Rute Penerbangan Internasional YIA Plus ke Singapura, Malaysia, Turki - WisataHits
Yogyakarta

Rute Penerbangan Internasional YIA Plus ke Singapura, Malaysia, Turki

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo berencana menambah sejumlah rute penerbangan internasional dan domestik dalam waktu dekat. Jarak penerbangan tambahan ini juga memperpanjang jam operasional bandara.

Agus Pandu Purnama, General Manager YIA, mengatakan akan ada tambahan rute penerbangan internasional yang dioperasikan di YIA. Rute internasional baru tersebut mengarah ke beberapa negara tujuan seperti Singapura, Malaysia, Turki.

BACA JUGA: Cegah Tsunami, Perkuat Sabuk Hijau Bandara YIA

“Aku bertemu denganmu dua hari yang lalu Malaysia Air, mereka ingin membuka rute Kuala Lumpur – YIA – Kuala Lumpur – Jeddah, itu juga potensial menurut saya. Insya Allah, akan ada lebih banyak rute di bulan September air Asia“, jelasnya, Senin (22/822).

Sedangkan rute YIA – Singapura akan dialami oleh maskapai tambahan. Masuknya maskapai ini juga akan dimulai pada September mendatang.

“Dua juga tersedia untuk rute Singapura pada bulan September, yaitu: Scoot Tiger Air dan air Asiadia berkata.

Selain rute penerbangan di sekitar Asia Tenggara, rute penerbangan internasional YIA juga akan diperluas hingga ke perbatasan Eropa, tepatnya melalui rute Turki – YIA. Ini setelah pembicaraan dengan Turkish Airlines.

“Terakhir kali kami bertemu dengan Turkish Airlines, mereka akan membuka rute dari Turki ke YIA. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, targetnya Januari 2023,” ujarnya.

Dengan penambahan sejumlah rute penerbangan baru, YIA akan menambah jam operasional bandara. Jika saat ini YIA beroperasi hingga pukul 18:00 WIB, rencananya waktu operasional akan diperpanjang tiga jam hingga pukul 21:00 WIB.

“Dari awal September,” katanya.

Penambahan rute tidak hanya terjadi pada rute internasional tetapi juga pada rute domestik. Untuk rute domestik, Lion Group telah mengusulkan enam rute penerbangan baru yang diharapkan beroperasi pada malam hari.

Lion Group juga sudah mengusulkan enam rute baru untuk penerbangan domestik, salah satunya adalah Pontianak, akan ada Banjarmasin dan daerah lain yang meminta penerbangan malam, termasuk juga ke Jakarta, mereka memiliki permintaan rute malam, katanya. .

BACA JUGA: Sportourism, Sport and Tourism to Net International Markets

Menurut Pandu, sejauh ini sudah ada 62 pergerakan penerbangan per hari di YIA. Jumlah ini akan bertambah seiring dengan penambahan rute pengiriman domestik dan internasional baru di YIA.

“Artinya nanti kalau penambahannya bisa sampai 70 [pergerakan], semoga trennya terus meningkat seiring dengan membaiknya iklim investasi. Otomatis pergerakan orang dan barang juga akan meningkat,” ujarnya.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button