Konten acara sosialisasi di Bawaslu Jabar, TIMES Indonesia mengingatkan pentingnya berita positif - WisataHits
Jawa Barat

Konten acara sosialisasi di Bawaslu Jabar, TIMES Indonesia mengingatkan pentingnya berita positif

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Bawaslu Provinsi Jawa Barat menggelar sosialisasi pelaksanaan cyber surveillance pada Pilkada 2024 di Hotel Savoy Homann, Bandung, Rabu (9/11/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai ormas, ormas keagamaan, ormas kepemudaan dan pekerja Humas dari berbagai perguruan tinggi dan instansi pemerintah di wilayah kota Bandung.

Acara sosialisasi tersebut dilakukan untuk memberikan informasi tentang pentingnya pengawasan siber dalam pemilu 2024 dan keterlibatan masyarakat dalam berpartisipasi dalam pengawasan pemilu mendatang.

Sosialisasi-Bawaslu-Jabar-2.jpgZaki Hilmi dari Bawaslu Jawa Barat dan Bambang Irwanto Direktur TIMES Indonesia berfoto bersama para peserta sebelum acara dimulai. (Foto: Andi/TIMES Indonesia)

Acara dibuka oleh Zaki Hilmi, Koordinator Bidang Pencegahan dan Parmas Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Zaki menyatakan Bawaslu Jabar akan terus berupaya mengantisipasi potensi ujaran kebencian atau fraud di Pilkada 2024, khususnya pada masa kampanye pilkada. “Ini untuk mengantisipasi metode kampanye yang merambah media siber, khususnya media sosial,” jelasnya.

Sementara itu, Bambang H. Irwanto, Direktur TIMES Indonesia, hadir untuk berbicara tentang pentingnya jurnalisme positif dalam meningkatkan kualitas demokrasi dan memulai diskusi dengan menjelaskan pengaruh pola pikir terhadap kebiasaan sehari-hari seseorang. “Mindset kita menjadi negatif atau positif tergantung apa dan siapa yang mempengaruhinya. Pola pikir dimulai dengan kebiasaan otak menerima informasi. Jadi mari kita mulai memberikan informasi positif kepada masyarakat,” jelasnya.

Sosialisasi-Bawaslu-Jabar-3.jpgSalah satu peserta mengajukan pertanyaan dalam diskusi yang diadakan Bawaslu Jawa Barat. (Foto: Andi/TIMES Indonesia)

Begitu juga dalam hal pemilu, lanjut Bambang, ada berbagai hal identik yang muncul di benak kita berdasarkan pola pikir masing-masing. TIMES Indonesia yang memiliki platform jurnalisme positif ini mengajak peserta untuk memberikan informasi positif kepada masyarakat sebagai energi optimis. “Mari kita mulai menyuarakan hal-hal positif untuk membangun semangat dan optimisme, salah satunya tentang pemilu agar partisipasi pemilih tinggi, pelanggaran ditindas dan semakin banyak pemimpin sah yang dihasilkan,” ujarnya.

“Upaya membangun masyarakat yang kuat dan optimis harus dimenangkan. Mari kita juga berpartisipasi dalam menumbuhkan partisipatif monitoring agar kualitas pemilu semakin tinggi,” ujarnya saat sosialisasi yang digelar Bawaslu Jabar di Bandung.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button