Sering disorot media, berikut 6 hal yang harus Anda ketahui tentang suku Uyghur: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Sering disorot media, berikut 6 hal yang harus Anda ketahui tentang suku Uyghur: Okezone Travel

SUKU Orang Uyghur memiliki beberapa hal menarik untuk diketahui. Masyarakat mengenal suku Uyghur sebagai pemeluk Islam yang tersebar di Asia Tengah dan China.

Suku Uyghur, keturunan suku Huihe kuno, berasal dari Xinjiang, China. Namun sebenarnya strain ini juga bisa ditemukan di sejumlah negara seperti Kazakhstan dan Uzbekistan.

Suku Uyghur sering diberitakan di media terkait dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) oleh China. Terutama media negara Barat, yang telah menjadi musuh bebuyutan China.

Selain fakta yang telah disebutkan sebelumnya, ada 6 hal yang harus Anda ketahui tentang suku Uyghur. apa yang Anda bertanya-tanya tentang lihat berikut ini.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Adventure Terbaik di Dunia Tahun 2022, Yuk Simak Manfaatnya

1. Mengerti bahasa Turki tetapi tidak bisa berbahasa Mandarin

Bahasa yang digunakan oleh orang Uyghur adalah Uyghur. Ini adalah cabang dari bahasa Turki.

Tidak mengherankan jika orang Uyghur dapat dengan mudah memahami bahasa Turki dan sebaliknya. Meskipun banyak orang Uyghur tinggal di wilayah Xinjiang, mereka tidak bisa berbahasa Mandarin.

ilustrasi

Uighur di Tiongkok (BBC)

Untuk tujuan ini, banyak penduduk asli Uyghur belajar Bahasa Mandarin Standar.

2. Bahasa Uyghur menggunakan intonasi khusus untuk permintaan yang sopan

Dikutip dari recruitment-empire.co.uk, tidak ada kata khusus seperti “tolong; dalam bahasa Uyghur untuk menunjukkan kesopanan. Mereka biasanya mengklarifikasi pertanyaan dengan sopan melalui intonasi.

BACA JUGA:Fakta Menarik Gua Maria Tritis, Wisata Rohani di Gunung Kidul

3. Tanaman pangan utama suku Uyghur adalah melon

Suku Uyghur tinggal di Xinjiang, salah satu tempat terkering di dunia. Dengan cara ini, iklimnya juga sangat baik untuk menanam ham melon.

Sebagai gambaran, melon yang satu ini terkenal enak dengan kulit berwarna putih, hijau, pink, atau kuning. Saking populernya, hari libur umum diadakan untuk menyambut Festival Hami Melon tahunan.

4. Orang Uyghur adalah orang berbahasa Turki tertua di Asia Tengah

Kerajaan Turki pertama Kök Turk didirikan di tempat yang sekarang disebut Turkerstan Timur pada tahun 552 M, dan pada tahun 840 orang Turki Uyghur datang dari Siberia setelah kerajaan itu jatuh di Sungai Orhan.

5. Uyghur ditulis dalam beberapa huruf

Kadang-kadang di bass ke-20, Uyghur ditulis dalam bahasa Latin dan Cyrillic. Namun, ada versi aksara Arab yang telah digunakan untuk alfabet Uyghur sejak abad ke-10.

Kini versi ini kembali dan resmi digunakan pada tahun 1978. Bahasa Uyghur sendiri memiliki 32 huruf, delapan vokal dan 24 konsonan, dan empat di antaranya dipinjam dari bahasa Persia.

ilustrasi

6. Uyghur terkait dengan Turki, Azerbaijan, dan Turkmenistan

Bahasa Uyghur berasal dari bahasa Turki Kuno dengan asal-usulnya di Mongolia dan Xinjiang. Ini juga terkait dengan bahasa Turki, Azerbaijan, dan Turkmenistan.

Bahkan, bahasa Uyghur juga dituturkan di beberapa negara seperti Kazakhstan, Uzbekistan, dan Kyrgyzstan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button