Pemerintah Kabupaten Purbalingga bekerja sama dengan Pasar Tani untuk mendukung pemasaran hasil pertanian - WisataHits
Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Purbalingga bekerja sama dengan Pasar Tani untuk mendukung pemasaran hasil pertanian

Purbalingga (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, melalui Dinas Pertanian setempat membantu memasarkan produk pertanian yang dihasilkan petani di daerahnya, khususnya sayuran segar.

“Kami bekerjasama dengan Pasar Tani, wadah petani untuk memasarkan hasil pertanian secara langsung, serta Serikat Tani Purbalingga atau Pawaningga,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Mukodam, di Purbalingga, Jumat.

Menurut dia, pihaknya bersama Farmers Market dan Pawaningga sedang mengkoordinir pengelola destinasi wisata agar selama dinamika liburan menyiapkan tenda-tenda yang menyediakan produk pertanian yang berkualitas.

Dalam hal ini, hasil pertanian tersebut dikemas secara menarik dalam ukuran tertentu untuk dipasarkan di destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Ia juga mencontohkan kegiatan Farmer’s Market yang dilakukan bekerjasama dengan pengelola Desa Wisata Lembah Asri Serang (D’LAS) untuk menawarkan berbagai produk sayuran segar kepada para pengunjung D’LAS.

“Pengunjung D’LAS juga diberikan ‘Odong-Odong’ untuk jalan-jalan menyusuri areal sayur Desa Serang,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pengunjung D’LAS diajak mampir ke pasar tani untuk membeli sayuran segar per kilo atau per bungkus.

Menurutnya, penjualan kemasan biasanya sudah termasuk beberapa lalapan dengan harga Rp 15.000 per bungkus.

Mukodam mengatakan selain destinasi wisata, produk sayuran segar berkualitas juga tersedia di Kompleks Olahraga Goentoer Darjono di Purbalingga pada setiap hari libur, terutama pada hari Sabtu atau Minggu.

Ia mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Purbalingga untuk menyelenggarakan kegiatan di GOR Goentoer Darjono.

Menurutnya, kerjasama itu terjadi karena Farmers Market dan Pawaningga telah menggandeng pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya di GOR Darjono Goento.

“Ini cukup untuk mendorong petani dan memberikan cinderamata aneka sayuran segar kepada pengunjung destinasi wisata dan olahraga,” kata Mukodam.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button