ke Jogja melalui Bandara YIA.

“Kami masih berharap ke depan akan ada penerbangan langsung dari negara tertentu seperti Eropa. Ini sedang diselidiki. Termasuk umroh di masa depan. Umrah ini juga kami usulkan ke kementerian agar YIA bisa dimanfaatkan lebih banyak lagi,” ujarnya.

Pandu mengatakan Bandara YIA sangat mampu menampung lebih banyak penerbangan dari segi kapasitasnya sendiri. Secara total, bandara di Kulon Progo dapat melayani lebih dari 300 penerbangan per hari.

Sementara saat ini baru 60 penerbangan yang digunakan. Di Bandara YIA, maksimal mencapai 68 penerbangan per hari.

“Jadi kapasitas kita masih banyak. Termasuk Freight, karena Freight kami hanya digunakan 26 ton per hari. Bahkan jika kapasitasnya lebih dari 500 ton. Oleh karena itu, kami juga mengajak masyarakat untuk menggunakan kapasitas yang besar di Bandara YIA,” ujarnya.

Baca Juga: AP I Sebut Penerbangan Rute Bandara YIA Singapura Hingga 11 Juni

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button