Sesuatu yang baru di Kebun Raya Cibodas | RADAR BOGOR - WisataHits
Jawa Barat

Sesuatu yang baru di Kebun Raya Cibodas | RADAR BOGOR

RADAR BOGOR, Rumah kaca konservatori di Kebun Raya Cibodas tidak pernah dibuka untuk umum sejak awal.

Karena tidak pernah dipenuhi tanaman dan tidak pernah kosong karena berbagai kendala yang terjadi.

Namun pada kenyataannya dibuka untuk umum secara uji coba pada saat libur lebaran dan libur sekolah dari bulan Mei hingga Juli 2022 dan respon dari pengunjung sangat antusias.

Di dalam rumah kaca seluas 942,3 m2 terdapat taman bertema yang mewakili kumpulan tanaman tropis dan sedikit kering di habitat aslinya.

Untuk bertahan karena didesain memiliki suhu yang berbeda dengan kawasan Cibodas yang terkenal sejuk.

Ada beberapa plot di dalam taman hiburan. Di setiap petak terdapat sekitar puluhan jenis tumbuhan dengan tema yang berbeda-beda tergantung dari tema pendidikan yang dibangun.

Saat memasuki rumah kaca, pengunjung akan disambut oleh koleksi kaktus dan sukulen.

Di mana ada 27 spesies kaktus dan sukulen tropis yang menyambut Anda di awal rumah kaca.

Meskipun ini adalah tanda yang jelas bahwa suhu di rumah kaca ini tropis dibandingkan dengan suhu dingin di Cibodas.

Setelah melewati koleksi kaktus, pengunjung memasuki inti rumah kaca yang baru saja direvitalisasi, terdapat beberapa plot, dengan masing-masing plot memiliki tema yang berbeda.

Seperti bromeliad, agave, rhododendron, pakis, ophiopogon, kaktus dan bougenvil, ada air mancur setinggi 2 meter di tengah properti untuk membantu menyeimbangkan suhu ruangan dengan iklim tropis.

Hampir seluruh area dalam rumah kaca ini menjadi tempat yang menarik dan instagramable untuk berfoto.

Namun yang terpenting adalah pesan edukatifnya, dengan setiap tema memiliki pesan edukatif yang dapat dipahami oleh pengunjung.

Teguh Wahyu Pramana, Manajer Konservasi PT. Mitra Natura Raya selaku Manajer Kebun Raya Cibodas berbagi cerita unik di balik pembukaan konservatori rumah kaca ini.

“Penyediaan tanaman dan konten edukasi di rumah kaca ini dimulai dari kesadaran bersama pengelola Kebun Raya Cibodas untuk memenuhi fungsi pelestarian kebun raya, lebih dari sekadar fungsi wisata. Jadi kami secara mandiri berinisiatif untuk melakukan ‘Saturday Project’ dimana kami semua bekerja sama untuk mengisi tanaman dan menjalankan rumah kaca konservatori yang belum pernah dibuka sebelumnya,” jelasnya.

The Conservatory Greenhouse terletak di Gerbang 2 Kebun Raya Cibodas atau di depan gerbang keluar bagi pengunjung yang telah selesai berwisata ke Kebun Raya Cibodas.

Selain itu, oleh-oleh khas Kebun Raya Cibodas juga dijual di rumah kaca taman musim dingin, sehingga pengunjung dapat memiliki oleh-oleh khas Kebun Raya Cibodas yang tentunya membawa pesan pelestarian lingkungan. (iklan)

Source: www.radarbogor.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button